SKI Asy-Syifa

Figure

Jabir ibn Hayyan / Geber, Penemu Kimia

Jabir ibn Hayyan / Geber, Penemu Kimia

Material seperti plastik, krayon, karen penghapus, minya, dan obat, semua berakar dari industri awal muslim yang merevolusi Kimia.

Kata Chemistry di bahasa arab adalah kimia, dan dengan al menjadi alkimia (the chemistry). Di barat, huruf a terakhir dihapus dan menjadi alchemy. Dalam tradisi scientist islami, alchemy bukanlah tentang praktik perdukunan atau cerita tahayul (seperti yang muncul di dunia barat).

Jabir ibn Hayyan dikenal di dunia barat sebagai Geber, dan semua ilmuwan setuju bahwa dialah penemu kimia (founder of chemistry). Seorang anak dari tukang obat, menghabiskan hidupnya di Kufa, Iraq, ketika beliau secara saintifik membuat kimia sistematis. Secara konsisten di laboratorium, ia mengubah dan menyempurnakan sublimasi, liquefaksi, kristalisasi, distilasi, purifikasi, amalgamasi, oksidasi, evaporasi, dan filtrasi.

Ia juga menulis tentang bagaimana kimia berikatan, tanpa kehilangan karakter, untuk membentuk union elemen bersama yang saat itu sangat sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Saat ini seperti hal yang biasa, tapi lebih dari 1250 tahun yang lalu, dia adalah orang yang paling maju di bidang ini.

Jabir dengan hebatnya menambah kemungkinan eksperimen kimia dengan menemukan sulfur, nitrit, dan nitromuriatic acids, semuanya sangat vital/penting dalam industri kimia.

Dia juga membuat model dengan skala tepat dan detail, yang memiliki berat 6480 lebih kecil dari ratl (ratl = 1kg atau 2.20 pounds), dan mengetahui di kondisi oksidasi tertentu, berat metal bisa menjadi lebih ringan.

Beberapa buku Jabir ibn Hayyan termasuk the Great Book of Chemical Properties, The Weights and Measures, The Chemical Combination, dan The Dyes. Dari berbagai karya hebatnya dalam teori kimia adalah pandangannya terhadap konstitusi metal, dan karya tersebut terus bertahan dan digunakan hingga abat 18.

Sumber : National Geographic. 1001 Inventions : The Enduring Legacy of Muslim Civilization

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Kegiatan Kesmas Al-Wafi 2018

Transfusi darah adalah kegiatan dalam membantu penyembuhan manusia ketika kadar darah dalam tubuh dibawah yang seharusnya. Menyumbangkan darah kepada orang lain yang amat membutuhkannya menurut kesepakatan para ahli fikih termasuk dalam kerangka tujuan syariat Islam, yaitu menghindarkan salah satu bentuk kemudaratan yang akan menimpa diri seseorang. Meskipun pada hakikatnya darah yang dikeluarkan dari tubuh manusia […]

7 Cara Menenangkan Hati

Selama manusia hidup, kesenangan dan kesedihan selalu bergantian mengisi hari-hari. Permasalahan yang terus-menerus datang, baik itu ringan maupun berat, akan memberikan dampak pada hati seseorang. Ketika dihadapkan dengan masalah, manusia sering menghindarinya. Namun, dengan menghindari masalah yang dimiliki, hati akan merasa tidak tenang. Dalam Islam, kita diajarkan cara untuk membuat hati menjadi tenang dan selalu […]

Tutur Kata yang Baik

Saudaraku.. Mungkin dari kita sering atau suka menggunakan kata-kata yang tidak baik. Kata dusta. Kata hinaan. Serta ujaran kebencian. Kata-kata tersebut diucapkan baik saat bercanda, atau sedang serius, marah, dan sebagainya. Ada pula yang mengatakannya demi memuaskan diri saja. Atau ingin menjatuhkan suatu tokoh yang terkenal. Wahai saudaraku, apakah baik sikap muslim seperti itu ? […]

Event SKI Asy-Syifa

no event