SKI Asy-Syifa

Islamic History

Rasulullah dan Dakwah-dakwahnya

Rasulullah dan Dakwah-dakwahnya

            Setelah mendapat risalah dari Allah, kehidupan Rasulullah dibagi menjadi 2 fase, yaitu:

      1. Fase Makkah (kurang lebih selama 13 tahun) dibagi menjadi 3 tahapan:
        1. Tahapan dakwah sirryah, yaitu dakwah secara sembunyi-sembunyi yang berlangsung selama 3 tahun
        2. Tahapan dakwah jahriyyah, yaitu dakwah secara terang-terangan kepada penduduk Makkah, berawal pada permulaan tahun ke-4 sampai Hijrah
        3. Tahapan dakwah di luar Makkah dan penyebaran di kalangan penduduknya, dari penghujung tahun ke-10 kenabian, yang juga mencakup fase Madinah dan berlangsung sampai akhir hayat Rasulullah .
      1. Fase Madinah (10 tahun) dibagi menjadi 4 tahapan:
        1. Membangun masjid
        2. Menciptakan persaudaraan baru
        3. Perjanjian dengan masyarakat Yahudi Madinah
        4. Pembangunan pranata sosial dan pemerintahan.

—-

              1. Dakwah Nabi Muhammad pada Periode Makkah
              2. Dakwah secara diam-diam

Makkah merupakan pusat agama bagi bangsa Arab. Di sana terdapat para pengabdi Ka’bah dan pengurus berhala serta patung-patung yang dianggap suci oleh bangsa Arab. Hal itulah yang mempersulit Rasulullah untuk mencapai tujuannya dalam melakukan perubahan di Makkah.

              • Gelombang pertama

Pada awalnya, Rasulullah mendakwahi sahabat serta keluarga beliau untuk memeluk agama Islam. Selain sahabat dan keluarga, beliau juga mendakwahi orang-orang baik yang sudah dikenal oleh beliau. Beberapa di antara orang-orang tersebut ada yang merespon dengan baik, namun ada pula yang masih ragu dengan kebenaran dari dakwah yang beliau sampaikan.  Sebagian orang yang merespon baik dan memilih untuk memeluk islam disebut sebagai As-Sabiqun al-Awwalun (orang yang paling dahulu dan pertama masuk islam).Mereka adalah: ummul mukmin (khadijah binti khuwailid), maula atau mantan budak beliau (Zaid bin Haritsah bin Syarahil al-kalbi), keponakan beliau ketika masih kanak-kanak (Ali bin Abi  Thalib), serta sahabat karib beliau (Abu Bakar Ash-shiddiq).

Kemudian Abu Bakar yang dikenal sebagai sosok yang lembut, berbudi luhur, berintelektual, sukses dalam bisnis dan pergaulan yang luas, beliau membantu menyiarkan agama Islam. Sehingga beberapa orang yang dekat dengannya memilih untuk masuk islam, seperti: Utsman bin Affan al-Umawi az-Zubair al-Awwam al-Asadi, Abdurrahman bin Auf az-Zuhri, Sa’ad bin Abi Waqqash az-Zuhri dan Thalhah bin Ubaidillah at-Taimi. Kedelapan orang inilah yang pertama masuk Islam pada gelombang pertama dan menjadi garda islam.

              • Perintah shalat

Wahyu pertama yang turun adalah perintah mendirikan shalat. Ibnu Hajar berkata sebelum Isra terjadi Rasulullah ﷺ berdasarkan riwayat yang pasti (Qathi) pernah melakukan shalat, demikian pula para sahabat beliau. Akan tetapi yang diperselisihkan, apakah ada shalat lain yang telah diwajibkan sebelum (diwajibkan) shalat 5 waktu atau tidak ada pendapat yang mengatakan bahwa yang telah diwajibkan itu adalah shalat sebelum terbit dan terbenamnya matahari.

Ibnu Hisyam menyebutkan bahwa bila waktu shalat telah masuk, Nabi Muhammad ﷺ dan para sahabat pergi ke lereng-lereng perbukitan dan menjalankan shalat di sana secara sembunyi-sembunyi sehingga jauh dari pandangan kaum mereka.

              • Kaum Quraisy mendengar perihal dakwah secara global

Meskipun dakwah pada tahapan ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan bersifat individu namun akhirnya, berita tersebut sampai juga  ke telinga kaum Quraisy. Hanya saja mereka belum mempersalahkannya karena Rasulullah ﷺ tidak pernah menyinggung agama mereka/tujuan-tujuan mereka.

