SKI Asy-Syifa

Islamic History

Surat al kahfi dan fitnah dajjal

Manfaat membaca dan menghapal 10 ayat awal surat al kahfi

Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim no. 809)

Imam Nawawi berkata, “Ada ulama yang mengatakan bahwa sebab mendapatkan keutamaan seperti itu adalah karena di awal surat Al-Kahfi terdapat hal-hal menakjubkan dan tanda kuasa Allah. Tentu saja siapa yang merenungkannya dengan benar, maka ia tidak akan terpengaruh dengan fitnah Dajjal”.  Dajjal adalah sosok manusia yang diciptakan oleh Alloh untuk menguji hambanya pada akhir zaman, fitnahnya merupakan fitnah terbesar bagi umat manusia.

Kisah pemuda kahfi bila tidak disebutkan dalam alquran maka akan menjadi legenda dalam kisah kaum nasrani  saja, padahal mereka sesungguhnya adalah pemuda muslim yang mengikuti syariat nabi Isa. Mereka bukanlah pemuda yang menuhankan yesus atau berpaham trinitas.  Mari kita simak dan renungkan kisah di bawah ini

Kisah pemuda kahfi menurut riwayat  kaum nasrani (seven  sleeper of Ephesus)

http://www.brooklyn-church.org/wp-content/uploads/2010/08/000019961.jpg

Gambar ornamen di salah satu gereja yang menggambarkan pemuda yang tertidur dalam gua

Kisah ini dimulai pada pertengahan abad ke 3 semasa pemerintahan raja romawi yaitu Decius

Pada bulan januari tahun 250 Decius memerintahkan seluruh penduduk warga kerajaan romawi termasuk kota Ephesus dimana tinggal para pemuda kahfi untuk berpartisipasi dalam segala bentuk pemujaan terhadap dewa-dewa Negara romawi dalam rangka untuk menunjukkan loyalitas terhadap Negara . Berikut adalah beberapa gambar altar candi yang digunakan untuk pemujaan terhadap dewa-dewa Negara romawi yang ditemukan di situs kota Ephesus.

Seperti kita ketahui ada 12 dewa yang dipuja dalam kerajan romawi yang paling kuat adalah dewa zeus. Jadi pada waktu tersebut penduduk kota Ephesus diperintahkan oleh penguasa kerajaan romawi untuk menunjukkan loyalitasnya dengan ikut berkontribusi memuja dewa-dewa Negara romawi, siapa yang tidak mematuhi akan dihukum oleh raja Decius ( Syriac text Dāqiōs,  Arabic – Diqyānōs.)

Para pemuda tersebut menyelamatkan diri dan berlindung dalam sebuah gua di daerah pegunungan untuk menyelamatkan diri dari ancaman pembunuhan yang diperintahkan oleh Kaisar Decius (Romawi). Para pengejarnya menemukan tempat persembunyian mereka kemudian menutup rapat lubang gua. Tapi secara ajaib, para pemuda itu selamat dan muncul kembali sekitar 200 tahun kemudian ketika telah berganti raja yaitu raja theodisius 2 yang telah beragama Kristen dan banyak ditemukan tanda salib di kota tersebut. Menurut kaum nasrani mereka menganggap bahwa ini adalah salah satu bukti tentang hari kebangkitan.

Al Kahfi ayat 4 dan 5

Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: “Allah mengambil seorang anak”.

Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.

 

Ringkasan kisah pemuda kahfi dalam al quran

Ashabul Kahfi adalah sekelompok pemuda beriman yang hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beberapa ratus tahun setelah diutusnya nabi Isa as. Mereka hidup ditengah masyarakat penyembah berhala dengan seorang raja yang dzalim. Ketika sang raja mengetahui ada sekelompok orang yang tidak menyembah berhala, maka sang raja marah lalu memanggil mereka dan memerintahkan mereka untuk mengikuti kepercayaan sang raja. Tapi Ashabul Kahfi menolak dan lari, dikejarlah mereka untuk dibunuh. Ketika mereka lari dari kejaran pasukan raja, sampailah mereka di mulut sebuah gua yang kemudian dipakai tempat persembunyian. Dengan izin Allah mereka kemudian ditidurkan selama 309  (lunar calendar) di dalam gua, dan dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT (Ibnu Katsir; Tafsir al-Quran al-‘Adzim; jilid:3 ; hal.67-71).

