SKI Asy-Syifa

Lifestyle

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat dini hari, sahur itu sangat penting karena sebagai sumber energi bagi tubuh kita pada saat berpuasa. Mau tau rahasia sahur agar asupan cairan tetap terpenuhi selama berpuasa ?Makanan yang mengandung karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat

Untuk menjaga kesehatan selama berpuasa, pada saat sahur makanlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, beras merah, atau roti gandum, karena makanan yang mengandung karbohidrat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membantu untuk mempertahankan energi yang lebih lama.

  • Makanan yang mengandung tinggi protein

Pada saat sahur, makan nasi saja tidak cukup namun perlu imbangi dengan lauk pauk yang tinggi protein seperti tempe, tahu, daging , ikan dan sumber protein lainnya, karena mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dapat membatasi asupan  lemak yang berlebih serta membantu memperbaiki jaringan tubuh dan membangun sistem kekebalan tubuh kita.

  • Imbangi dengan susu yang tinggi kalsium

Meminum susu yang tinggi kalsium juga akan membantu mmempertahankan tulang yang sehat, sehingga pada saat menjalani ibadah puasa tidak akan merasa cepat lelah. Namun perlu kita ketahui, bahwa saat sahur dengan hanya minum susu saja itu tidak diperbolehkan dalam kesehatan, karena mengandung gula sederhana dan cepat merasa kenyang sehingga membuat asupan-asupan lain yang masuk kedalam tubuh kita tidak banyak. Maka sebelum meminum susu imbangi dengan memakan makanan yang mengandung gizi makro dan gizi mikro seperti protein dan karbohidrat. Hindari juga minum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi karena kafein mempercepat proses pengeluaran urin.

  • Hindari banyak minum air putih ketika sahur

Banyak mitos yang beredar bahwa megkonsumsi air putih berlebihan pada saat sahur itu baik. Namun ternyata mengkonsumsi air putih berlebihan pada saat makan sahur akan mengakibatkan urin di vesikula seminalis akan cepat penuh dan berkontraksi sehingga akan menyebabkan proses pengeluaran urin dari dalam tubuh lebih cepat dan sering. Hal ini mengakibatkan kita cepat kehilangan mineral dan mudah lelah dan lapar.

  • Minum vitamin bila perlu

Tubuh kita mungkin akan menjadi lebih gampang lelah atau bahkan bisa sampai sakit pada saat menjalani puasa, hal ini dikarenakan sistem imun kita berkurang. Vitamin salah satu suplemen untuk mengatasi keluhan yang dirasakan pada saat puasa. Namun jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi vitamin atau obat-obatan! Karena pada dasarnya suplemen dibutuhkan hanya untuk orang-orang tertentu seperti ibu-ibu hamil dan menyusui, anak-anak yang kekurangan gizi dan orang yang mengidap suatu penyakit. Jadi minum vitamin hanya untuk teman-teman yang memerlukan saja.

  • Makan sahur saat mendekati imsak

Makan sahur sebaiknya sebaiknya setengah jam sebelum imsak, karena dilihat dari perhitungan waktu cerna makan dalam tubuh. Saat mengkonsumsi karbohidrat kompleks pada saat sahur, karbohidrat tersebut akan dicerna selama 8 jam sehingga tidak mempercepat pencernaan dalam tubuh. Selain dari segi kesehatan secara agama juga di anjurkan untuk makan sahur pada waktu-waktu yang mendekati imsak untuk mencegah kita dari tidur setelah makan dan juga agar tidak khawatir untuk melewatkan ibadah shalat subuh.

  • Tidak langsung sikat gigi

Ternyata setelah makan sahur kita tidak dianjurkan untuk langsung sikat gigi, ini dikarenakan didalam mulut kita terdapat enzim amilase yang memiliki pH:7 sedangkan kandungan pada pasta gigi memiliki pH basa sehingga kinerja enzim didalam mulut tidak akan optimum yang dimana enzim amilase bekerja optimum pada pH asam. Maka dianjurkan sikat gigi 15-30 menit setelah makan sahur.

Ternyata untuk menjaga asupan cairan pada saat berpuasa tidak sulit ya, selama kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat dan teratur pada saat sahur. So gays jangan sampai mengkonsumsi makanan yang tidak sehat pada saat sahur ya!

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

KADAR SEMANGAT IBADAH MASIH NAIK TURUN? APA YANG SEBAIKNYA YANG PERLU DIKOREKSI?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh… Saudaraku… Dalam beribadah seringkali kita mengalami gundah gulana, kadang kala kita semangat, kadang kalapun lemas melemas menjadi malas. Wajarkah? Hmmmm wajar-wajar saja karena kita manusia, yang memilliki kadar keimanan yang naik turun, hal ini dijelaskan dalam dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 22 yang artinya “Dan itulah yang menambah iman mereka dan ketundukan”(Qs. […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Event SKI Asy-Syifa

no event