SKI Asy-Syifa

Lifestyle

Hati-Hati, Kosmetik yang Seperti Ini Bisa Picu Kanker

Hati-Hati, Kosmetik yang Seperti Ini Bisa Picu Kanker

Beberapa waktu yang lalu, publik digegerkan dengan bakso mengandung boraks yang beredar luas. Bakso itu diklaim dapat membahayakan kesehatan. Usut punya usut, ternyata bukan boraks juga ditemukan dalam beberapa kosmetik yang beredar di pasaran.

Dilansir Boldsky, Senin (14/11/2016), dalam dunia industri, boraks biasanya dipakai sebagai bahan pembersih, pengawet kayu, serta pembasmi serangga. Oleh sebab itu, pemakaian boraks sebagai bahan campuran makanan sangatlah dilarang. Mengonsumsi makanan yang mengandung boraks dapat menyebabkan kematian.

Lantas, bagaimana dengan pemakaian kosmetik yang mengandung boraks?

Pada dasarnya, sebagian besar kosmetik yang dijual di pasaran itu mengandung boraks, meski kadarnya kecil. Kendati demikian, kandungan boraks yang ada pada kosmetik itu bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Bari seseorang yang mempunyai jenis kulit sensitif biasanya akan langsung merasakan efek dari boraks. Menurut berbagai penelitian, sifat basa pada boraks dapat menimbulkan iritasi ringan pada kulit. Selain itu, kandungan yang ada di dalam boraks dianggap akan menyebabkan masalah kesuburan pada pria.

Meski kandungan boraks dalam kosmetik tidak berisiko menyebabkan kerusakan yang parah pada kulit, Anda tetap harus berhati-hati. Pemakaian kosmetik yang mengandung boraks dalam jangka waktu lama berisiko menyebabkan kanker.

Pemakaian kosmetik yang mengandung boraks juga sangat dilarang bagi wanita hamil. Sebab, paparan boraks yang berlebihan dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Oleh sebab itu, perhatikanlah komposisi kosmetik yang Anda pakai. Jika kosmetik yang sedanga Anda pakai mengandung boraks, buanglah dengan segera, demi kesehatan kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

KADAR SEMANGAT IBADAH MASIH NAIK TURUN? APA YANG SEBAIKNYA YANG PERLU DIKOREKSI?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh… Saudaraku… Dalam beribadah seringkali kita mengalami gundah gulana, kadang kala kita semangat, kadang kalapun lemas melemas menjadi malas. Wajarkah? Hmmmm wajar-wajar saja karena kita manusia, yang memilliki kadar keimanan yang naik turun, hal ini dijelaskan dalam dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 22 yang artinya “Dan itulah yang menambah iman mereka dan ketundukan”(Qs. […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Event SKI Asy-Syifa

no event