SKI Asy-Syifa

Health

Hikmah Penyembelihan Hewan Berdasarkan Syariat Islam

Hikmah Penyembelihan Hewan Berdasarkan Syariat Islam

Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan suci bagi umat muslim di mana mereka diperintahkan untuk berqurban, yaitu melakukan penyembelihan hewan qurban yang disyariatkan dalam hukum Islam. Ada aturan khusus dalam hal penyembelihan hewan qurban dalam Islam, sehingga membedakannya dengan cara yang lain.

Metode penyembelihan hewan qurban menurut Islam memiliki manfaat, salah satunya dalam bidang kesehatan. Metode penyembelihan ternak konsumsi dalam Islam dikenal dengan metode Zabiha. Metode ini tidak hanya memperhatikan aspek kesejahteraan hewan, namun juga memperhatikan kaidah ilmiah berlaku secara universal, yaitu:

> Kebersihan dan kesehatan orang yang menyembelih dan ternak konsumsi yang disembelih.

Zakkaytum adalah kata kerja arab berasal dari kata dasar kata Zakah (kesucian). Hal ini mengandung makna terhadap ternak dan orang yang menyembelih harus juga bersih dan sehat. Oleh karena itu model Islam dalam penyembelihan ternak konsumsi memiliki syarat sebagai berikut:

  1. Ternak yang disembelih menggunakan pisau tajam.

Ternak yang disembelih dengan menggunakan pisau tajam dimaksudkan agar dapat dilaksanakan dengan cepat, sehingga meminimalisir rasa sakit atau penderitaan ternak tersebut.

2. Memotong saluran saluran pernafasan, saluran makanan (esophagus) dan pembuluh darah (arteri carotis dan vena jugularis)

Zabiha adalah bahasa Arab yang bermakna ‘penyembelihan’. Penyembelihan dilakukan dengan memotong saluran pernafasan, saluran makanan dan pembuluh darah (arteri carotis dan vena jugularis) dan tidak diperkenankan memotong tulang leher (spinal cord) sebelum tiba kematian sempurna.

Pemotongan Spinal cord ditunda agar perintah otak ke jantung tetap berlangsung untuk memompa darah keluar dari tubuh secara sempurna hingga jantung berhenti berdetak (mati). Kematian terjadi karena otak mengalami kekurangan oksigen (ischemia) akibat terpotongnya arteri karotis. Akibat iskemia, maka impuls saraf tidak dapat diteruskan ke berbagai organ lain termasuk jantung, sehingga jantung berhenti berdetak. Kondisi ini akan diikuti efek kelompak mata (palpebra) menutup, kekejangan kaki mereda dan kematian manjadi sempurna. Apabila kematian telah sempurna maka selanjutnya pemisahan kepala dari tubuh dapat dilaksanakan untuk pemrosesan berikutnya.

3. Darah keluar sempurna (drained)

Darah harus keluar sempurna dari tubuh ternak. Tujuannya agar darah yang merupakan media pertumbuhan bakteri, jamur, mikroorganisme lain, pembawa racun (residu) tidak menyebabkan konsumen ikut menderita sakit dan/atau bahkan menyebabkan kematian. Disisi lain akibat berkurangnya darah dalam tubuh ternak, akan menghasilkan daging lebih lembut/empuk (tenderness) dan lebih gurih (juiceness) karena yang tertinggal hanya sari daging, dan tentunya sehat.

 

Referensi:

Prastowo, Yudi, 2014. Pedoman Memperoleh Daging Segar. Available at: <http://kesmavet.ditjennak.pertanian.go.id/index.php/regulasi-2/category/4-publikasi?download=47:pedoman-memperoleh-daging-segar> [Accessed 2 February 2017]

 

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Yuk Intip, Apa Saja Makna Dan Tujuan Berpuasa!

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, get yourself ready! Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan tentu saja sudah dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Bukan hanya sekedar banyaknya diskon-diskon pakaian, makanan yang beraneka ragam atau moment berkumpul dengan keluarga saja. Lebih dari itu semua, banyak banget hal yang bisa kita dapatkan di bulan […]

Event SKI Asy-Syifa

no event