Tiga tahunpun berlalu, dakwah masih berjalan secara sembunyi-sembunyi dan individu. Dalam tempo waktu ini, terbentuklah suatu kelompok  kaum mukmin yang dibangun atas pondasi ukhwah (persaudaraan) dan ta’awun (solidaritas) serta penyampaian risalah dan pemantapan posisinya.

              1. Tahapan kedua berdakwah secara terang terangan
              • Berdakwah dikalangan kaum kerabat

Setelah turunnya ayat Asy-syuara:214 yang artinya “Dan berilah peringatan kepada keluargamu yang terdekat.” (Q.S. Asy-Syuara:214). Rasulullah ﷺ mengundang para kerabat terdekatnya, Bani Hasyim. Merekapun datang memenuhi undangan tersebut disertai oleh beberapa orang dari Bani al-Muthalib bin Abdi Manaf. Mereka semua berjumlah 45 orang laki-laki. Namun, tatkala Rasulullah ﷺ berbicara, tiba-tiba Abu Lahab memotongnya seraya berkata “Mereka itu adalah paman-pamanmu dan para sepupumu. Bicaralah dan tinggalkanlah menganut agama baru. Ketahuilah bahwa kaummu tidak adan mampu melawan seluruh Bangsa Arab. Aku adalah orang yang paling pantas mencegahmu. Cukuplah bagimu dari pihak bapakmu. Bagi mereka jika engkau bersikeras melakukan apa yang engkau lakukan sekarang, adalah lebih mudah ketimbang bila seluruh marga Quraisy bersama-sama bangsa Arab bergerak memusuhimu. Aku tidak pernah melihat ada orang yang membawa kepada suku-suku  dari pihak bapaknya  sesuatu yang lebih jelek dari apa yang engkau bawa ini.” Rasulullah ﷺ hanya diam dan tidak berbicara pada pertemuan itu.

Sekali waktu Rasulullah ﷺ mengundang mereka lagi lantas berbicara “Alhamdulillah, aku memuji-Nya, meminta pertolongan, beriman, serta bertawakkal kepada-Nya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya.”

Selanjutnya beliau berkata, “Sesungguhnya seorang pemimpin tidak mungkin membohongi keluarganya sendiri. Demi Allah yang tiada Tuhan (yang haq) selain-Nya! Sesungguhnya aku adalah utusan Allah yang datang kepada kalian secara khusus dan kepada manusia secara umum. Demi Allah! Sungguh kalian akan mati sebagaimana kalian tidur dan kalain akan dibangkitkan sebagaimana kalian bangun dari tidur. Sungguh kalain akan dihisab (dimintai pertanggung jawaban) terhadap apa yang kalian lakukan. Sesungguhnya yang ada hanya Surga yang abadi atau Neraka yang kekal.”

Kemudian Abu Thalib berkomentar, “Alangkah senangnya kami membantumu,  menerima nasihatmu, dan sangat membenarkan kata-katamu. Mereka yang merupakan suku-suku dari pihak bapakmu telah berkumpul. Sesungguhnya aku hanyalah salah seorang dari mereka, namun aku adalah orang yang paling cepat menghormati  apa yang Engkau inginkan. Oleh karena itu, teruskan apayang telah diperintahkan kepadamu. Demi Allah! Aku akan senantiasa melindungi dan membelamu, hanya saja diriku tidak memberikan cukup keberanian kepadaku untuk berpisah dengan agama Abdul Muthalib.

Ketika itu, Abu Lahab berkata “Ini merupakan benar-benar aib yang besar. Ayo cegahlah dia sebelum orang lain yang turun tangan mencegahnya!”

Abu Thalib menjawab, “Demi Allah! Sungguh selama kami masih hidup, kami akan membelanya.”

