SKI Asy-Syifa

Lifestyle

Jalan Kaki, yuk!

Jalan Kaki, yuk!

Perkembangan arus informasi dan teknologi menyebabkan manusia dewasa ini  menggantungkan hidupnya pada teknologi canggih dan modern. Manusia memilih jalan pintas dan cara yang instan dalam menyelesaikan berbagai bidang kehidupannya.

Salah satu teknologi yang hadir untuk memudahkan manusia dalam kehidupannya yaitu teknologi transportasi. Di Indonesia, kini sangat jarang kita jumpai orang-orang yang berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain. Jauh maupun dekat jarak yang akan ditempuh, orang-orang lebih memilih kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum sebagai alat tempuh daripada berjalan kaki.

Salah satu negara maju, Jepang, menjadikan jalan kaki sebagai budaya. Sangat sedikit dari mereka yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Kendaraan umum seperti bus dan kereta digunakan hanya pada saat akan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Hal ini menjadikan Jepang sebagai negara pada nomer urut 1 dengan angka harapan hidup tertinggi dunia, dengan angka harapan hidup 83,7 tahun.

Ketahuilah, jauh sebelum zaman modern ini berkembang, Rasulullah SAW sangat suka untuk berjalan kaki. Beliau menganjurkan kita untuk berjalan kaki, apalagi berjalan menuju masjid untuk menunaikan shalat berjamaah. Bukan hanya memberi kesehatan fisik bagi pelakunya, melainkan juga pahala yang sangat besar. Semakin jauh jarak rumah seseorang dengan masjid, setiap langkahnya akan dihitung sebagaimana tersirat dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya :

“Orang yang paling besar pahalanya dalam shalat ialah yang paling jauh berjalan – menujunya. Orang yang menunggu shalat sampai menunaikannya bersama Imam lebih besar pahalanya dari orang yang menunaikannya kemudian tidur. Dalam riwayat Abu Kuraib, “Sampai menunaikannya bersama Imam dalam shalat berjamaan” (HR. Muslim).

“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah” (HR. Muslim no.2382)

Nabi Muhammad SAW dikenal memiliki kebiasaan berjalan kaki, sebagaimana ditunjukkan sebuah hadits dari Abu Hurairah ra, dia berkata, “Aku belum pernah melihat orang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah SAW. Roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja” (HR. Muslim)

Berbeda dengan sebagian penduduk Indonesia yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum bahkan untuk jarak yang tidak terlalu jauh. Fenomena tersebut sangat disayangkan karena dalam ilmu kedokteran, berjalan kaki membawa banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat berjalan kaki antara lain sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesehatan jantung, pembuluh darah, dan paru-paru
  2. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
  3. Membantu memperbaiki kondisi hypertensi, kolesterol tinggi, sakit otot dan sendi, serta diabetes
  4. Meningkatkan kekuatan tulang dan keseimbangan tubuh
  5. Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh
  6. Mengurangi lemak tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa berjalan kaki tidak membutuhkan peralatan yang berat, selalin itu berjalan kaki juga bisa dilakukan di mana saja. Kita dapat berjalan kaki tanpa khawatir pada resiko ketika melakukan olahraga berat. Bagi mereka yang kelebihan berat badan, lansia, ataupun bagi mereka yang jarang berolahraga, maka berjalan kaki adalah pilihan yang tepat untuk menjadi solusi.

Memulai untuk membiasakan diri berjalan kaki dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama 10 menit, kemudian secara bertahap dapat dilakukan dengan menambah durasi berjalan kaki menjadi 30 menit atau lebih. Melalui latihan ini diharapkan dapat memberi manfaat kesehatan. So, ingin hidup sehat? Jalan kaki, yuk!

Sumber : betterhealth.vic.gov.au

 

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Penyaluran Bantuan Gempa Lombok melalui FK Unram

Duka menyelimuti pulau Lombok. Pada akhir juli dan awal agustus, pulau seribu masjid ini diguncang gempa dengan kekuatan besar yaitu 6.4 SR dan 7.0 SR. Gempa susulan pun terjadi berulangkali setelah gempa utama tersebut. Beberapa rumah warga dan infrastruktur rusak, korban berjatuhan akibat tertimpa bangunan, keadaan memprihatinkan warga yang tinggal di pengungsian, dan keadaan lain […]

Webinar Bedah Buku “Islam, Sains, dan Kesehatan” karya dr. M. Saifudin Hakim dkk di FK Unram

Pernahkah kita membaca atau mendengar suatu hal yang dikaitkan dengan ajaran Islam dan sains? Banyak yang berdecak kagum ketika hal yang berlabel “islami” dapat dihubungkan dengan sains walaupun itu hanya opini. Doktor dokter Saifudin Hakim dkk menulis sebuah buku yang sangat informatif dan edukatif baik untuk kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Buku ini khususnya membahas […]

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Air zamzam  mendatangkan khasiat dengan niat untuk apa air itu diminum”. (HR. Ibnu Majah) Ibnu Abbas radhiallahu anhu menambahkan dalam riwayatnya, “Air zamzam memenuhi tujuan untuk apa ia diminum; jika engkau meminumnya dengan niatan untuk menyembuhkan penyakitmu, Allah akan menyembuhkan penyakitmu dan jika […]

Event SKI Asy-Syifa

no event