SKI Asy-Syifa

Health

Intip Manfaat Mengonsumsi Alkohol

Intip Manfaat Mengonsumsi Alkohol

Dalam hukum islam, terdapat 5 hukum atau kaidah yang dijadikan sebagai patokan manusia untuk melakukan segala perbuatan dalam kehidupan sehari-hari, yakni wajib, sunnah, haram, makruh, dan mubah (jaiz atau ibahah). Dari kelima hukum tersebut, dapat berlaku untuk satu perbuatan, atau satu perbuatan dapat berubah-ubah hukumnya sesuai illat yang berlaku. Illat secara bahasa berarti penyakit, dan secara istilah adalah sesuatu yang menyebabkan hukum suatu perbuatan berubah.

Tidak terkecuali dalam permasalahan alkohol, kelima hukum tersebut bisa berlaku bergantung dengan illat yang berlaku. Hukum mengkonsumsi alkohol memiliki perbedaan menurut beberapa ijtihad ulama. Bisa dihukumkan haram, dan dapat pula berhukum mubah (boleh dionsumsi) dengan beberapa illat yang berlaku.

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS, Al-Maidah: 90).

Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa hukum mengkonsumsi khamr, barang yang memabukkan adalah haram, tidak bergantung bentuknya padat, cair atau gas. Namun hal yag perlu diperhatikan adalah, alkohol berbeda dengan khamr. Alkohol adalah nama gugus zat, dan ada banyak bentuknya (biasanya berakhiran -ol, contoh etanol, metanol, butanol, dsb). Sedangkan khamr, menurut ulama adalah: (1) memabukkan dan menghilangkan akal, (2) ada rasa nikmat dan membuat ketagihan.

  1. Sahal Mahfudh, Pati, Jawa Tengah, menegaskan, bahwa di samping sisi madharat, disadari maupun tidak, sebenarnya manusia telah menggunakan dan memanfaatkan alkohol. Di dunia kedokteran, alkohol biasa digunakan untuk membersihkan alat atau instrument kedokteran dan beberapa untuk campuran obat, meskipun campurannya amat sedikit. Dalam kehidupan sehari-hari alkohol dijumpai sebagai campuran minyak wangi atau makanan dan minuman baik sebagai pengawet ataupun unsur pengurai. Menurut keputusan lembaga fikih Islam dunia, penggunaan alkohol untuk kepentingan-kepentingan semacam itu tidak termasuk khamr.

Jadi, minyak wangi yang menggunakan sedikit campuran dari alkohol atau makanan dan  minuman serta obat-obatan yang dalam pembuatannya menggunakan sedikit alkohol untuk menguraikan bahan-bahan yang tidak bisa diuraikan dengan air atau untuk sekedar mengawetkan, boleh dikonsumsi atau digunakan karena dirasa sulit untuk menghindarinya (li ‘umum al-balwa).

Nah, sekarang kita bahas beberapa manfaat dari konsumsi alkohol bagi manusia, dikutip dari website nationalinstitute on alcohol abuse and alcoholism (www.niaaa.nih.gov) :

  1. Membuat otak berpikir santai, karena LOLA (Loadingnya Lama)

Ketika Anda mengkonsumsi alkohol sesekali atau banyak dalam waktu yang lama, maka alkohol tersebut akan menghambat jalur persarafan pada otak, akan mengubah struktur dan kerja otak. Gangguan tersebut bisa mengubah suasana hati dan perilaku, serta membuat otak menjadi susah berpikir secara jelas dan susah menyelaraskan gerak tubuh. Dengan begitu ketika Anda mengkonsumsi alkohol, otak Anda akan berjalan lambat, dan perilaku Anda dalam kehidupan sehari-hari menjadi lelet.

  1. Menguningkan hati

Kuning identik dengan sesuatu yang hangat, keceriaan, persahabatan, dan memiliki daya tarik yang kuat, karena mampu merangsang pandangan mata. Tapi apa jadinya bila badan Anda menjadi kuning disebabkan oleh hati Anda yang rusak? Na’udzubillah, semoga kita terhindar dari hal tersebut. Pada peminum alkohol yang berat, dapat menyebabkan permasalah pada hati yang bermanifestasi klinik kuning pada seluruh tubuh. Para peminum kelas berat akan mengalami beberapa masalah pada hati, diantaranya steatosis atau hati berlemak (fatty liver), hepatitis alkoholik, fibrosis (jaringan hati mengeras), dan sirosis (hati mengecil).

  1. Mengistirahatkan jantung, selamanya

Jantung kita bekerja secara terus menerus, setiap saat, dan tiada henti. Jadi, bagaimana bila jantung kita diistirahatkan agar tidak mengalami kelelahan karena bekerja beraktifitas terus menerus? Maka solusinya adalah dengan menenggak alkohol, dengan menenggak alkohol, maka jantung Anda akan beristirahat, selamanya. Mengkonsumsi alkohol dapat mempengaruhi kerja jantung dan bahkan merusak jantung. Beberapa masalah yang dapat timbul ketika kita mengkonsumsi alkohol adalah : kardiomiopati (otot jantung melemah dan meregang), aritmia (jantung anda tidak lagi berirama seperti normal), stroke, dan tekanan darah tinggi.

  1. Mengistirahatkan sistem imun

Mengonsumsi alkohol dapat melemahkan system imum, membuat tubuh Anda akan lebih mudah tersering penyakit. Peminum alkohol dalam jangka waktu lama akan lebih beresiko terserang penyakit seperti pneumonia dan TBC dibandingkan dengan orang yang tidak meminum alkohol. Mengonsumsi alkohol akan memperlambat pertahanan tubuh terhadap infeksi, hingga 24 jam setelah Anda mabuk. Maka istirahatkanlah system imun Anda jika ingin menikati hotel putih yang disebut Rumah Sakit.

Mengonsumsi alkohol dalam maksud penyalahgunaan tidaklah memiliki manfaat, bahkan mudharatnya lebih besar. Dari segi agama sudah jelas, penyalahgunaan alkohol sangat diharamkan. Dalam segi kesehatan, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan beberapa resiko  yang menyerang kesehatan, hingga berdampak pada kematian.

 

Oleh : dr. Dzaky A.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Bagaimana Metabolisme Tubuh Kita Saat Puasa?

  Puasa merupakan ibadah yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam, baik itu puasa wajib maupun sunnah. Puasa tidak hanya semata – mata sebagai ibadah, namun juga melatih kita untuk menahan hawa nafsu dan meningkatkan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bulan lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kemudian […]

Manfaat Bangun Fajar Bagi Kesehatan Menurut Al-Qur‘an

  Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “…dan (laksanakanlah pula shalat) subuh. Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra’ : 78) Al – Qur’an sebagai pedoman dalam melaksanakan kehidupan umat Islam menganjurkan kita untuk tidur lebih awal dan bangun sejak fajar. Dalam sebuah hadist shahih, Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, “Umatku ini diberkati ketika […]

Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa?

Rasulullah ﷺ sering sekali membersihkan gigi dengan siwak. Salah seorang sahabat Nabi ﷺ menceritakan, dari ‘Amir bin Rabi’ah, ia mengatakan : “Nabi ﷺ sering kali bersiwak saat puasa dan jumlahnya tidak terhitung”. HR. Bukhari Diantara keutamaan sikat gigi yang disabdakan Rasulullah ﷺ adalah : “Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya perintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak […]

Event SKI Asy-Syifa

no event