SKI Asy-Syifa

Health

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Madu merupakan cairan manis alami berasal dari nectar tumbuhan yang diproduksi oleh lebah madu. Lebah madu mengumpulkan nectar madu dari bunga mekar, cairan tumbuhan yang mengalir di dedaunan, kulit pohon dan kadang-kadang dari madu embun. Nektar mengandung air (50-90%), glukosa, fruktosa, sukrosa, protein, asam amino, karoten, vitamin, minyak serta mineral esensial yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan madu embun merupakan zat manis yang lengket seperti tetesan embun di atas daun dan kulit pohon yang dihasilkan oleh berbagai jenis serangga yang mengisap cairan tumbuhan. Lebah madu biasanya mengumpulkan madu embun jika nectar yang ada tidak mencukupi.

Sejak zaman dahulu, madu dikenal dengan berjuta khasiatnya bahkan Al-Qur’anpun menjelaskan manfaat lebah dan produknya sebagai penyembuh berbagai macam penyakit yang dijelaskan dalam surat An-Nahl ayat 68-69 berikut :

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (68) ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (69)

Artinya:

Dan Tuhamu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.” (16: 68). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (16: 69)

Di dunia kesehatanpun madu dikenal dengan banyak khasiatnya. Jauh sebelum dunia kedokteran berkembang pesat, madu sudah dipercaya banyak orang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penelitian medis juga menjelaskan bahwa khasiat madu memang sangat mujarab. Adapun manfaat madu sebagai berikut:

  1. Pengganti gula

Madu lebih menyehatkan dibandingkan gula yang biasanya kita gunakan. Untuk menambahkan rasa manisnya, madu bisa dicampur dengan susu. Campuran susu dan madu tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

 

  1. Sumber vitamin dan mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin c, kalsium, dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

  1. Sumber antioksidan

Madu mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan ini dapat memberikan manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Bahkan salah satu antioksidan yaitu pinocembrin hanya ditemukan pada madu, antioksidan ini dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda

  1. Mengandung zat antibiotik

Madu mengandung antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Madu dapat menyembuhkan beberapa penyakit infeksi jika dikonsumsi secara teratur seperti batuk, demam, penyakit jantung, gangguan hati, paru-paru penyakit yang dapat mengganggu fungsi mata, saraf dan telinga dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Madu juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan lecet. Madu juga dapat membantu ginjal dan usus untuk bekerja lebih baik.

  1. Mengandung asam organik

Madu juga mengandung asam organik seperti glikolat, asam format asam laktat, asam sitrat asam asetat, asam oksalat, asam malat dan asam tartarat yang bermanfaat bagi metabolism tubuh manusia. Kandungan laktobasilin dari asam laktat yang kandung madu juga dapat menghambat pertuumbuhan sel kanker dan tumor

Begitu banyak manfaat yang dihasilkan oleh madu seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Quran surat An- Nahl ayat 68-69. Hal tersebut membuktika betapa besanya kekuasaan allah swt. Nabi bersabda : “ tidaklah allah turunkan penyakit kecuali allah turunkan pula obatnya” (HR. Al-Bukhari no. 5678 ).

 

Daftar Pustaka

Sakri, F. M., 2015. Madu Dan Khasiatnya Suplemen Sehat Tanppa Efek Samping. Yogyakarta :

Diandara Pustaka Indonesia

Suranto, A., 2007. Terapi Madu. Jakarta : Penebar Swadaya

http://indonesian.irib.ir/islam/al-quran/item/84570-tafsir-al-quran-surat-an-nahl-ayat-66-69

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Taaruf vs Pacaran Part I

Oleh : Ustadz Usman, M.Pd.I   Pacaran itu tidak ada ditemukan di dalam Al-Qur’an, hadits, bahkan dalam Bahasa Arab. Tidak ada satu kata yang konotasinya merujuk kepada pacaran. Yang ada di dalam Al-Qur’an dan hadits itu cinta. Pacaran itu menjalin hubungan dengan lawan jenis tanpa ikatan resmi, yang di dalamnya ada berpegangan tangan, berkhalwat, dan […]

Mabit SKI 2017 di Narmada, Lombok Barat

Pada tanggal 9-10 Desember 2017 telah dilaksanakan MABIT / Malam Bina Iman & Taqwa 2017 di Narmada, Lombok Barat.

Sirkumsisi Massal di Masjid Al Haq Ampenan

Pada hari minggu, 3 desember 2017, dilaksanakan sirkumsisi massal di Masjid Al-Haq, Lingkungan Otak Desa Selatan, Ampenan.

Event SKI Asy-Syifa

no event