              1. Dakwah Nabi Muhammad Pada Periode Madinah

Berawal dari respon orang-orang Yastrib yang datang ke Makkah pada bulan haji terhadap seruan Nabi, juga tidak terlepas dari pribadi Nabi yang dikenal sebagai orang yang tak pernah berbohong. Keberhasilan dakwah Nabi dapat dilihat pada sikap orang-orang Yastrib di perjanjian Aqabah I dan II, di mana mereka mau mengubah sikap dan perilaku mereka, bahkan bersedia menjadi pelindung Nabi. Dalam mewujudkan semua ini, Nabi menempuh langkah-langkah dakwah sebagai berikut:

              • Membangun Masjid

Ketika Rasulullah ﷺ masuk Madinah, penduduk Madinah yang sudah memeluk Islam (kaum Anshar) banyak yang mengundang serta menawarkan rumah untuk beristrahat. Setelah Nabi sampai di tanah milik kedua orang anak yatim bernama Sahal dan Suhail keduanya anak Amr bin Amarah di bawah asuhan Mu‟adz bin „Afra, berhentilah unta yang ditunggangi Nabi, kemudian beliau dipersilahkan oleh Abu Ayub Anshari untuk tinggal di rumahnya.

Setelah beberapa bulan nabi di situ maka beliau membangun Masjid Nabawi pada sebuah tanah milik kedua anak yatim tersebut, tanah itu dibeli oleh Nabi untuk pembangunan masjid, juga untuk tempat tinggal. Masjid yang dibangun tersebut berfungsi sebagai tempat melaksanakan ibadah shalat. Masjid juga sebagai sarana penting untuk mempersatukan kaum muslimin dan mempererat ikatan di antara mereka, di samping sebagai tempat bermusyawarah merundingkan masalah-masalah yang dihadapi, masjid pada masa Nabi bahkan juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan

              • Menciptakan Persaudaraan Baru

Kaum muslimin yang berhijrah dari Makkah ke Madinah disebut “Muhajirin” dan kaum muslimin penduduk Madinah disebut “Anshor”. Kaum muslimin Makkah yang berhijrah ke Madinah banyak menderita akibat kemiskinan, karena harta benda dan kekayaan mereka ditinggalkan di Makkah, di waktu mereka berhijrah ke Madinah melarikan agama dan keyakinan yang mereka anut. Nabi Muhammad ﷺ menciptakan persaudaraan baru antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshor. Ali ibn Abi Thalib dipilih menjadi saudara Nabi sendiri. Abu Bakar disaudarakan dengan Kharijah ibnu Zuhair. Ja‟far ibnu Abi Thalib dengan Mu‟az ibnu Jabal. Rasulullah ﷺ telah mempertalikan keluarga-keluarga Islam. Masing-masing keluarga mempunyai pertalian yang erat dengan keluarga-keluarga yang banyak, karena ikatan persaudaraan yang dibuat oleh Rasulullah ﷺ.

              • Perjanjian dengan Masyarakat Yahudi Madinah

Setelah mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan Anshor, selanjutnya Nabi menjalin hubungan antara kaum muslim dengan golongan Yahudi penduduk Madinah. Jalinan hubungan ini terwujud dalam bentuk perjanjian atau undang-undang yang kemudian dikenal sebagai “Piagam Madinah” yang ditulis pada tahun 623 M atau tahun ke-2 H. Di antara dictum perjanjian paling penting adalah sebagai berikut:

              • Kaum Muslimin dan kaum Yahudi hidup secara damai, bebas memeluk dan menjalankan ajaran agamanya masing-masing
              • Orang-orang Yahudi berkewajiban memikul biaya mereka sendiri, dan kaum Muslimin wajib memikul biaya mereka sendiri
              • Apabila salah satu pihak diperangi musuh, maka mereka wajib membantu pihak yang diserang
              • Di antara mereka saling mengingatkan, dan saling berbuat kebaikan, serta tidak akan saling berbuat kejahatan
              • Kaum muslimin dan Yahudi wajib saling menolong dalam melaksanakan kewajiban untuk kepentingan bersama
              • Bumi Yastrib menjadi tanah suci karena naskah perjanjian ini
              • Nabi Muhammad ﷺ adalah pemimpin umum untuk seluruh penduduk Madinah. Bila terjadi perselisihan di antara kaum Muslimin dengan kaum Yahudi, maka penyelesaiannya dikembalikan kepada Nabi sebagai pemimpin tertinggi di Madinah.
              • Pembangunan Pranata Sosial dan Pemerintahan

Madinah adalah wilayah pertanian yang dihuni oleh berbagai klan. Madinah tidak dihuni oleh kesukuan yang tunggal. Namun berbeda dengan Makkah, Madinah merupakan perkampungan yang diributkan oleh permusuhan yang sengit dan anarkhis antara kelompok kesukuan yang terpandang –Suku Aws dan Khazraj. Permusuhan yang berkepanjangan mengancam keamanan rakyat kecil dan menyebabkan timbulnya permasalahan eksistensi Madinah. Berbeda dengan masyarakat Badui, masyarakat Madinah telah hidup saling bertetangga dan tidak berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Perbedaan lainnya dengan Makkah, Madinah senantiasa mengalami perubahan sosial yang meninggalkan bentuk kemasyarakatan absolut model Badui. Kehidupan sosial Madinah secara berangsur-angsur diwarnai oleh unsur kedekatan ruang daripada oleh sistem kekerabatan.