Jawaban atas tuduhan orientalis bahwa Nabi Muhammad SAW mengambil kisah dari kisah kaum nasrani

Para orientalis menuduh bahwa nabi Muhammad SAW mengarang cerita berdasarkan kisah yang terdapat dalam kisah agama Kristen . Padahal kalau kita melihat asbabun nuzul nya surat ini turun 15 hari setelah Nabi SAW menjawab besok akan kujawab tanpa mengucapkan Insya’a Alloh. Ibnu Hisyam meriwayatkan bahwa ketika pertentangan pemikiran antara Rasulullah saw. dan kaum Quraisy di Mekah semakin memanas, kaum Quraisy meminta bantuan kepada orang Yahudi di Madinah. Kaum Quraisy mengutus Nadhir bin Haritsah dan Uqbah bin Abi Mu’aith kepada para rabbi Yahudi untuk bertanya pada mereka tentang kenabian Rasulullah SAW.

Sampai keduanya di sana kemudian berkata, “Kalian adalah Ahli Kitab (Taurat), kami datang kepadamu agar kamu mengabarkan kami tentang sahabat kami ini!” Para rabbi itu menjawab, “Tanyakan padanya tiga hal yang kami perintahkan, jika ia mengetahui dua yang pertama dan tidak mengetahui yang ketiga, maka ia benar seorang Nabi yang diutus, tetapi jika ia tidak dapat menjawabnya, berarti ia mengada-ada, kemudian terserah kalian

Pertama, tanyakan tentang para pemuda yang pergi di masa lalu, apa yang mereka lakukan, sesungguhnya mereka mengalami peristiwa yang menakjubkan. ( pemuda Kahfi)

Kedua, tanyakan padanya tentang lelaki yang sering berkelana, ia telah mengunjungi seluruh penjuru bumi. ( Raja Zulqarnain)

Ketiga, tanyakan padanya tentang apa itu roh.”

Keduanya lalu kembali kepada kaum Quraisy dan berkata, “Wahai penduduk Quraisy, kami datang kepadamu dengan membawa pembeda antara kamu dan Muhammad. Para rabbi Yahudi itu menyuruh kita agar menanyakannya tentang hal-hal yang mereka perintahkan.”

Mereka lalu datang kepada Rasulullah dan berkata, “Hai Muhammad, beri tahukan kami tentang pemuda yang pergi pada masa lalu, mereka mempunyai kisah yang menakjubkan, tentang laki-laki yang berkeliling ke seluruh penjuru dunia, dan beritahukan kami tentang roh.”

Maka Rasulullah menjawab, “Akan kujawab apa yang kamu tanyakan besok.”

Esok pun tiba, tetapi Jibril tidak datang memberi jawaban, lalu Rasulullah SAW berdiam diri selama lima belas hari, tetapi wahyu Allah tidak kunjung datang. Penduduk Mekah terguncang, terujilah keimanan mereka, dan mereka berkata, “Muhammad telah berjanji kepada kita satu hari, dan hari ini telah lima belas hari, tetapi Muhammad belum juga memberi tahu kita tentang hal itu.” Sedihlah hati Rasulullah saw. karena wahyu Allah belum juga sampai padanya. Beliau juga merasa gelisah atas apa yang dikatakan oleh penduduk Mekah.Setelah 15 hari barulah surah Al Kahfi turun terdiri dari 110 ayat. Hal ini, sesuai dengan perintah Allah dalam Q.S. Al-Kahfi: 23-24, yang artinya yaitu:

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu:“Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi,

kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah” dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan Katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini”

 

Fitnah dajjal

Al kahfi ayat 7 dan 8

Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya.

Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus.

