SKI Asy-Syifa

Health

Keajaiban Shalat di Setiap Gerakanya

Keajaiban Shalat di Setiap Gerakanya

Keajaiban Shalat di Setiap Gerakanya

Manfaat Gerakan – gerakan Shalat bagi Kesehatan Tubuh
Oleh : Muhammad Alfaridzi

 

وَاَقِيْمُوْ الصَّلَوْةَ وَآتُوْالزَّكَوةَ وَمَاتُقَدِّمُوْا لاَِنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدُاللهِط اِنَّ اللهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan dapat pahalanya pada sisi Allah sesungguhnya Allah maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”(QS Al-Baqarah : 110)

 

Shalat adalah aktivitas fisik dan spiritual yang merupakan kebutuhan bagi  umat Islam. Ibadah ini dilakukan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Menurut KBBI, shalat mempunyai arti sebagai doa kepada Allah (2). Sedangkan menurut Kamus Oxford, shalat merupakan kata yang luas, tidak hanya berarti doa, tetapi juga kebaikan, kebenaran dan kesalehan(3).Shalat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam.Ibadah shalat wajib dilaksanakan 5 kali dalam sehari. Shalat terdiri dari gerakan – gerakan yang diiringi doa dan ayat – ayat Al-Qur’an. Gerakan dalam shalat terdiri dari takbiratul ihram, ruku, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, duduk tasyahud, dan diakhiri dengan salam.

Selain sebagai kewajiban dan sarana mendekatkan diri kepada Allah , ternyata shalat menyimpan berbagai manfaat didalamnya. Manfaat tersebut tidak hanya berupa manfaat spiritual berupa ketenangan hati dan jiwa, namun juga manfaat secara fisik. Ketika seseorang melaksanakan shalat, hampir semua otot dan sendi dalam tubuh menjadi lebih aktif dibandingkan aktivitas fisik lain tanpa menimbulkan kelelahan(4&5). Hal ini jika dilakukan secara rutin setiap hari dapat menimbulkan beberapa manfaat jangka panjang(4). Selain itu, ketika shalat,aktivitas saraf parasimpatis akan meningkat dan aktivitas saraf simpatis akan menurun yang akan berdampak pada tubuh yang lebih relaks, berkurangnya kegelisahan dan mengurangi risiko penyakit pada jantung dan pembuluh darah(6).

Disamping keteraturan dan koordinasi yang menakjubkan disetiap gerakan shalat, masing – masing gerakan ternyata menyimpan berbagai manfaat yang besar terhadap kesehatan jasmani.

  1. Takbir dan Berdiri dengan Membaca Ayat Al Qur’an

Gerakan pertama untuk memulai shalat adalah takbir. Takbir berupa gerakan mengangkat kedua tangandengan telapak tangan terbuka sejajar dengan telinga atau bahu kemudian melipatnya pada dada dengan tangan kanan diatas tangan kiri sambil mengucapkan “Allahu Akbar”. Gerakan ini membantu memperlancar peredaran darah terutama pada tubuh bagian atas(7). Selanjutnya adalah berdiri dengan membaca ayat Al-Qur’an. Hal ini dapat menghasilkan ketenangan yang lebih besar dan juga meningkatkan kesehatan mental secara signifikan ketika mendengarkan ayat Al-Qur’an yang dibaca secara tartil. Selain itu, dengan berdiri dan bertumpu pada kedua kaki akan memperlancar aliran darah ke tubuh bagian bawah dan baik untuk memperkuat otot-otot kaki(7).

 

  1. Ruku’

Ruku adalah gerakan membungkuk dengan posisi 90o dan bertumpu pada tangan yang memegang lutut. Gerakan seperti ini mampu memperkuat otot – otot bagian dalam. Selain itu, saat ruku’ darah dipompa menuju badan bagian atas dan ini akan membantu mengencangkan otot-otot perut, organ dalam perut, dan ginjal. Posisi dengan sudut seperti itu antara kaki dan perut juga dapat membantu perkembangan otot perut. Tidak hanya itu, posisi ini juga membantu membawa aliran darah yang lebih besar ke sebagian besar wilayah tubuhseperti kepala, mata, telinga, hidung dan paru-paru. Gerakan ruku juga dapat menyembuhkan kelainan pada tulang belakang seperti kifosis, lordosis dan skoliosis. Pada ibu hamil, gerakan ruku’ dapat membantu memperbaiki posisi bayi sehingga tidak mengalami patah tulang saat melahirkan(5,7&8).

 

  1. Sujud

Sujud adalah gerakan berlutut dengan tangan, dahi dan hidung menempel di lantai. Gerakan sujud menyebabkan posisi kepala lebih rendah, yang dapat memperlancar suplai darah ke otak. Ketika kaki ditekuk saat sujud, pembakaran lemak akan meningkat dan akan mengurang resiko penyakit jantung. Posisi sujud baik untuk orang yang mempunyai tekanan darah yang tinggi karena pada saat sujud denyut jantung menurun dan ini dapat menurunkan tekanan darah(5&7).

