SKI Asy-Syifa

Kajian Rutin Sabtu Pagi

Kedamaian yang Kucari

Oleh : Ustadz Hasan Lubis (Ketua Mualaf Center Yogyakarta)

Kisah beliau sebelum mualaf

 

Dulu ada kegiatan di kampus-kampus, mahasiswa muslim di sana kualahan. Jadi ada dialog di kegiatan itu. Dalam dialog tersebut banyak menyalahkan ayat-ayat Al-Qur’an. Kemudian seseorang menegur beliau di dalam forum tersebut. “Saudara belum membaca Al-Qur’an tetapi sudah berani menyalahkan”. Setelah itu beliau mulai bergetar dan mulai belajar bahasa arab. Setelah 10 tahun, akhirnya beliau bersyahadat. Dalam waktu 1 pekan setelah bersyahadat, beliau dimudahkan untuk belajar dan beliau masuk ke pesantren.

 

1993 à 2008 (bersyahadat)

Selama 15 tahun beliau melepaskan keyakinan nasrani. Menurut kami, melepaskan keyakinan itu cukup sulit .

 

Saat dialog, ternyata ada istilah Al-Qur’an yang tidak bisa dijelaskan hanya dalam satu kata saja.

Kitab injil yang diterjemahkan ke bahasa Yunani ternyata banyak yang salah. Ada 4 injil, ditulis 2 sahabat (Matius dan Yohanes) dan 2 orang lainnya (Lucas dan Marcus).

 

Sebelum ditegur dalam dialog, kami tidak mempermasalahkan kitab Injil, tetapi setelah belajar bahasa Yunani, kami mulai mempermasalahkannya. Banyak terjemahan Indonesia yang salah maknanya. Dalam bahasa Yunani, ketika menyebut Yesus dirangkai dalam kata”baginda/junjungan”, Yesus tidak pernah disebut Theos/Allah. Sejak saat itulah beliau berniat untuk berhenti. Sejak kapan Yesus itu diTuhankan?

 

  1. Al-Maidah ayat 82

“Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani”. Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri.”

Orang-orang Nasrani yang dimaksud adalah, ketika Rasulullah dan 40 sahabat hijrah ke negeri Habasya. Di sana menteri dan seluruh rakyatnya Nasrani. Semua ajaran Yesus adalah ajaran monotheis/tauhid.

Lalu di mana letak pembelokan sejarah?

Ketika di dakwahkan di Athena (kota para cendekiawan dan ahli filsafat), masyarakat di Athena percaya tidak ada benda di bumi ini yang satu mutlak à awal mula ajaran Nasrani mulai disimpangkan di Yunani. Kisah orang-orang luar biasa di Yunani disebut anak Dewa/anak allah di dalam Injil bahasa Indonesia.

Di Romawi Utara à Yesus itu anak Tuhan

Di Romawi Selatan à Yesus utusan Tuhan.

1,4 abad setelah itu, hampir seluruh romawi isinya orang Nasranià setiap perwakilan gereja di seluruh Romawi

Kontantinà orang yang menyembah dewa matahari, mereka beribadah di hari minggu. Umat Nasrani tidak pernah beribadah di hari itu, melainkan di hari Sabtu.

Di antara 2 kelompok nasrani (Romawi Utara dan Selatan), manakah yang disahkan oleh negara? Pengesahannya ditentukan berdasarkan suara terbanyak.

Kelompok yang menang adalah kelompok Romawi Utara. Yang tidak mengakuinya memilih hijrah dan memperjuangkan yang haq (ajaran Nabi Isa a.s) menuju ke kawasan Habasyah. Merekalah umat nasrani yang disebut di QS. Al-Maidah ayat 82.

Saat Rasulullah dan para sahabat hijrah ke negeri Habasyah, sang Raja menerima karena 1 ajaran. Setelah sang Raja dibacakan Surah Maryam, awal-awal ayat sangat tepat seperti kisah Nabi Isa a.s, sang Raja menangis, masih ada Rasul yang diutus Allah dan sekarang datang ke negerinya. Akhirnya Raja dan rakyatnya bersyahadat.

 

Setelah mengetahui sejarah tersebut, kami memutuskan untuk lepas sepenuhnya dari kegiatan-kegiatan di gereja. Waktu transisi 1 tahun untuk membuang kebiasaan-kebiasaan Ibadah dan akhirnya bersyahadat.

 

Apa itu kasih?

Ar-Rahman : kasih Allah ada untuk orang-orang mukmin & non mukmin

Ar-Rahim : Kasih Allah hanya untuk orang-orang mukmin.

 

Akhirnya “damai yang kucari” Allah berikan setelah 15 tahun, kami baru paham dan lanjut belajar di pesantren.

 

Setiap orang Nasrani yang mempelajari kitabnya, dia akan menemukan damaià yaitu Islam

Umat Nasrani hanya bisa dikalahkan dengan Ilmu. Sehebat apa pun mereka, ketika mau mempelajari kitab Injil, maka mereka akan menemukan ketauhidan/monotheis.

 

Sebelum hijrah secara fisik, paradigm harus dihijrahkan.

Mengapa ilmu itu harus dikejar?