Fitnah Dajjal merupakan fitnah yang paling besar sejak Allah ciptakan Adam sampai hari Kiamat . Tiga tahun sebelum dajjal datang akan terjadi musim kemarau bumi akan menahan airnya. Dajjal akan memperlihatkan bahwasanya keindahan dunia sebagai perhiasan, kenikmatan dan menafikkan akhirat sebagai kehidupan yang abadi. Dajjal membawa dua sungai yang mengalir, salah satunya terlihat air putih, dan yang lainnya terlihat api yang menyala-nyala, apabila seseorang mendapati hal itu hendaklah ia masuk ke sungai yang tampak api, pejamkan mata, tundukkan kepala, minumlah! Itu adalah air yang sejuk. Dajjal mengaku sebagai rabb, menyuruh hujan untuk turun, lalu turun, menyuruh bumi untuk menumbuhkan tanaman, lalu tumbuh tanaman, menghidupkan orang mati dan yang lainnya sebagai fitnah bagi kaum Muslimin. Hal ini seperti magic/sihir yang nyata . Sehingga Rasul menyuruh kita untuk menjauh darinya.

Dari ‘Imron bin Hushain, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ عَنْهُ فَوَاللَّهِ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيهِ وَهْوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌ فَيَتَّبِعُهُ مِمَّا يُبْعَثُ بِهِ مِنَ الشُّبُهَاتِ أَوْ لِمَا يُبْعَثُ بِهِ مِنَ الشُّبُهَاتِ

Barangsiapa mendengar kemunculan Dajjal, maka menjauhlah darinya. Demi Allah, ada seseorang yang mendatangi Dajjal dan ia mengira bahwa ia punya iman (yang kokoh), malah ia yang menjadi pengikut Dajjal karena ia terkena syubhatnya ketika Dajjal itu muncul” (HR. Abu Daud no. 4319 dan Ahmad 4: 441).

Secara ringkas ada beberapa cara untuk selamat dari fitnah dajjal yaitu :

  1. Senantiasa berpegang teguh pada aqidah yang lurus (al kahfi 1-3)

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al Qur’an) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya.
Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik.
mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

  1. Menghafalkan dan menghayati makna  10 ayat pertama Surat Al Kahfi,
  2. menghindari dan bersembunyi darinya,
  3. menetap di Mekkah atau Madinah. Dajjal dan pengikutnya tidak akan mampu masuk ke dalam dua kota ini lantaran Allah telah menyuruh para malaikat untuk menjaganya.

Doa yang diucapkan pemuda kahfi ketika bersembunyi dalam gua ketika menhadapi fitnah di zamannya (al kahfi ayat 10)

 (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdo`a: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

Kemudian Alloh menidurkan dan menjaga mereka di dalam gua selama 309 tahun. Kita juga diminta untuk menjauh dari fitnah dajjal dan bersembunyi darinya serta menghafal 10 ayat awal surat al kahfi . Di ayat ke 10 dalam surat al kahfi  doa yang kita panjatkan sama dengan doa yang diucapkan oleh pemuda Kahfi.

Semoga kita semua selamat dari fitnah dajjal amiin

 

Satu tanggapan untuk “Surat al kahfi dan fitnah dajjal”

  1. سبحن الله العظيم..سبحن الله وبيحمديه
    ولاحولا ولا قوة الا بالله العليل عظيم

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

MEDICAL QURBAN FEST 1439H – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

[Medical Qurban Fest 1439 H] Assalamualaikum Ikhwahfillah… Panitia Qurban Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menerima dan menyalurkan hewan qurban kepada KORBAN GEMPA LOMBOK… Pemilihan hewan qurban dapat dilihat pada poster di atas. Bagi yang ingin mendaftar dapat menghubungi: – Chairul (085274959906) – Tiara (087754844610) No. Rekening: 2690283461 TIARA KUSUMA DN SAWENGI BCA KCP PRAYA Mari berbagi […]

Ingin Kulit Bersih Setiap Saat? Berwudhulah

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang terdiri dari epidermis, dermis, dan aksesoris, seperti rambut, kuku, sebasea (kelenjar minyak), dan kelenjar keringat. Sekitar 10 partikel tersebar ke kulit dari udara setiap harinya dan sekitar 10% kulit kita mengandung bakteri. Karena kulit terus terpapar oleh lingkungan sekitar, kulit memainkan peran penting dalam melindungi tubuh kita dari patogen […]

Bagaimana Metabolisme Tubuh Kita Saat Puasa?

  Puasa merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam, baik itu puasa wajib maupun sunnah. Puasa tidak hanya semata – mata sebagai ibadah, namun juga melatih kita untuk menahan hawa nafsu dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bulan lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kemudian […]

Event SKI Asy-Syifa

no event