SKI Asy-Syifa

Islamic Study

Hukum Hubble dalam Al-Qur’an

Hukum Hubble dalam Al-Qur’an

QS. Adh-Dhariyat(51): 47

وَالسَّمَاءَ بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ

“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya”
Sebelum membahas kata Muusiuun di ayat tersebut, mari kita lihat maksud dari pemilihan kata Verb (fiil) dan noun(ism) oleh Alloh dalam al quran. Prinsip dasarnya adalah seperti berikut :
Verb= kata kerja = fiil= terbatas oleh waktu lampau atau sekarang dan masa depan, sedangkan Noun = kata benda= Ism = tidak di batasi oleh waktu (permanen) berlangsung terus menerus. jy
Dalam Al-Qur’an Allah memilih menggunakan kata kerja atau kata benda, yang dimaksudkan untuk dapat membedakan makna dari ayat.
Contohnya dalam Al-Qur’an :
1. Ketika Allah berfirman tentang orang munafik dalam Al-Qur’an di surat Al-Baqarah (2) : 14

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا إِلَى شَيَاطِينِهِمْ قَالُوا إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِئُونَ

Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: “Kami telah beriman”. Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka, mereka mengatakan: “Sesungguhnya kami bersama kalian, Sesungguhnya kami hanyalah berolok-olok”.

Orang-orang munafik lebih dominan/permanen/konsisten untuk berolok-olok (مُسْتَهْزِئُونَ – ism) daripada beriman (آمَنَّا – fiil)

2. Ketika Allah memberikan hukuman di sebutkan di surat Al-Qasas ayat 59 dan Al-Anfal ayat 33

Al-Qasas (28) :59
وَمَا كَانَ رَبُّكَ مُهْلِكَ الْقُرَى حَتَّى يَبْعَثَ فِي أُمِّهَا رَسُولًا يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِنَا وَمَا كُنَّا مُهْلِكِي الْقُرَى إِلَّا وَأَهْلُهَا ظَالِمُونَ
“Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia mengutus di ibu kota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.”
Allah akan membinasakan kota-kota, jika penduduknya terus-menerus/konsisten/permanen melakukan kezaliman (ظَالِمُونَ – ism)
Al-Anfal (8) :33
وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
“Dan Allah sekali-kali tidakakanmengazabmereka, sedangkamuberada di antaramereka. Dan tidaklah (pula) Allah akanmengazabmereka, sedangmerekamemintaampun.”
Allah tidak mengazab kita, walaupun kita hanya sesekali meminta ampun (يَسْتَغْفِرُونَ – fiil). Inilah salah satu wujud kasih sayang Allah kepada hambaNya.
HUKUM HUBBLE


Fenomena red shift (pergeseran merah) yang berarti galaksi semakin menjauh
Hukum ini menyatakan tentang pergeseran merah/red shift dari cahaya yang datang dari galaksi yang jauh sebanding dengan jaraknya. Fenomena pergeseranmerah (red shift) yaitu perubahan gelombang cahaya dari biru ke merah yang berarti galaksi – galaksi di alam semesta bergerak semakin menjauh (frekuensi semakin kecil (ingat me ji ku hi bi ni u pada pelangi). Seperti prinsip efek Doppler di bawah ini:
– Efek Doppler pada gelombang suara

Konstanta hubble, umur alam semesta dan awal terbentuknya alam semesta ( big bang )

Bila tetapan konstanta hubble dapat ditetapkan untuk menghitung kecepatan pengembangan alam semesta maka kita dapat menghitung mundur untuk menentukan awal dari pengembangan alam semesta (big bang). Maka dari itu hubble kemudian dapat menghitung umur alam semesta berdasar konstanta yang dihitungnya.
QS. Al-Anbya (21):30
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖوَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖأَفَلَا يُؤْمِنُونَ
“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasannya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”
Subhanalloh semoga bisa menambah keimanan kita akan kebenaran alquran.
Sumber:
Al-Qur’an
Film dokumenter berjudul “The invisible Universe Revealed – Full Documentary HD”. Available at: <

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

MEDICAL QURBAN FEST 1439H – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

[Medical Qurban Fest 1439 H] Assalamualaikum Ikhwahfillah… Panitia Qurban Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menerima dan menyalurkan hewan qurban kepada KORBAN GEMPA LOMBOK… Pemilihan hewan qurban dapat dilihat pada poster di atas. Bagi yang ingin mendaftar dapat menghubungi: – Chairul (085274959906) – Tiara (087754844610) No. Rekening: 2690283461 TIARA KUSUMA DN SAWENGI BCA KCP PRAYA Mari berbagi […]

Ingin Kulit Bersih Setiap Saat? Berwudhulah

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang terdiri dari epidermis, dermis, dan aksesoris, seperti rambut, kuku, sebasea (kelenjar minyak), dan kelenjar keringat. Sekitar 10 partikel tersebar ke kulit dari udara setiap harinya dan sekitar 10% kulit kita mengandung bakteri. Karena kulit terus terpapar oleh lingkungan sekitar, kulit memainkan peran penting dalam melindungi tubuh kita dari patogen […]

Bagaimana Metabolisme Tubuh Kita Saat Puasa?

  Puasa merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam, baik itu puasa wajib maupun sunnah. Puasa tidak hanya semata – mata sebagai ibadah, namun juga melatih kita untuk menahan hawa nafsu dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bulan lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kemudian […]

Event SKI Asy-Syifa

no event