SKI Asy-Syifa

Lifestyle

Jangan Mencampuri Urusan Orang Lain

Jangan Mencampuri Urusan Orang Lain

18 Desember 2017

Rasulullah ﷺ berpesan bahwa hendaklah seorang muslim meninggalkan apa yang bukan menjadi urusannya. Karena meninggalkan sesuatu yang bukan urusannya merupakan salah satu wujud kesempurnaan Islam seseorang. Selama ini, tentu banyak orang yang membuat Anda kesal dan masygul ketika mereka mencampuri urusan anda, sementara urusan itu sama sekali tidak penting bagi mereka. Misalnya, ada seseorang melihat […]

Akhlak Rasulullah ﷺ terhadap Orang-orang Miskin

Akhlak Rasulullah ﷺ terhadap Orang-orang Miskin

17 Desember 2017

Di Zaman Now, masih banyak orang yang budi pekertinya bersifat komersial, yaitu mengutamakan harta dan kekayaan. Artinya, orang kaya saja yang mereka anggap menarik dan perlu ditanggapi dengan tertawa ketika mendengarnya. Tetapi, jika ada kesalahan besar, mereka menganggapnya tidak bearti. Lalu, kepada orang-orang miskin, mereka memandangnya tidak menarik dan kadang mengolok-ngolok ketika mendengarnya. Mereka bahkan […]

28 Cara Mengobati Gangguan Psikis

28 Cara Mengobati Gangguan Psikis

2 Desember 2017

Huda (petunjuk Islam) dan tauhid, karena kesesatan dan kesyirikan termasuk sebab stress Keimanan yang tulus disertai amal shalih Ilmu yang bermanfaat. Seseorang yang luas ilmunya akan luas dan lapanglah dadanya (hatinya) Berserah diri dan kembali kepada Allah, mencintai-Nya sepenuh hati, menerima segala ketentuan-Nya dan bersyukur kepada-Nya dengan beribadah dengan benar Senantiasa berdzikir (ingat) kepada Allah […]

Generasi Bebek

Generasi Bebek

1 Desember 2017

Dari Abdurrohman bin Yazid berkata, bahwa Abdullah berkata: لا يكونن أحدكم إمعة يقول: اهتدى الناس اهتديت ، وإن ضل الناس ضللت ، ليوطّن أحدكم نفسه إن كفر الناس أن لا يكفر “Janganlah sekali-kali kalian menjadi *”imma’ah”* yaitu bila manusia mendapat hidayah engkau mengikutinya, bila manusia sesat (menyimpang) engkaupun mengikutinya. Hendaklah kalian kokohkan diri masing-masing, yakni […]

Raih Manfaat Dahsyat Berpuasa di Tiga Hari Putih

Raih Manfaat Dahsyat Berpuasa di Tiga Hari Putih

12 Oktober 2017

Jika kau ingin memusuhi orang lain, maka musuhilah perutmu.Karena ia adalah bagian yang paling terjahat (Umar Bin Khattab) Rasulullah ﷺ pernah bersabda: “Setiap amal Bani Adam dilipatgandakan, satu kebaikan dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah subhana hua ta’ala berfirman, ”Kecuali puasa, ia untuk Aku dan Aku yang membalasnya. Dia meninggalkan syahwat dan […]

Makna Tahun Baru Islam

Makna Tahun Baru Islam

1 Oktober 2017

Alif      : “Zam, dosen gak masuk hari kamis, tanggal merah. Libur apa ya hari kamis?” Azzam : “Libur 1 Muharram, Alif, masa kamu gak tau. Makanya cetak kalender islam dong. Biar tau penanggalan hijriyah, jadi mudah berpuasa sunnah, dan info-info hari-hari besar islam. Nanti setelah sholat magrib sudah 1  Muharram. Karena kalau di Islam, […]

Parfum Beralkohol, Tapi Ada Label MUI?

Parfum Beralkohol, Tapi Ada Label MUI?

23 Agustus 2017

Suatu ketika, dua ikhwan berjalan menuju masjid untuk menunaikan shalat shubuh Fulan A : Hi Fulan, kok kamu wangi banget sih. Pake parfum beralkohol ya? Fulan B : ya, tapi ada kok label MUI nya memangnya kenapa? Fulan A : haram tau pakai parfum karena ada alkoholnya. Kan alkohol itu memabukkan. Fulan B  : Walaupun […]

Bangkai Kambing yang Cacat

Bangkai Kambing yang Cacat

30 Juli 2017

Imam Muslim meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu’anhu, beliau bercerita bahwa suatu ketika Rasulullah  ﷺ  melewati pasar melalui sebagian jalan dari arah pemukiman, sementara orang-orang [para sahabat] menyertai beliau. Lalu beliau melewati bangkai seekor kambing yang telinganya cacat (berukuran kecil). Beliau pun mengambil kambing itu seraya memegang telinga nya. Kemudian beliau berkata, “Siapakah di antara kalian yang […]

Page 1 of 212

Recent Posts

Bagaimana Metabolisme Tubuh Kita Saat Puasa?

  Puasa merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam, baik itu puasa wajib maupun sunnah. Puasa tidak hanya semata – mata sebagai ibadah, namun juga melatih kita untuk menahan hawa nafsu dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bulan lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kemudian […]

Manfaat Bangun Fajar Bagi Kesehatan Menurut Al-Qur‘an

  Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “…dan (laksanakanlah pula shalat) subuh. Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra’ : 78) Al – Qur’an sebagai pedoman dalam melaksanakan kehidupan umat Islam menganjurkan kita untuk tidur lebih awal dan bangun sejak fajar. Dalam sebuah hadist shahih, Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, “Umatku ini diberkati ketika […]

Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa?

Rasulullah ﷺ sering sekali membersihkan gigi dengan siwak. Salah seorang sahabat Nabi ﷺ menceritakan, dari ‘Amir bin Rabi’ah, ia mengatakan : “Nabi ﷺ sering kali bersiwak saat puasa dan jumlahnya tidak terhitung”. HR. Bukhari Diantara keutamaan sikat gigi yang disabdakan Rasulullah ﷺ adalah : “Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya perintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak […]