SKI Asy-Syifa

Lifestyle

Hati-Hati, Kosmetik yang Seperti Ini Bisa Picu Kanker

Hati-Hati, Kosmetik yang Seperti Ini Bisa Picu Kanker

Beberapa waktu yang lalu, publik digegerkan dengan bakso mengandung boraks yang beredar luas. Bakso itu diklaim dapat membahayakan kesehatan. Usut punya usut, ternyata bukan boraks juga ditemukan dalam beberapa kosmetik yang beredar di pasaran.

Dilansir Boldsky, Senin (14/11/2016), dalam dunia industri, boraks biasanya dipakai sebagai bahan pembersih, pengawet kayu, serta pembasmi serangga. Oleh sebab itu, pemakaian boraks sebagai bahan campuran makanan sangatlah dilarang. Mengonsumsi makanan yang mengandung boraks dapat menyebabkan kematian.

Lantas, bagaimana dengan pemakaian kosmetik yang mengandung boraks?

Pada dasarnya, sebagian besar kosmetik yang dijual di pasaran itu mengandung boraks, meski kadarnya kecil. Kendati demikian, kandungan boraks yang ada pada kosmetik itu bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Bari seseorang yang mempunyai jenis kulit sensitif biasanya akan langsung merasakan efek dari boraks. Menurut berbagai penelitian, sifat basa pada boraks dapat menimbulkan iritasi ringan pada kulit. Selain itu, kandungan yang ada di dalam boraks dianggap akan menyebabkan masalah kesuburan pada pria.

Meski kandungan boraks dalam kosmetik tidak berisiko menyebabkan kerusakan yang parah pada kulit, Anda tetap harus berhati-hati. Pemakaian kosmetik yang mengandung boraks dalam jangka waktu lama berisiko menyebabkan kanker.

Pemakaian kosmetik yang mengandung boraks juga sangat dilarang bagi wanita hamil. Sebab, paparan boraks yang berlebihan dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Oleh sebab itu, perhatikanlah komposisi kosmetik yang Anda pakai. Jika kosmetik yang sedanga Anda pakai mengandung boraks, buanglah dengan segera, demi kesehatan kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Kegiatan Kesmas Al-Wafi 2018

Transfusi darah adalah kegiatan dalam membantu penyembuhan manusia ketika kadar darah dalam tubuh dibawah yang seharusnya. Menyumbangkan darah kepada orang lain yang amat membutuhkannya menurut kesepakatan para ahli fikih termasuk dalam kerangka tujuan syariat Islam, yaitu menghindarkan salah satu bentuk kemudaratan yang akan menimpa diri seseorang. Meskipun pada hakikatnya darah yang dikeluarkan dari tubuh manusia […]

7 Cara Menenangkan Hati

Selama manusia hidup, kesenangan dan kesedihan selalu bergantian mengisi hari-hari. Permasalahan yang terus-menerus datang, baik itu ringan maupun berat, akan memberikan dampak pada hati seseorang. Ketika dihadapkan dengan masalah, manusia sering menghindarinya. Namun, dengan menghindari masalah yang dimiliki, hati akan merasa tidak tenang. Dalam Islam, kita diajarkan cara untuk membuat hati menjadi tenang dan selalu […]

Tutur Kata yang Baik

Saudaraku.. Mungkin dari kita sering atau suka menggunakan kata-kata yang tidak baik. Kata dusta. Kata hinaan. Serta ujaran kebencian. Kata-kata tersebut diucapkan baik saat bercanda, atau sedang serius, marah, dan sebagainya. Ada pula yang mengatakannya demi memuaskan diri saja. Atau ingin menjatuhkan suatu tokoh yang terkenal. Wahai saudaraku, apakah baik sikap muslim seperti itu ? […]

Event SKI Asy-Syifa

no event