SKI Asy-Syifa

News

SKI Asyifa Fakultas Kedokteran Unram Menggelar Kegiatan Sirkumsisi Massal

SKI Asyifa Fakultas Kedokteran Unram Menggelar Kegiatan Sirkumsisi Massal

Praya—–Ahad (11/12), pengurus Himpunan SKI Asyifa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menggelar Sirkumsisi/sunat massal di Yayasan Pondok Pesantren Darul Muhajirin, Praya, Lombok Tengah. Selain kegiatan sirkumsisi/sunat massal, rangkaian acara juga meliputi pemeriksaan tensi gratis dan pemberian obat secara cuma-cuma kepada warga.

Ketua panitia, Fitri, mengaku mendapat respon yang baik dari masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasme warga yang mengantre beberapa jam sebelum kegiatan dimulai. Fitri juga menerangkan bahwa kegiatan sirkumsisi/sunat massal yang diadakan oleh Himpunan SKI Asyifa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram ini mendapat dukungan penuh dari para donatur yang telah ikut serta memberikan bantuan baik berupa materi mau pun non-materi.

“Selain dukungan dari para donatur, hal yang paling penting dari kegiatan ini yaitu dukungan penuh yang diberikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram”, ujar Fitri. “Kami tidak asal sirkum, ada dr.Akhada selaku pembimbing kami yang banyak mengajarkan bagaimana tehnik sirkum, menangani masalah di lapangan, dan lain sebagainya”, lanjutnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat ukhuwah antar pengurus dan sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan yang telah dipelajari di kampus untuk dapat diterapkan di masyarakat. “Ada banyak hal yang didapatkan, pertama tentu saja skill kita semakin terasah dengan berkali-kali latihan melaksanakan sirkumsisi. Kemudian, kita juga mendapatkan ilmu bagaimana bekerja sama dengan semua pihak, selanjutnya kita mendapat rasa kekeluargaan, bisa silaturahmi dengan semua pihak pondok, teman-teman dari semua angkatan, dokter spesialis, perawat-perawat, serta dari keluarga pasien juga kita bisa ikut bekerja sama”, ungkap dr. Novita Laily Shalatiah, Alumni FK Unram.

Harapan untuk ke depannya, baksos ini tidak hanya diadakan saat mauled saja, tetapi dapat menjadi agenda rutin setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar para pengurus dapat langsung merasakan dari dini bagaimana kondisi ketika terjun langsung ke masyarakat. “Lebih sering lagi acara-acara seperti ini, tidak cuma sirkumsisi, tetapi acara-acara kesehatan yang lain juga mudah-mudahan bisa lebih sering kita laksanakan”, sambung dr. Novita.

Selain tanggal 11 Desember, rangkaian kegiatan sirkumsisi ini terus berlanjut pada Minggu, 18 Desember 2016, diadakan di dasi NTB. Khitanan selanjutnya dilaksanakan kembali di Rumah Sakit Biomedika dan terakhir Selasa, 27 Desember 2016 bertempat di Masjid Al-Abror, Janapria, Lombok Tengah.

 

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

MEDICAL QURBAN FEST 1439H – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

[Medical Qurban Fest 1439 H] Assalamualaikum Ikhwahfillah… Panitia Qurban Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menerima dan menyalurkan hewan qurban kepada KORBAN GEMPA LOMBOK… Pemilihan hewan qurban dapat dilihat pada poster di atas. Bagi yang ingin mendaftar dapat menghubungi: – Chairul (085274959906) – Tiara (087754844610) No. Rekening: 2690283461 TIARA KUSUMA DN SAWENGI BCA KCP PRAYA Mari berbagi […]

Ingin Kulit Bersih Setiap Saat? Berwudhulah

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang terdiri dari epidermis, dermis, dan aksesoris, seperti rambut, kuku, sebasea (kelenjar minyak), dan kelenjar keringat. Sekitar 10 partikel tersebar ke kulit dari udara setiap harinya dan sekitar 10% kulit kita mengandung bakteri. Karena kulit terus terpapar oleh lingkungan sekitar, kulit memainkan peran penting dalam melindungi tubuh kita dari patogen […]

Bagaimana Metabolisme Tubuh Kita Saat Puasa?

  Puasa merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam, baik itu puasa wajib maupun sunnah. Puasa tidak hanya semata – mata sebagai ibadah, namun juga melatih kita untuk menahan hawa nafsu dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bulan lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kemudian […]

Event SKI Asy-Syifa

no event