  1. Duduk Tasyahud

Duduk tasyahud berupa gerakan duduk dengan kaki kiri diluruskan pada sisi kiri dan kaki kanan ditegakkan dengan tumit berada di atas. Posisi ini adalah posisi terbaik untuk relaksasi otot, termasuk otot yang berhubungan dengan tulang belakang. Posisi ini merangsang sirkulasi pada saraf dan otot paha. Hal ini menghilangkangangguan pencernaan dan konstipasi serta bermanfaat dalam kasus ulkus peptik atau gangguan perut lainnya. Posisi menekuk jari kaki sambil duduk di antara kedua sujud, dudukTasyahud Awal, dan Tasyahud Akhir mampu meningkatkan laju pembakaran lemak dalam tubuhdan menurunkan risiko penyakit jantung. Sedangkan posisi tumit kanan ditekuk dan kaki lainnya ada di atasnya mampu membantu menghilangkan racun dari tubuh dan menggerakkan otot di usus besar.Posisi ini memungkinkan tubuh membantu dan mengistirahatkan pencernaan dengan nyaman.

Dalam posisi tasyahud, pinggul, siku, sendi lutut, tulang punggung, dan sendi pergelangan tangan kita bergerak sedemikian rupa sehingga memberikan bentuk relaksasi ke seluruhtubuh. Tekanan diaplikasikan pada bagian tubuh seolahseperti memijat untuk melepaskan ketegangan.Bagi wanita, duduk tahiyat yang benarakan memperkuat bagian-bagiankemaluan, sehingga di saat melahirkantidak mudah terjadi robekan. Demikian juga terjaganya tiga lubangyang sangat berdekatan. Tiga lubangtersebut adalah saluran kencing, lubangsenggama, lubang dubur atau poros.Bagi laki – laki, dengan posisi duduktahiyat yang benar kaki memijitkemaluan, sehingga akan mengakibatkanlancarnya air seni, zakar (penis) dapatereksi dengan baik dan testis akan dapatmemproduksi sperma lebih banyak dansehat serta hidup(5,7, &8).

  1. Salam

Terakhir adalah salam. Gerakan salam berupa gerakan menoleh kekanan dan kekiri sambil mengucapkan salam. Gerakan ini mampu meningkatkan fleksibilitas otot leher. Hal ini sangat bermanfaat pada orang yang bekerja di depan monitor sepanjang hari dan mengeluhkan ketegangan pada leher. Selain itu, gerakan salam dapat membantu menyegarkan saraf saraf yang ada di leher. Hal ini baik untuk mengurangi sakit kepala dan mencegah migrain(7).

 

وَاللّهُ أعلَم بِالصَّوَاب

 

 

References :

  1. Al-Qur’anul Karim
  2. KBBI V
  3. Oxford Dictionary
  4. Ghous M & Malik NA, 2016, Health Benefits of Salat (Prayer) : Neurological Rehabilitation. Professional Med J, 23(8), pp 887
  5. Hakak S. et. al, 2016, Effects of Salat on Health. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT)
  6. Doufesh H. et. al, 2014,Effect of Muslim Prayer (Salat) on a Electroencephalography and Its Relationship with Autonomic Nervous System Activity. The Journal of Alternative and Complamentary Medicine, 20(7), pp. 558-562
  7. İMAMOĞLU O, 2016, Benefits of Prayer as a Physical Activity. International Journal of Science Culture and Sport, 4(1)
  8. Suparman D, 2015, Pembelajaran Ibadah Shalat dalam Perspektif Psikis dan Medis. Jurnal ISTEK, 9(2)

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Merkuri dalam Vaksin, Bahaya?

Merkuri dalam Vaksin, Bahaya? Oleh: Agi Tri Fatonah   Merkuri, atau yang biasa disebut raksa, merupakan suatu logam berat yang secara alami berada di lingkungan dalam berbagai wujud kimianya. Bagi manusia, merkuri adalah zat yang sangat toksik atau beracun. Namun kenyataannya, merkuri digunakan dalam suatu produk kesehatan yang berperan sangat penting untuk mencegah timbulnya penyakit […]

Keajaiban Shalat di Setiap Gerakanya

Keajaiban Shalat di Setiap Gerakanya Manfaat Gerakan – gerakan Shalat bagi Kesehatan Tubuh Oleh : Muhammad Alfaridzi   وَاَقِيْمُوْ الصَّلَوْةَ وَآتُوْالزَّكَوةَ وَمَاتُقَدِّمُوْا لاَِنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدُاللهِط اِنَّ اللهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan dapat pahalanya pada sisi Allah […]

Bahaya Penyakit Hati: Riya’, Ujub, Sum’ah

Oleh : Oleh: Ustadz Dr. Muchlisin Kita tidak bisa menjadi muslim yang baik jika tidak memahami agama kita dengan baik. Kisah oleh Ibnu Katsir dalam salah satu tafsirnya : Tasir surah Luqman, di awal surah, Luqman bukanlah nabi, tetapi orang soleh berkulit hitam berasal dari dekat Sudan. Luqman pernah disuruh menyembelih kambing oleh majikannya. Ia […]

Event SKI Asy-Syifa

no event