SKI Asy-Syifa

Figure

Penemu Fondasi Perangkat Optikal, Ibn al-Haytham

Penemu Fondasi Perangkat Optikal, Ibn al-Haytham

Bagaimana cara kita melihat? argumen seperti ini terus dipertanyakan antar ilmuwan yunani selama berabad-abad. Sebagian mengatakan sinar keluar dari mata kita, yang lain berpendapat sesuatu masuk ke mata kita untuk merepresentasikan object.

Ibn al-Haytham lahir di Basra, Iraq, tahun 965. Pada masa hidupnya, ia telah mengubah pemahaman kita tentnag cahaya dan pandangan secara total.

Ceritanya berawal dari panggilan ke Cairo oleh khalifah yang saat itu berkuasa untuk mengetahui apakah beliau bisa membantu mengontrol banjir Nile yang tidak terprediksi. Percaya dengan kemampuannya, Ibn al-Haytham bergegas dan berpikir dapat menangani masalah tersebut dengan cara membuat dam atau kanal dan reservoir air. Tapi ketika ia melihat langsung tantangan tersebut, dia sadar bahwa hal tersebut agaknya mustahil.

Untuk mencegah khalifah menganggap dirinya gagal, ia mencoba bepura-pura sakit akal hingga ditahan menjadi tahanan rumah. Selama di sinilah terjadi penemuan yang dikagumi banyak ilmuwan hingga saat ini.

Suatu hari, dia melihat cahaya bersinar melalui lubang tembok masuk ke kamarnya, memproyeksikan gambar di dunia luar tembok. Pada waktu itu, orang-orang percaya pada pandangan bahwa mata kita bisa mengeluarkan sinar yang tak terlihat. Tapi Ibn al-Haytham menyadari bahwa kita melihat karena sinar cahaya yang terpancarkan dari object-lah yang masuk ke mata kita.

Dengan melakukan eksperimen di ruangan gelap “camera obscura”, dia menunjukkan bahwa cahaya masuk ke mata kita dalam bentuk geometri kerucut. Dia juga melakukan eksperimen dengan lensa dan cermin. Akhirnya beliau mempublikasikan idenya tentang cahaya dan penglihatan dalam buku berjudu “Book of Optics” yang ditulis sekitar tahun 1011 hingga 1021.

Sumber :

National Geographic. 1001 Inventions : The Enduring Legacy of Muslim Civilization. 3rd edition.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Yuk Intip, Apa Saja Makna Dan Tujuan Berpuasa!

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, get yourself ready! Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan tentu saja sudah dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Bukan hanya sekedar banyaknya diskon-diskon pakaian, makanan yang beraneka ragam atau moment berkumpul dengan keluarga saja. Lebih dari itu semua, banyak banget hal yang bisa kita dapatkan di bulan […]

Event SKI Asy-Syifa

no event