SKI Asy-Syifa

Opinions

Yuk Intip, Apa Saja Makna Dan Tujuan Berpuasa!

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, get yourself ready! Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan tentu saja sudah dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Bukan hanya sekedar banyaknya diskon-diskon pakaian, makanan yang beraneka ragam atau moment berkumpul dengan keluarga saja. Lebih dari itu semua, banyak banget hal yang bisa kita dapatkan di bulan yang sangat penuh berkah ini. Yuk kita bahas satu satu apa saja sih makna dan tujuan kita berpuasa.

1. Menahan diri dari segala emosi

Seringkali kita memandang puasa hanya untuk menahan haus dan lapar saja, namun ternyata dibalik itu semua, puasa memiliki banyak makna dan tujuannya salah satunya adalah untuk mendekatan diri kepada Allah Swt. Makna puasa yang dimaksud adalah melatih diri untuk menjauhi segala sifat tercela yang mungkin biasa kita lakukan sehari-hari yaitu seperti menahan diri dari segala emosi, amarah dan segala sesuatu yang dapat menyia-nyiakan ibadah puasa. Maka dengan berpuasa kita dapat melatih diri untuk selalu bersabar saling memaafkan sesama umat muslim.

2. Tidak membicarakan aib orang lain

 Seringkali kita merasa sangat bahagia ketika sedang membicarakan orang lain tanpa kita sadari malaikat juga sedang mencatat dosa dosa kita. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Hindarilah oleh kalian perbuatan ghibah karena ghibah lebih besar dosanya dari zina. Seseorang terkadang berzina kemudian bertaubat kepada Allah Swt dan diterima taubatnya, sedangkan orang yang berbuat ghibah, dia tidak akan diampuni sampai orang yang dia ghibahi memaafkannya”. Maka dari itu saat berpuasa juga sangat diharapkan untuk menghindari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

3. Ibadah paling baik di bulan ramadhan

Ibadah puasa di bulan Ramadhan juga dapat melatih diri kita untuk semakin dekat dengan Allah Swt, seperti yang biasa dilakukan pada bulan Ramadhan yaitu salah satunya membaca alqurán setiap malam dan beramal lebih banyak, karena jika berbuat baik pada bulan Ramadhan pahalanya akan di lipat gandakan oleh Allah Swt. Sebagaimana sabda Nabi Saw yang artinya “barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”(HR. bukhari dan Muslim).

4. Menyambut malam lailatul-qadar

Bagi umat muslim pasti sudah tidak asibg lagi dengan malam lailatul-qadar atau biasa kita sebut malam seribu bulan. Malam seribu bulan merupakan malam yang dinanti nantikan oleh seluruh umat muslim, dengan modal amalan amalan yang shalih kita dapat berkesempatan untuk mendapatkan berkah yang istimewa dari malam lailatul-qadar. Malam lailatul-qadar juga merupakan satu malam yang sangat penting di bulan Ramadhan karena pada malam itulah kitab suci Al-qur’an diturunkan.

4. Sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Selain itu, ternyata puasa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti membersihkan racun didalam tubuh, dapat mengurangi gula darah dan juga dapat mendetox usus karena selama menjalankan puasa, setiap racun yang tersimpan dalam tubuh akan larut dan di keluarkan dari tubuh. Jurnal kesehatan juga pernah mencatat bahwa puasa dapat membersihkan lambung dan usus sekaligus juga dapat mengistirahatkan organ-organ pencernaan lain.

5. Untuk memperbaiki kepribadian diri

Puasa pada bulan Ramadhan ini bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan menahan diri sehingga dapat memperkukuh kepribadian seseorang. Selain itu, puasa juga bertujuan untuk membersihkan diri dan jiwa dari segala dosa dan perbuatan yang tercela sehingga dapat mempersempit jalan setan dalam menggoda kita untuk melakukan segala perbuatan tercela. sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian telah mempunyai kemampuan untuk menikah, hendaklah ia bersegera karena ia bisa menjaga mata dan kemaluannya. Barangsiapa belum mampu maka hendaklah berpuasa karena puasa itu benteng masuknya setan”(HR. Bukhari dan Muslim).

Ternyata banyak sekali manfaat puasa pada bulan Ramadhan. Mengingat pentingnya makna berpuasa maka sayang banget kalau dilewati dengan cara yang biasa saja dan dibiarkan berlalu meninggalkan kita begitu saja tanpa ada usaha untuk meraih pahala. Tentunya kita sebagai umat muslim harus excited untuk menyambut bulan puasa yang penuh berkah ini dan semoga Ramadhan tahun ini kita bisa lebih baik dalam menjalankannya.

Marhaban Yaa Ramadhan!

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

KADAR SEMANGAT IBADAH MASIH NAIK TURUN? APA YANG SEBAIKNYA YANG PERLU DIKOREKSI?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh… Saudaraku… Dalam beribadah seringkali kita mengalami gundah gulana, kadang kala kita semangat, kadang kalapun lemas melemas menjadi malas. Wajarkah? Hmmmm wajar-wajar saja karena kita manusia, yang memilliki kadar keimanan yang naik turun, hal ini dijelaskan dalam dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 22 yang artinya “Dan itulah yang menambah iman mereka dan ketundukan”(Qs. […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Event SKI Asy-Syifa

no event