Islam di Madinah bukan hanya sebuah agama, tetapi juga mengatur Negara. Karena masyarakat Islam telah terwujud, maka menjadi suatu keharusan Islam untuk menentukan dasar-dasar yang kuat bagi masyarakat yang baru terwujud tersebut. Sebab itu ayat-ayat al-Quran yang diturunkan dalam periode ini terutama ditujukan kepada pembinaan hukum. Ayat-ayat yang diturunkan itu diberi penjelasan oleh Rasulullah ﷺ.

 

Penulis : Khaerul Anam

Sumber : Sirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad ﷺ dari Kelahiran hingga Detik-detik Terakhir oleh Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit Darul Haq, 2001

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

RAJIN SHOLAT TAPI SERING NONTON FILM PORNO?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh Hallo sahabat semua, sejatinya penulis juga sedang belajar agar sama-sama dijauhkan dari hal-hal yang bisa menjauhkan diri ini dengan Allah, maka teruslah berusaha sesungguhnya ampunan Allah itu amat luas. Tulisan kali ini tentang “Rajin Sholat Tapi Sering Nonton Film Porno?, hmm itu bagaimana ya?? Seakan-akan ia taubat namun lagi-lagi melakukan […]

DULUAN MANA, BERHIJAB DULU ATAU UBAH SIKAP DULU?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh Di zaman yang pernah lika-liku ini, banyak orang untuk berpikir berhijab dulu atau ubah sikap dulu? Padahal keduanya sudah sangat jelas, hijab adalah hal yang wajib dan mengubah sikap pun tak kalah wajibnya, sudah semsestinya dua hal tersebut beriringan bukan malah menjadi bahan pertanyaan mana yang lebih dulu dikerjakan. Dari […]

DI BALIK SUNNAH MAKAN DENGAN TIGA JARI

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh Ketika kita mencintai seseorang maka salah satu bentuk bahwa kita benar mencintai ialah segala yang dilakukan akan kita usahakan dituruti, lalu sudahkah kita benar-benar mencintai baginda nabi Muhammad shallalalahu ‘alaihi wa sallam?, maka tulisan ini pun semoga menjadi bukti bahwa benarlah diri ini mencintai sang Murabbi tercinta. Mari sedikit demi […]

MENGENAL LEBIH JAUH IBNU RUSYD, DOKTER JENIUS DARI ANDALUSIA

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahhi Wa barokatuh…       Ibnu Rusyd (Abu Al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd, 1126-11 Desember 1198), adalah seorang filsuf dan pemikir dari Al-Andalus yang menulis di berbagai bidang antara lain : Filsafat, Akidah atau teotologi Islam, Kedokteran, Astronomi, Fisika, Fikih atau hukum Islam, dan, Linguistik Ibnu Rusyd lahir pada tahun 1126M/520H di Kordoba, […]

KHITANAN PADA WANITA, WAJIB ATAU SUNNAH?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, nah loh kali ini tulisan ini berisikan Khitanan pada wanita, wajib atau sunnah?, kira-kira apa ya? Bismillah, dibaca aja langsung ya, semoga bermanfaat. Berkhitan atau sunat itu sendiri adalah memotong kulit yang menutupi kepala/ujung kemaluan bagi laki-laki dan memotong kulit bagian atas kemaluan bagi perempuan. (Lihat Shohih Fiqh Sunnah,I/98). Berkhitan […]

JANGAN BUNUH DIRIMU, ALLAH MASIH SAYANG

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, Semakin hari zaman semakin mengerikan, emosi orang semakin memuncak, salah sedikit lansung naik darah, hingga melewati yang namanya evaluasi diri atau mungkin menanyakan di mana letak kesalahannya. Tak hanya itu, pada zaman milineal, zamannya tekhnologi yang begitu dahsyat, bisa membuat orang menjadi gila bahkan rela menyiksa dirinya hingga hilang nyawa. […]

