SKI Asy-Syifa

Health

Tak Cuma Rokok Biasa, Rokok Elektrik Juga Ancam Rusak Gusi

Tak Cuma Rokok Biasa, Rokok Elektrik Juga Ancam Rusak Gusi

Jakarta, Lazimnya kita tahu bahwa penggemar rokok konvensional terancam oleh kerusakan gigi dan mulut. Namun dampak serupa ternyata juga ‘menghantui’ orang-orang di sekitar penikmat rokok elektrik.

E-cigarettes atau lebih dikenal sebagai rokok elektrik diklaim lebih menyehatkan ketimbang rokok konvensional, meskipun sebenarnya kandungannya sama saja. Sama-sama nikotin, hanya saja bentuknya berbeda.

Peneliti dari University of Rochester, New York menemukan fakta ini setelah melakukan beberapa kali percobaan. Peneliti sengaja memapari jaringan gusi sejumlah partisipan yang bukan perokok dengan asap dari rokok elektrik.

“Kami melihat ketika uapnya keluar, ini memicu sel-sel di tubuh partisipan untuk melepaskan protein antiperadangan,” jelas peneliti, Irfan Rahman seperti dikutip dari urmc.rochester.edu, Selasa (22/11/2016).

Pada saat itulah, lanjut Rahman, sel-sel tubuh mengalami semacam ‘stres’ yang berakibat pada kerusakan sel. Salah satu dampaknya adalah berbagai macam penyakit oral, baik pada gusi, gigi maupun mulut.

Rahman menambahkan, makin banyak dan makin sering seseorang menghisap rokok elektrik, maka ini akan menentukan seberapa besar kerusakan gusi dan kesehatan mulutnya.

Tak hanya itu, tim Rahman menemukan bahwa flavoring atau cairan perasa yang terkandung dalam rokok elektrik juga dapat memicu kerusakan sel di mulut. “Memang tidak semua, tetapi beberapa dari cairan perasa itu memperburuk kerusakan sel yang ada,” lanjutnya.

Lagipula, bagaimanapun juga rokok elektrik mengandung nikotin yang telah lama diketahui dapat berkontribusi nyata terhadap penyakit gusi.

Risiko lain yang dihadapi penikmat rokok elektrik adalah rokok ini dapat meledak. Belakangan beberapa kali ditemukan kasus di mana rokok elektrik meledak di sekitaran penggunanya, bahkan ada yang meledak saat diisap.

Diberitakan CNN sebelumnya, salah seorang korban bernama Kenneth Barbero dari AS mengaku rasanya seperti ada bom yang meledak di mulutnya. Akibat insiden itu, beberapa gigi Barbero mengalami kerusakan; lidahnya terluka dan tangannya juga mengalami luka bakar.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Bagaimana Metabolisme Tubuh Kita Saat Puasa?

  Puasa merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam, baik itu puasa wajib maupun sunnah. Puasa tidak hanya semata – mata sebagai ibadah, namun juga melatih kita untuk menahan hawa nafsu dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bulan lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kemudian […]

Manfaat Bangun Fajar Bagi Kesehatan Menurut Al-Qur‘an

  Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “…dan (laksanakanlah pula shalat) subuh. Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra’ : 78) Al – Qur’an sebagai pedoman dalam melaksanakan kehidupan umat Islam menganjurkan kita untuk tidur lebih awal dan bangun sejak fajar. Dalam sebuah hadist shahih, Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, “Umatku ini diberkati ketika […]

Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa?

Rasulullah ﷺ sering sekali membersihkan gigi dengan siwak. Salah seorang sahabat Nabi ﷺ menceritakan, dari ‘Amir bin Rabi’ah, ia mengatakan : “Nabi ﷺ sering kali bersiwak saat puasa dan jumlahnya tidak terhitung”. HR. Bukhari Diantara keutamaan sikat gigi yang disabdakan Rasulullah ﷺ adalah : “Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya perintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak […]

Event SKI Asy-Syifa

no event