SKI Asy-Syifa

Health

Jangan remehkan Habatussauda

Jangan remehkan Habatussauda

Assalamua’laikum teman-teman yang setia membaca artikel-artikel SKI,

Alhamdulillah, kali ini kami akan membahas mengenai manfaat Habbatussauda, ada yang tau apa itu Habbatussauda? Emm.. atau mungkin ada yang tau jintan hitam? Yap, jintan hitam  adalah nama lain dari Habbatussauda.

Sebagian dari pembaca mungkin sudah mengetahui beberapa manfaat dari jintan hitam ini, bahkan ada beberapa orang yang sudah mengonsumsi Habbatussauda secara rutin satu kapsul per hari. Baiklah, kami akan mulai membahas mengenai Habbatussauda.

Apa sih Habatussauda itu?

Habbatussauda atau jintan hitam adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Nah, dalam suatu riwayat, Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam (racun), yaitu maut”. Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119) dan Ahmad (2:241).

Sedangkan manfaat dari Habbatussauda itu apa saja sih?  Nah, kali ini saya akan memaparkan beberapa manfaat Habbatussauda..

  1. Kolesterol normal dalam waktu relatif singkat
  2. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (imunitas) terhadap penyakit, seperti flu.
  3. Melawan kanker, tumor, dan AIDS
  4. Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kewaspadaan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habatussauda memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan kepada anak dalam usia pertumbuhan dan lansia. Kandungan omega 3, omega 6, dan omega 9 yang terdapat dalam jintan hitam merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak.

Bagaimana? Luar biasa, kan, manfaat dari Habbatussauda? Pasti dong! Tapi, apa itu saja manfaatnya? Tentu tidak, mari kita lanjutkan ya manfaat dari Habbatussauda…

  1. Meningkatkan Bioaktivitas Hormon, salah satu kandungan Habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sebagai sintesis dan bioaktivitas hormon.
  2. Menetralkan racun dalam tubuh, Habbatussauda mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.
  3. Mengatasi gangguan cemas, penelitian yang dilakukan oleh Tahira Perveen dan koleganya membuktikan bahwa pemberian jintan hitam secara oral (diminum) mampu meningkatkan kadar 5 HT di otak dan menurunkan kadar 5-HIAA di otak secara signifikan. Kadar triptofan dalam plasma dan otak juga meningkatkan secara signifikan.
  4. Pengobatan Asma dan Sebagai Antialergi (Antihistamin). Habbatussauda dapat mengisolasi dithimoquinone. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial.

Semoga bermanfaat, ya! J

Penulis : Zenia Maulivia Fadila

SUMBER:

Junaedi, Edi., et al., 2011 Kedasyatan Habbatussauda Mengobati Berbagai Penyakit. Available in <https://books.google.co.id/books?id=ydKKypYmafgC&pg=PA29&dq=habbatussauda+adalah&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjWoM2x67bSAhWKU7wKHbZcD7EQ6AEIGzAA#v=onepage&q=habbatussauda%20adalah&f=false>.

Fattah, Muhammad Hatta A., 2016. Mukjizat Herbal dalam Al Quran vol 2. Available in <https://books.google.co.id/books?id=e8wlDAAAQBAJ&pg=PA243&dq=habbatussauda+adalah&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjWoM2x67bSAhWKU7wKHbZcD7EQ6AEIJDAC#v=onepage&q=habbatussauda%20adalah&f=false>.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Air zamzam  mendatangkan khasiat dengan niat untuk apa air itu diminum”. (HR. Ibnu Majah) Ibnu Abbas radhiallahu anhu menambahkan dalam riwayatnya, “Air zamzam memenuhi tujuan untuk apa ia diminum; jika engkau meminumnya dengan niatan untuk menyembuhkan penyakitmu, Allah akan menyembuhkan penyakitmu dan jika […]

Dibalik Kebaikan Donor Darah

  donor/do·nor/ n  1 penderma; pemberi sumbangan; 2 penderma darah (yang menyumbangkan darahnya untuk menolong orang lain yang memerlukan): — darah. Donor darah merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Darah yang telah didonorkan ini kemudian akan ditransfusikan kepada orang yang membutuhkan. Transfusi darah bertujuan untuk mengembalikan darah yang hilang misalnya saat operasi atau pada cedera parah. […]

Api yang Berbeda

Ya dia adalah Bilal, seseorang yang sontak membuat geger penyelenggaraan Ospek waktu itu. bagaimana tidak, dia satu-satunya maba yang berani menentang senior, karena sikap senior yang tidak bisa diterima. Di saat kami dimarah-marah oleh senior, kami hanya bisa diam dan menundukkan kepala, tetapi tidak dengan dia, dia berani mengatakan salah jika salah dan menunjukkan benar […]

Event SKI Asy-Syifa

no event