SKI Asy-Syifa

Lifestyle

Akhlak Rasulullah ﷺ terhadap Orang-orang Miskin

Di Zaman Now, masih banyak orang yang budi pekertinya bersifat komersial, yaitu mengutamakan harta dan kekayaan. Artinya, orang kaya saja yang mereka anggap menarik dan perlu ditanggapi dengan tertawa ketika mendengarnya. Tetapi, jika ada kesalahan besar, mereka menganggapnya tidak bearti.

Lalu, kepada orang-orang miskin, mereka memandangnya tidak menarik dan kadang mengolok-ngolok ketika mendengarnya. Mereka bahkan menganggap kesalahan-kesalahan kecilnya sebagai kesalahan yang besar dan pantas dicela dan dimaki.

Bagaimana sikap Rasulullah ﷺ?

Rasulullah ﷺ, terhadap orang-orang kaya maupun miskin, perlakuan beliau sama dan tidak pernah membeda-bedakan simpati beliau terhadap keduanya.

Anas radiallahu anhu berkata:

Ada seorang pria dusun bernama Zahir ibn Haram. Setiap ia datang ke Madinah untuk suatu keperluan, ia selalu membawa keju atau minyak samin dari kampungnya untuk dihadiahkan kepada Nabi ﷺ. Dan sebaliknya, setiapkali hendak pulang, Rasulullah tak pernah lupa membekalinya dengan kurma atau sejenisnya.

Rasulullah sangat menyukainya. Beliau pernah berkata soal sahabatnya ini, “Zahir adalah orang dusun bagi kita, sedang kita adalah orang kota baginya.”

Zahir, adalah orang yang memang buruk rupanya. Suatu hari, Zahir menuju ke Madinah, dan seperti biasa ia berkunjung ke rumah Rasulullah ﷺ. Namun, ia tidak berjumpa dengan beliau. Saat itu, ia membawa barang dagangan yang cukup banyak. Ia pun langsung ke pasar untuk menjual dagangannya.

Rasulullah ﷺ yang mendengar kedatangan Zahir, langsung menuju ke pasar untuk mencarinya. Sesampainya di sana, beliau mendapatinya tengah sibuk berdagang dan keringat menetes deras dari tubuhnya. Seperti lazimnya orang dusun, baju yang dipakainya saat itu juga khas orang kampung dengan segala rupa, bentuk, dan warnanya.

Namun, begitulah kemuliaan akhlak Rasulullah ﷺ  yang tak memedulikan keadaaan Zahir tersebut dan langsung memeluknya dari belakang dengan erat. Zahir tidak bisa melihatnya, sehingga tidak mengetahui siapa yang memeluknya. Zahir terkejut dan takut. Dengan serta-merta ia berteriak, “Lepaskan aku! Siapa ini..?”

Nabi ﷺ hanya diam saja dan tetap memeluknya, sementara Zahir terus berusaha untuk melepaskan diri. Sesekali ia berusaha melihat ke belakang, hingga pada suatu tengokan yang kesekian kalinya ia melihat bahwa ia dipeluk oleh Nabi ﷺ. Ia pun lega dan rasa takutnya sirna, bahkan ia semakin merekatkan punggungnya ke dada Nabi ﷺ.

Zahir terdiam dan termenung ketika memperhatikan dirinya sendiri, lalu ia menyimpulkan bahwa dirinya hanyalah orang miskin yang susah, tidak berharta, dan tidak memiliki rupa yang tampan.

Ia pun berkata, “Demi Allah, aku tidak mungkin laku engkau jual, ya Rasulullah?”

Rasulullah ﷺ menjawab, “Tidak, karena di mata Allah, engkau benar-benar sangat mahal harganya.”

Demikianlah, tidaklah mengherankan jika hati orang-orang miskin banyak yang sangat bersimpati terhadap Rasulullah ﷺ . Karena beliau telah berhasil menguasainya dengan akhlak yang sangat elok.