HIKMAH PROSES PERSALINAN MARYAM BINTI IMRAN

Assallamu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, sudah tahu belum kisah wanita suci yang sangat sabar??? Tahu gak? Yup, bunda Maryam binti Imran, kira-kira ada yang tahu gak niih proses persalinannya bagaimana? Lalu, hikmahnya apa saja??? Hayo-hayo, daripada nebak-nebak gak jelas, mending yuk sama-sama simak tulisan kali ini, terus dibaca yaa sampai selesai, semoga bermanfaat. Hikmah Proses […]

DOKTER MELIHAT AURAT LAWAN JENIS KETIKA MEMERIKSA, BOLEHKAH?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, kali ini kita akan membahasa perihal dokter, kira-kira niih apakah dokter boleh melihat aurat lawan jenis ketika memeriksa pasiennya?? Hmmm bolehkah?, jika boleh apa saja aturannya, yuuk terus simak tulisan ini sampai selesai ya, semoga bermanfaat. Dokter melihat aurat lawan jenis ketika memeriksa, bolehkah???, mari kita batasi dulu pembahasan kita […]

MASUK NERAKA LEWAT JALUR SNMPTN

Assallammu’alaikum  Warohmatullahi Wabarokatuh, hari ini kita akan membahas tentang “Masuk Neraka Lewat Jalur SNMPTN” … Nah loh kira-kira ada yang berminat??? Saya harap tidak ada yang berminat yaaa,tapi sebelumnya tahu gak niih masuk Neraka lewat jalur SNMPTN ini bagaimana?, biar nggak penasaran yuuk simak terus ya tulisan ini , Dalam Islam  neraka adalah seburuk-buruknya tempat […]

AUTO MASUK SURGA, EMANG PUNYA ORANG DALAM?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Alhamdulillah hari ini masih selalu diberikan kesehatan sehingga hari ini dapat menulis kembali, semoga apa yang ditulis hasilnya dapat bermanfaat baik bagi penulis dan pembaca. Mari kita sama-sama luruskan niat-niat kita agar tetap hanya mengaharap ridho dan berkah Allah SWT. aamiin. Auto masuk Surga, emang situ punya orang dalam? Hayoo punya gak […]

INVESTASI DOSA ATAU PAHALA?

Investasi dosa?Atau pahala? … Hmmm dari kedua pilihan tersebut, sudah tentu yang dipilih adalah Investasi PAHALA,  bagi orang-orang yang berpikir, dan tentu bagi mereka yang sangat takut dengan dahsyatnya ancaman siksa neraka. Nah dirimu, pilih apa? pilih DIA?  Ya, DIA…Siapa?  Yaitu ALLAH. Masya Allah, semoga kita semua tergolong orang-orang yang selalu berharap dan berupaya meraih […]

“PENYESALAN SEORANG AHLI SYURGA”

Assallammu’alaikumWarohmatullahiWabarokatuh, Penyesalan seorang ahli Syurga, apakah benar seorang ahli Syurga menyesal?, kalau menyesal, apa yang disesalinya,?, padahalkan di Syurga nikmat Allah sungguh melimpah, hal ini jelas diterangakan dalam hadist Riwayat Muslim, bahwa Rasulullah Shallallahua’laihiwasallam bersbda “Barang siapa yang masuk surga, ia akan diberikan kenikmatan tanpa ada kesusahan, tidak menjadi usang atau lusuh baju ( yang dipakainya), […]

Wajib gak sih taat kepada pemimpin?

Pemimpin memiliki tanggung jawab besar dalam mengatur kemaslahatan umat, menjaga eksistensi agama, dan juga menjalankan pemerintahan sesuai dengan syariat agama. Besarnya tanggung jawab yang dipikul oleh pemimpin inilah yg mewajibkan seluruh umat muslim untuk menaati para pemimpin, seperti isi dalam hadist berikut:مَنْ بَايَعَ إِمَامًا فَأَعْطَاهُ صَفْقَةَ يَدِهِ وَثَمَرَةَ قَلْبِهِ فَلْيُطِعْهُ مَا اسْتَطَاعَ ، فَإِنْ جَاءَ […]

