SKI Asy-Syifa

Figure

Mengenal Lebih Dekat Sosok Dekan FK UNRAM dr. Hamsu Kadriyan

Mengenal Lebih Dekat Sosok Dekan FK UNRAM dr. Hamsu Kadriyan

“dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL, M.Kes”

Hamsu Kadriyan adalah salah satu dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram sejak tahun 2001, dan juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram periode 2015-2018. Ia lahir di Puncasari tanggal 25 Mei 2013, dan saat bertempat tinggal di Jalan Jendral Sudirman nomor 9C,  Kota Mataram. Ia memiliki istri yang bernama Baiq Endang Suprihartini dan dikarunai tiga orang anak, Hizrian Rizkika Batartu, Hizrian Zikri Hamdi, dan Hizrian Ilman Ilyasa.

Dokter yang memiliki motto hidup “dengan pendidikan yang baik kita bisa mengubah kehidupan” ini, menyelesaikan pendidikan di SDN 2 Sandik (1979-1985), SMPN 3 Mataram (1985-1988), SMAN 1 Mataram (1988-1991), Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (1991-1998), Magister Ilmu Kedokteran Klinis Universitas Gadjah Mada (2002-2006), dan spesialis THT-KL Universitas Gadjah Mada (2002-2006).

Sebagai seorang dokter, ia juga melakukan beberapa penelitian dan menulis artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal. Judul penelitiannya antara lain, Skreening Pendengaran pada Bayi Resiko Tinggi yang Dirawat di RSU Provinsi NTB (2008), Pola Kuman pada Pasien Otitis Media Kronik yang Berobat di Poliklinik THT RSUP NTB (2010), Identifikasi Biofilm pada Bakteri Pseudomonas aeruginosa Pasien Otitis Media Kronik di RSUP NTB (2010), Model Pariwisata Kesehatan Tradisional sebagai Salah Satu Metode Diversifikasi Wisata di Pulau Lombok (2012), dan Model Pariwisata Kesehatan Tradisional sebagai Salah Satu Metode Diversifikasi Wisata di Pulau Lombok (tahun kedua) (2013).

Beberapa artikel ilmiah yang bernah ia tulis, yaitu Noise level in some important places in Lombok (2010), Presented in World Conference on cultured, education and science, Jogjakarta; Tingkat kebisingan di sekitar bandara selaparang dan bandara internasional Lombok sebagai bagian dari upaya pencegahan dampak kebisingan (2010) dalam jurnal ORIZA; Local wisdom in Health Delivery in West Nusa Tenggara (2010), Poster presentation in International conference on economic, environment and cultural forum, Mataram; Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Pasien Tinitus di RSUP NTB (2012) dalam Jurnal Kedokteran Mataram; Evaluasi Kasus Angiofibrom Nasofaring di RSUD Provinsi NTB selama 9 Tahun (2015); Diving Related Illness, The Need of Comprehensive Treatment in Lombok (2015), dalam International seminar on Tropical Tourism; Evaluation of comprehensive medical care to diving-related illness in Lombok (2015) dalam International seminar on Tropical Tourism.

Sebelum menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Hamsu Kadriyan pernah menjadi dokter di Puskesmas Kopang, Lombok Tengah (1998-1999); Kepala Puskesmas Kopang, Lombok Tengah (1999-2001); dan Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Unram (2010-2015).

Selain aktif di bidang akademik, Hamsu Kadriyan juga aktif dalam berorganisasi dan berkegiatan sosial. Ia pernah menjadi anggota Pusar Kajian Kebijakan Publik (2008-2010), anggota bidang kesehatan Dewan Riset Daerah NTB (2010-sekarang), Ketua Komisi Etika Penelitian Kedokteran (2012-2015) dan Ketua Sentra P3T Provinsi NTB (2012-sekarang).

Pandangannya terhadap kegiatan nonakademik mahasiswa adalah kegiatan tersebut merupakan tindakan penunjang yang sangat penting disamping kegiatan akademik. Namun, beliau berpesan agar mahasiswa jangan sampai terlalu larut di dalam kegiatan nonakademik sampai melupakan pendidikan utamanya. Menurut beliau, SKI Asy Syifa merupakan salah satu kegiatan mahasiswa yang mampu meningkatkan etika, moral, rasa cinta terhadap sesama saudara, serta sebagai ajang untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa, misalnya ketika  penyuluhan dan bakti sosial.

Satu tanggapan untuk “Mengenal Lebih Dekat Sosok Dekan FK UNRAM dr. Hamsu Kadriyan”

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Penyaluran Bantuan Gempa Lombok melalui FK Unram

Duka menyelimuti pulau Lombok. Pada akhir juli dan awal agustus, pulau seribu masjid ini diguncang gempa dengan kekuatan besar yaitu 6.4 SR dan 7.0 SR. Gempa susulan pun terjadi berulangkali setelah gempa utama tersebut. Beberapa rumah warga dan infrastruktur rusak, korban berjatuhan akibat tertimpa bangunan, keadaan memprihatinkan warga yang tinggal di pengungsian, dan keadaan lain […]

Webinar Bedah Buku “Islam, Sains, dan Kesehatan” karya dr. M. Saifudin Hakim dkk di FK Unram

Pernahkah kita membaca atau mendengar suatu hal yang dikaitkan dengan ajaran Islam dan sains? Banyak yang berdecak kagum ketika hal yang berlabel “islami” dapat dihubungkan dengan sains walaupun itu hanya opini. Doktor dokter Saifudin Hakim dkk menulis sebuah buku yang sangat informatif dan edukatif baik untuk kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Buku ini khususnya membahas […]

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Air zamzam  mendatangkan khasiat dengan niat untuk apa air itu diminum”. (HR. Ibnu Majah) Ibnu Abbas radhiallahu anhu menambahkan dalam riwayatnya, “Air zamzam memenuhi tujuan untuk apa ia diminum; jika engkau meminumnya dengan niatan untuk menyembuhkan penyakitmu, Allah akan menyembuhkan penyakitmu dan jika […]

Event SKI Asy-Syifa

no event