SKI Asy-Syifa

Figure

Mengenal Lebih Dekat Sosok Dekan FK UNRAM dr. Hamsu Kadriyan

Mengenal Lebih Dekat Sosok Dekan FK UNRAM dr. Hamsu Kadriyan

“dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL, M.Kes”

Hamsu Kadriyan adalah salah satu dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram sejak tahun 2001, dan juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram periode 2015-2018. Ia lahir di Puncasari tanggal 25 Mei 2013, dan saat bertempat tinggal di Jalan Jendral Sudirman nomor 9C,  Kota Mataram. Ia memiliki istri yang bernama Baiq Endang Suprihartini dan dikarunai tiga orang anak, Hizrian Rizkika Batartu, Hizrian Zikri Hamdi, dan Hizrian Ilman Ilyasa.

Dokter yang memiliki motto hidup “dengan pendidikan yang baik kita bisa mengubah kehidupan” ini, menyelesaikan pendidikan di SDN 2 Sandik (1979-1985), SMPN 3 Mataram (1985-1988), SMAN 1 Mataram (1988-1991), Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (1991-1998), Magister Ilmu Kedokteran Klinis Universitas Gadjah Mada (2002-2006), dan spesialis THT-KL Universitas Gadjah Mada (2002-2006).

Sebagai seorang dokter, ia juga melakukan beberapa penelitian dan menulis artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal. Judul penelitiannya antara lain, Skreening Pendengaran pada Bayi Resiko Tinggi yang Dirawat di RSU Provinsi NTB (2008), Pola Kuman pada Pasien Otitis Media Kronik yang Berobat di Poliklinik THT RSUP NTB (2010), Identifikasi Biofilm pada Bakteri Pseudomonas aeruginosa Pasien Otitis Media Kronik di RSUP NTB (2010), Model Pariwisata Kesehatan Tradisional sebagai Salah Satu Metode Diversifikasi Wisata di Pulau Lombok (2012), dan Model Pariwisata Kesehatan Tradisional sebagai Salah Satu Metode Diversifikasi Wisata di Pulau Lombok (tahun kedua) (2013).

Beberapa artikel ilmiah yang bernah ia tulis, yaitu Noise level in some important places in Lombok (2010), Presented in World Conference on cultured, education and science, Jogjakarta; Tingkat kebisingan di sekitar bandara selaparang dan bandara internasional Lombok sebagai bagian dari upaya pencegahan dampak kebisingan (2010) dalam jurnal ORIZA; Local wisdom in Health Delivery in West Nusa Tenggara (2010), Poster presentation in International conference on economic, environment and cultural forum, Mataram; Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Pasien Tinitus di RSUP NTB (2012) dalam Jurnal Kedokteran Mataram; Evaluasi Kasus Angiofibrom Nasofaring di RSUD Provinsi NTB selama 9 Tahun (2015); Diving Related Illness, The Need of Comprehensive Treatment in Lombok (2015), dalam International seminar on Tropical Tourism; Evaluation of comprehensive medical care to diving-related illness in Lombok (2015) dalam International seminar on Tropical Tourism.

Sebelum menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Hamsu Kadriyan pernah menjadi dokter di Puskesmas Kopang, Lombok Tengah (1998-1999); Kepala Puskesmas Kopang, Lombok Tengah (1999-2001); dan Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Unram (2010-2015).

Selain aktif di bidang akademik, Hamsu Kadriyan juga aktif dalam berorganisasi dan berkegiatan sosial. Ia pernah menjadi anggota Pusar Kajian Kebijakan Publik (2008-2010), anggota bidang kesehatan Dewan Riset Daerah NTB (2010-sekarang), Ketua Komisi Etika Penelitian Kedokteran (2012-2015) dan Ketua Sentra P3T Provinsi NTB (2012-sekarang).

Pandangannya terhadap kegiatan nonakademik mahasiswa adalah kegiatan tersebut merupakan tindakan penunjang yang sangat penting disamping kegiatan akademik. Namun, beliau berpesan agar mahasiswa jangan sampai terlalu larut di dalam kegiatan nonakademik sampai melupakan pendidikan utamanya. Menurut beliau, SKI Asy Syifa merupakan salah satu kegiatan mahasiswa yang mampu meningkatkan etika, moral, rasa cinta terhadap sesama saudara, serta sebagai ajang untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa, misalnya ketika  penyuluhan dan bakti sosial.

Satu tanggapan untuk “Mengenal Lebih Dekat Sosok Dekan FK UNRAM dr. Hamsu Kadriyan”

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Dibalik Kebaikan Donor Darah

  donor/do·nor/ n  1 penderma; pemberi sumbangan; 2 penderma darah (yang menyumbangkan darahnya untuk menolong orang lain yang memerlukan): — darah. Donor darah merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Darah yang telah didonorkan ini kemudian akan ditransfusikan kepada orang yang membutuhkan. Transfusi darah bertujuan untuk mengembalikan darah yang hilang misalnya saat operasi atau pada cedera parah. […]

Api yang Berbeda

Ya dia adalah Bilal, seseorang yang sontak membuat geger penyelenggaraan Ospek waktu itu. bagaimana tidak, dia satu-satunya maba yang berani menentang senior, karena sikap senior yang tidak bisa diterima. Di saat kami dimarah-marah oleh senior, kami hanya bisa diam dan menundukkan kepala, tetapi tidak dengan dia, dia berani mengatakan salah jika salah dan menunjukkan benar […]

Seluk Beluk Sel Darah dan Keunikan disetiap Komponennya

Oleh Muhammad Alfaridzi   إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) […]

Event SKI Asy-Syifa

no event