INGATLAH

Kita sering melihat, banyak orang miskin yang mencela orang kaya bukan karena kekikirannya dalam menyedekahkan sebagian harta dan makannya, tetapi karena kekikirannya dalam menebarkan keramahan dan pergaulan yang baik.

Betapa banyak pula orang fakir, yang hanya karena senyumanmu, keramahanmu, penghormatanmu, penghargaanmu, dan perlakuan baikmu terhadap mereka, justru tidak segan menengadahkan tangan mereka di kegelapan malam untuk memohon kepada Allah agar menurunkan rahmat dan berkah bagimu.

Betapa banyak orang-orang yang terlantar dan diusir dari pintu-pintu rumah orang-orang kaya itu justru sangat makbul doa mereka.

Marilah kita menjadi seseorang yang selalu ramah dan murah senyum kepada mereka. Karena, senyuman terhadap seorang fakir itulah yang justru dapat mengangkat derajat kita di sisi Allah.

 

Sumber :

Al-‘Areifi, Muhammad, 2016. Enjoy Your Life. Jakarta: Qisthi Press <cetakan ke 16>

 

Penulis : Shofi Suryalathifani

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

JANGAN PERNAH PUTUS ASA DALAM BERDOA

Allâh Azza wa Jalla berfirman: وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].gi Imam Sufyan ats-Tsauri rahimahullah mengatakan bawha makna ayat […]

Setiap amalan tergantung pada niat

Dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليه .ِ“Sesungguhnya setiap amalan […]

Kebiasaan sebelum dan setelah bangun tidur Rasulullah

dari Hudzaifah bin Al Yaman berikut ini. Beliau radhiallahu ‘anhu mengatakan: كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ إذا أخذ مضجعه من الليلِ قال : ( اللهم باسمك أموت وأحيا ) . فإذا استيقظ قال : ( الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ ) “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berbaring di tempat berbaringnya […]

“Semangat Menuntut Ilmu”

ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة “Barangsiapa yang berjalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim). Ilmu adalah perkara yang sangat penting dalam kehidupan. Ketika manusia hidup di dunia dia membutuhkan ilmu pengetahuan. Maka dari itulah, kemuliaan seseorang terletak pada ilmu yang dia […]

Keutamaan Bersedekah

Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntungan, keutamaan, kemuliaan orang-orang yang bersedekah. Diantara keutamaan bersedekah antara lain: Sedekah dapat menghapus dosa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614) Diampuninya dosa di […]

TANTANGAN DAKWAH DI ERA MILENIAL

Assallammu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh… Marilah kita bersyukur kepada Allah ‘Azza wa Jalla atas nikmat dan kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita semua, sehingga Alhamdulillah anda bisa membaca artikel ini dan saya pun Alhamdulillah masih bisa diberikan  kesempatan  untuk menulis artikel ini, kedua kalinya tak lupa kita haturkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi […]

BIOGRAFI SINGKAT ILMUWAN DOKTER MUSLIM YANG MEMILIKI PENGARUH BESAR TERHADAP ILMU PENGETAHUAN

Assallammu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh, halo sahabat iman, terkhusus untuk sahabat kedokteran, kali ini kita akan membahas tentang biografi singkat dari ilmuwan kedoteran yang memiliki pengaruh besar terhadap ilmu pengetahuan, kira-kira sudah pada tahu belum niih??? Langung aja yuk simak tulisan berikut ini. Islam pernah mengalami kejayaan pada era 780M- 1258 M. Pada masa ini para ilmuwan memberikan banyak […]

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

KADAR SEMANGAT IBADAH MASIH NAIK TURUN? APA YANG SEBAIKNYA YANG PERLU DIKOREKSI?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh… Saudaraku… Dalam beribadah seringkali kita mengalami gundah gulana, kadang kala kita semangat, kadang kalapun lemas melemas menjadi malas. Wajarkah? Hmmmm wajar-wajar saja karena kita manusia, yang memilliki kadar keimanan yang naik turun, hal ini dijelaskan dalam dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 22 yang artinya “Dan itulah yang menambah iman mereka dan ketundukan”(Qs. […]

Event SKI Asy-Syifa

no event