SKI Asy-Syifa

Kajian Rutin Sabtu Pagi

Taaruf vs Pacaran Part I

Oleh : Ustadz Usman, M.Pd.I

 

Pacaran itu tidak ada ditemukan di dalam Al-Qur’an, hadits, bahkan dalam Bahasa Arab. Tidak ada satu kata yang konotasinya merujuk kepada pacaran. Yang ada di dalam Al-Qur’an dan hadits itu cinta.

Pacaran itu menjalin hubungan dengan lawan jenis tanpa ikatan resmi, yang di dalamnya ada berpegangan tangan, berkhalwat, dan sebagainya, sehingga mengarah kepada zina, baik itu zina mata, hati, tangan, dan sebagainya, dan zina itu dilarang.

وَلاَ تَقْرَبُواْ الزِّنَى إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاء سَبِيلاً

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Israa ayat 32)

Lalu, bagaimana kita mencintai?

Mencintai itu tabi’at

 

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran ayat 14)

 

Ali mencintai Fatimah sebelum mereka bertaaruf. Saat Abu Bakar hendak melamar Fatimah, Ali merasa minder dengan Abu Bakar, namun lamaran Abu Bakar ditolak oleh Rasulullah. Setelah itu Ali merasa percaya diri kembali. Lagi, Umar juga ingin melamar Fatimah, Ali kembali merasa minder. Ketika lamaran Umar ditolak, Ali bangkit kembali. Akhirnya Ali berani untuk melamar Fatimah, Rasulullah mengiyakan dan bertanya kepada Fatimah, dan Fatimah pun setuju. Ali memberikan mahar baju besi. Hikmah dari kisah cinta Ali dan Fatimah :

  • Jika ada rasa cinta, datangi orang tuanya

Kita harus bisa me-manage cinta. Pacaran itu mudharatnya jauh lebih besar dan termasuk ke dalam mendekati zina. Padahal, 2 dari 7 syarat pewaris surga firdaus adalah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat dan menjaga kemaluannya kecuali kepada istri-istri mereka.

Bagaimana jika terlanjur pacaran?

PUTUSKAN atau HALALKAN

 

Kita ingin mencintai manusia atau Allah?

Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al-Hasyr ayat 24)

 

Allah maha segalanya. Jangan mencintai seseorang melebihi cinta kepada Allah. Alasan untuk mencintai Allah itu harusnya lebih kuat daripada mencintai hal lainnya. Jika kita cinta karena kepintarannya, kekuasaannya, sesunggunya Allah adalah pemilik dunia dan isinya.

Mereka bersumpah kepada kamu dengan (nama) Allah untuk mencari keridhaanmu, padahal Allah dan Rasul-Nya itulah yang lebih patut mereka cari keridhaannya jika mereka adalah orang-orang yang mukmin.” (QS. At-Taubah ayat 62)

 

Seseorang yang mencintai itu akan mencari cara untuk diridhai oleh orang yang dicintainya. Padahal ridha Allah lah yang seharusnya dicari. Cukup ridha Allah yang dicari oleh orang-orang yang beriman.

 

Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya.” (QS. Al-Baqarah ayat 204)

 

Pembuktian cinta itu adalah dengan pengorbanan. Cinta itu ujian, yaitu bagaimana kita bisa me-manage, jangan sampai kita mengorbankan Allah karena cinta.

 

Hari/Tanggal : Sabtu, 28 Oktober 2017

Tempat            : Masjid Baabul Hikmah, Universitas Mataram

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

MEDICAL QURBAN FEST 1439H – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

[Medical Qurban Fest 1439 H] Assalamualaikum Ikhwahfillah… Panitia Qurban Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menerima dan menyalurkan hewan qurban kepada KORBAN GEMPA LOMBOK… Pemilihan hewan qurban dapat dilihat pada poster di atas. Bagi yang ingin mendaftar dapat menghubungi: – Chairul (085274959906) – Tiara (087754844610) No. Rekening: 2690283461 TIARA KUSUMA DN SAWENGI BCA KCP PRAYA Mari berbagi […]

Ingin Kulit Bersih Setiap Saat? Berwudhulah

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang terdiri dari epidermis, dermis, dan aksesoris, seperti rambut, kuku, sebasea (kelenjar minyak), dan kelenjar keringat. Sekitar 10 partikel tersebar ke kulit dari udara setiap harinya dan sekitar 10% kulit kita mengandung bakteri. Karena kulit terus terpapar oleh lingkungan sekitar, kulit memainkan peran penting dalam melindungi tubuh kita dari patogen […]

Bagaimana Metabolisme Tubuh Kita Saat Puasa?

  Puasa merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam, baik itu puasa wajib maupun sunnah. Puasa tidak hanya semata – mata sebagai ibadah, namun juga melatih kita untuk menahan hawa nafsu dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bulan lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kemudian […]

Event SKI Asy-Syifa

no event