SKI Asy-Syifa

News

Penyaluran Bantuan Gempa Lombok melalui FK Unram

Penyaluran Bantuan Gempa Lombok melalui FK Unram

Duka menyelimuti pulau Lombok. Pada akhir juli dan awal agustus, pulau seribu masjid ini diguncang gempa dengan kekuatan besar yaitu 6.4 SR dan 7.0 SR. Gempa susulan pun terjadi berulangkali setelah gempa utama tersebut. Beberapa rumah warga dan infrastruktur rusak, korban berjatuhan akibat tertimpa bangunan, keadaan memprihatinkan warga yang tinggal di pengungsian, dan keadaan lain yang semakin memepersulit kelangsungan hidup warga lombok.

Bantuan pun terus berdatangan dari seluruh penjuru negeri. Fakultas Kedokteran Unram sendiri sebagai institusi yang berdiri di tanah Lombok terjun langsung untuk menyampaikan bantuan kepada para korban terdampak gempa. Bantuan di fokuskan untuk daerah yang terdampak paling parah yaitu Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara. Bantuan yang diberikan berupa dalam bantuan tenaga medis, logistik dan transportasi menuju ke daerah terdampak paling parah, yaitu di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara dan tentunya bantuan berupa donasi. Rekening donasi menjadi satu pintu dengan atas nama yang terlibat yaitu IDI Kota Mataram, Ikatan Alumni FK Unram, Ormawa /UKF/ Club FK Unram (termasuk BEM ,TBM, SKI).

Donatur yang turut berpartisipasi berasal dari berbagai pihak. Pihak panitia membuat dan menyebarkan  pamflet atas nama ormawa di FK unram. Alhasil banyak donatur yang masuk berasal dari BEM universitas lain, TBM unit lain dan beberapa komunitas setempat yang sudah menggalang donasi dan akhirnya disalurkan ke FK Unram untuk kemudian di berikan kepada korban terdampak gempa pada daerah Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara.

Fokus utama para relawan dari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dalam turun tanggap bencana yaitu memenuhi kebutuhan medis. Beberapa obat – obatan dan alat – alat medis disediakan untuk memenuhi kebutuhan  medis di area pengungsian. Selanjutnya, masalah MCK dan air bersih juga mendapat perhatian khusus dari para relawan. Beberapa kebutuhan pokok seperti sembako dan popok juga disediakan untuk jangka pendeknya. Selanjutnya pihak relawan FK Unram berencana memberikan bantuan kepada pihak yang sedang fokus membangun kembali shelter/ rumah kecil dan fasilitas umum lainya untuk memeperlancar proses rekonstruksi kembali daerah terdampak gempa, utamanya daerah Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur.

Beberapa kendala tentu dijumpai saat penyampaian bantuan. Pelaporan dan pencatatan adalah dua kendala utama yang ditemui. Hal iini, disebabkan karena masalah transaksi pada saat pengambilan uang donasi yang dinilai cukup rumit dan berdampak pada proses pendataaan. Masalah laiin yang muncul adalah ketika beberapa institusi meminta laporan khusus tentang penggunaan uang mereka bahkan ada yang meminta laporan tiap hari tentang penggunaan uang donatur, sehingga juga berdampak pada rumitnya pendataan.

Dengan adanya masalah – masalah tersebut, beberapa evaluasi dilakukan untuk memperbaiki kinerja para relawan FK UNRAM sehingga lebih baik kedepanya. Hal yang menjadi perhatian utama adalah tentang koordinasi antar pihak yang semakin dimatangkan sehingga tidak terjadi kesalah  pahaman. Kemudian dalam hal pengelolaan uang donasi juga harus diperbaiki sistemnya sehingga dana yang terkumpul dapat tersalurkan dan bermanfaat secara penuh bagi korban terdampak bencana.

Oleh                 : Muhammad Alfaridzi

Narasumber      : Muhammad Bagus Ferdiawan (2016) – Salah satu mahasiswa kedokteran yang termasuk dalam tim tanggap benca FK Unram

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Kegiatan Kesmas Al-Wafi 2018

Transfusi darah adalah kegiatan dalam membantu penyembuhan manusia ketika kadar darah dalam tubuh dibawah yang seharusnya. Menyumbangkan darah kepada orang lain yang amat membutuhkannya menurut kesepakatan para ahli fikih termasuk dalam kerangka tujuan syariat Islam, yaitu menghindarkan salah satu bentuk kemudaratan yang akan menimpa diri seseorang. Meskipun pada hakikatnya darah yang dikeluarkan dari tubuh manusia […]

7 Cara Menenangkan Hati

Selama manusia hidup, kesenangan dan kesedihan selalu bergantian mengisi hari-hari. Permasalahan yang terus-menerus datang, baik itu ringan maupun berat, akan memberikan dampak pada hati seseorang. Ketika dihadapkan dengan masalah, manusia sering menghindarinya. Namun, dengan menghindari masalah yang dimiliki, hati akan merasa tidak tenang. Dalam Islam, kita diajarkan cara untuk membuat hati menjadi tenang dan selalu […]

Tutur Kata yang Baik

Saudaraku.. Mungkin dari kita sering atau suka menggunakan kata-kata yang tidak baik. Kata dusta. Kata hinaan. Serta ujaran kebencian. Kata-kata tersebut diucapkan baik saat bercanda, atau sedang serius, marah, dan sebagainya. Ada pula yang mengatakannya demi memuaskan diri saja. Atau ingin menjatuhkan suatu tokoh yang terkenal. Wahai saudaraku, apakah baik sikap muslim seperti itu ? […]

Event SKI Asy-Syifa

no event