SKI Asy-Syifa

Figure

Kontribusi Ilmu Bedah Al-Zahrawi dari Cordoba

Kontribusi Ilmu Bedah Al-Zahrawi dari Cordoba

Bedah modern dewasa ini merupakan inovasi dari berbagai penemu, khususnya, dokter yang berdedikasi menyelamatkan nyawa pasien. Etika dalam penyelamatan pasien (life-saving) ini berdetak di jantung muslim Spanyol seribu tahun yang lalu, ketika muslim melakukan tiga tipe pembedahan : vaskular, umum, dan ortopedi.

Salah satu dokter bedah terkenal pada waktu ini hidup di Cordoba di masa emas Islam. Al-Zahrawi, atau Abulcasis, mengamati, berpikir, praktik, dan memberikan tatalaksana pada pasiennya dengan kemampuan dan kecerdasannya. Sangat banyak yang sudah ia kenali di masanya sebagai dokter bedah dan ahli hukum dokter di masa Al-Andalus, Al-Mansur.

Dirinya merevolusi bedah dengan memperkenalkan berbagai prosedur baru, lebih dari 200 instrumen bedah, dan penjelasan rinci mengenai keilmuwan gigi, farmasi, dan pembedahan pada masanya. Bukunya, Al-Tasrif, juga mengemukakan aturan tentang praktik kedokteran dengan memfokuskan apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada setiap situasi medis yang ditemui.

Al-Zahrawi memperkenalkan prosedur baru termasuk penjahitan luka internal menggunakan catgut, yang sampai saat ini masih digunakan dari operasi sederhana hingga yang sangat kompleks. Catgut sepertinya hanya satu-satunya subtansi natural yang terbaik dalam bercampur dan diterima oleh tubuh pasca penjahitan.

Meskipun Al-Zahrawi yang pertama kali menggunakan catgut dalam bedah, adalah Al-Razi yang pertama kali menggunakan gut hewan, yakni domba, sebagai sutures, benang jahit bedah.

Selain itu, beliau juga merevolusi prosedur medis seperti penggunaan tulang untuk mengganti gigi yang hilang, mendeskripsikan cara menghubungkan gigi yang goyang dengan tali emas atau perak, menjadi yang pertama menggunakan katun untuk mengontrol perdarahan, melakukan tracheotomy, secara rutin menggunakan plaster casts, dan untuk batu urethra menggunakan teknik drill halus yang masuk melalui traktus urinarius.

Sumber :

National Geographic. 1001 Inventions : The Enduring Legacy of Muslim Civilization

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Yuk Intip, Apa Saja Makna Dan Tujuan Berpuasa!

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, get yourself ready! Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan tentu saja sudah dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Bukan hanya sekedar banyaknya diskon-diskon pakaian, makanan yang beraneka ragam atau moment berkumpul dengan keluarga saja. Lebih dari itu semua, banyak banget hal yang bisa kita dapatkan di bulan […]

Event SKI Asy-Syifa

no event