SATU DETIK yang BERHARGA

Assallammu’alaikumwarohmatullahiwabarokatuh, Alhamdulillah selalu kita panjatkan puja dan puji syukur kita terhadap Allah SWT. yang selalu dan senantiasa memberikan nikmat sehat dan sempat, kedua kalinya tak lupa kita haturkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar kita yakni nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihiwasallam yang telah bersusah payah dan tak kenal hentimengabdikandiriyakepada Allah SWT. sehingga agama Allah bisa […]

JANGAN PERNAH PUTUS ASA DALAM BERDOA

Allâh Azza wa Jalla berfirman: وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].gi Imam Sufyan ats-Tsauri rahimahullah mengatakan bawha makna ayat […]

Setiap amalan tergantung pada niat

Dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليه .ِ“Sesungguhnya setiap amalan […]

Kebiasaan sebelum dan setelah bangun tidur Rasulullah

dari Hudzaifah bin Al Yaman berikut ini. Beliau radhiallahu ‘anhu mengatakan: كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ إذا أخذ مضجعه من الليلِ قال : ( اللهم باسمك أموت وأحيا ) . فإذا استيقظ قال : ( الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ ) “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berbaring di tempat berbaringnya […]

“Semangat Menuntut Ilmu”

ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة “Barangsiapa yang berjalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim). Ilmu adalah perkara yang sangat penting dalam kehidupan. Ketika manusia hidup di dunia dia membutuhkan ilmu pengetahuan. Maka dari itulah, kemuliaan seseorang terletak pada ilmu yang dia […]

Keutamaan Bersedekah

Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntungan, keutamaan, kemuliaan orang-orang yang bersedekah. Diantara keutamaan bersedekah antara lain: Sedekah dapat menghapus dosa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614) Diampuninya dosa di […]

TANTANGAN DAKWAH DI ERA MILENIAL

Assallammu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh… Marilah kita bersyukur kepada Allah ‘Azza wa Jalla atas nikmat dan kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita semua, sehingga Alhamdulillah anda bisa membaca artikel ini dan saya pun Alhamdulillah masih bisa diberikan  kesempatan  untuk menulis artikel ini, kedua kalinya tak lupa kita haturkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi […]

BIOGRAFI SINGKAT ILMUWAN DOKTER MUSLIM YANG MEMILIKI PENGARUH BESAR TERHADAP ILMU PENGETAHUAN

Assallammu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh, halo sahabat iman, terkhusus untuk sahabat kedokteran, kali ini kita akan membahas tentang biografi singkat dari ilmuwan kedoteran yang memiliki pengaruh besar terhadap ilmu pengetahuan, kira-kira sudah pada tahu belum niih??? Langung aja yuk simak tulisan berikut ini. Islam pernah mengalami kejayaan pada era 780M- 1258 M. Pada masa ini para ilmuwan memberikan banyak […]

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

KADAR SEMANGAT IBADAH MASIH NAIK TURUN? APA YANG SEBAIKNYA YANG PERLU DIKOREKSI?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh… Saudaraku… Dalam beribadah seringkali kita mengalami gundah gulana, kadang kala kita semangat, kadang kalapun lemas melemas menjadi malas. Wajarkah? Hmmmm wajar-wajar saja karena kita manusia, yang memilliki kadar keimanan yang naik turun, hal ini dijelaskan dalam dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 22 yang artinya “Dan itulah yang menambah iman mereka dan ketundukan”(Qs. […]

“Tips Tubuh Sehat dan Bugar Selama Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan”

Bulan Ramadhan merupakan momentum yang selalu ditunggu-tunggu dengan penuh kegembiraan oleh umat Islam. Namun pada tahun ini, tak seperti tahun – tahun sebelumnya karena momentum bulan puasa masih diselimuti oleh wabah COVID-19. Adanya bencana wabah ini seyogyanya tidak akan mengubah semangat umat Islam untuk menyambut bulan Ramadhan dengan sukacita. Mengapa? Karena pada bulan mulia dan […]

Healthy yet Beautiful Infused Water

            Agama Islam telah mengatur dengan jelas makanan atau minuman apa saja yang bisa kita konsumsi yang dimana hal tersebut harus memiliki keterangan halal sehingga apapun yang kita konsumsi bisa memberi pengaruh yang baik terhadap apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus tahu kehalalan nya mulai dari bahannya, cara memperolehnya, sampai dengan cara […]

Event SKI Asy-Syifa

no event