Prioritaskanlah majelis ta’lim walaupun satu ayat, setara seperti 100 rakaat shalat sunnah.

 

Alima à allima à ta’allama à ta’lim

Ta’lim yaitu ketika audience paham materi yang disampaikan walau 1 ayat. Itulah sebanding dengan 100 rakaat shalat sunnah.

 

Ketika kita paham bahasa Al-Qur’an, semakin kita gali, walau 1 ayat kita bisa jadi bekhutbah 1 bulan.

 

Itulah yang mendorong kami mencintai Islam & mendapat ketenangan…..

 

Setelah abad perang kemerdekaan, ada yang menganalisis mengapa selama 300 tahun gagal mendakwahkan nasrani. Umat muslim apabila dilawan mereka akan semakin kokoh. Sehingga muncullah cara bahwa Islam itu harus dilemahkan dengan politis. Ia mendekati Islam seolah menolong para pribumi:

  1. Pendataan ustadz-ustadz dan santri
  2. Budaya lokal harus dihidupkan kembali

Islam tidak mungkin bisa diberantas, tanpa menjauhkan umat muslim dari aqidahnya

  1. Ada kebangkitan umat muslim à Indonesia merdeka. Setelah merdeka apa proyeknya berhenti? TIDAK, Justru dipercantik dengan 6 misi melemahkan Islam yang sangat membahayakan.

 

No.5 à misionaris harus bisa masuk ke dalam masjid dan masuk ke tengah-tengah majelis ilmu. Mereka bisa masuk ke shaf-shaf shalat, bisa shalat, namun mereka tidak mengikrarkan syahadat , hanya kalimat 1 saja, karena mereka meyakini Allah adalah Yesus.

 

Salah satu jalurà memutuskan ilmu Islam dari sanad/mata rantainyaà lahirlah pemikiran-pemikiran bebas di era kolonial à liberal

Islam tidak harus memakai silsilah/sanad à masing-masing umat bebas menginterpretasikan Al-Qur’an dan sunnah

 

Saat natal, apakah ada misi misionaris? SANGAT ADA!

Dalam sejarah Konstantin mengintervensi nasrasni, maka milad yesus pada tanggal 25 desember itu bukan kelahiran yesus, tetapi itu milad kelahiran anak dewa matahari. Kisah kelahiran yesus dipadukan jadi satu dengan lahirnya anak dewa matahari.

Event natalà idenya seorang tokoh penyembah dewa matahari.

 

Bagaimana upaya dakwah mereka? Misioner kampus

  • Menyediakan kos-kosan
  • Makan bersama dan mengaminkan do’a

Setiap do’a nasrani ditutup dengan kalimat, “di dalam nama tuhan yesus, amin”

Setiap umat muslim yang mengaminkan maka ikut membenarkan

  • Pertemanan dibangun selama 3 bulan à meningkat sampai 1 semester, sebelum makan, melakukan satu nyanyian yang isinya memuji yesus, mahasiswa yang lemah islamnya akan ikut-ikut saja. Setelah 2 semester mereka diajak masuk gerejaà mereka sudah familiar dengan nyanyian-nyanyian

 

Kita boleh berteman dengan siapa saja, tetapi kita tidak boleh bersahabat dengan non muslim.

Curhatàperangkap non muslim à anda susah lepas.

 

Gereja terbaik à yang persaudaraan umat gerejanya kuat

 

Umat yang tidak mau disatukan seperti merasa paling benar dari muslim yang lainnya à salah satu dari 72 golongan yang celaka.

 

 

Hari/Tanggal : Sabtu, 9 Desember 2017

Tempat : Masjid Baabul Hikmah Universitas Mataram

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Merkuri dalam Vaksin, Bahaya?

Merkuri dalam Vaksin, Bahaya? Oleh: Agi Tri Fatonah   Merkuri, atau yang biasa disebut raksa, merupakan suatu logam berat yang secara alami berada di lingkungan dalam berbagai wujud kimianya. Bagi manusia, merkuri adalah zat yang sangat toksik atau beracun. Namun kenyataannya, merkuri digunakan dalam suatu produk kesehatan yang berperan sangat penting untuk mencegah timbulnya penyakit […]

Keajaiban Shalat di Setiap Gerakanya

Keajaiban Shalat di Setiap Gerakanya Manfaat Gerakan – gerakan Shalat bagi Kesehatan Tubuh Oleh : Muhammad Alfaridzi   وَاَقِيْمُوْ الصَّلَوْةَ وَآتُوْالزَّكَوةَ وَمَاتُقَدِّمُوْا لاَِنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدُاللهِط اِنَّ اللهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan dapat pahalanya pada sisi Allah […]

Bahaya Penyakit Hati: Riya’, Ujub, Sum’ah

Oleh : Oleh: Ustadz Dr. Muchlisin Kita tidak bisa menjadi muslim yang baik jika tidak memahami agama kita dengan baik. Kisah oleh Ibnu Katsir dalam salah satu tafsirnya : Tasir surah Luqman, di awal surah, Luqman bukanlah nabi, tetapi orang soleh berkulit hitam berasal dari dekat Sudan. Luqman pernah disuruh menyembelih kambing oleh majikannya. Ia […]

Event SKI Asy-Syifa

no event