SKI Asy-Syifa

Islamic Study

Fisiologi Taqwa Ramadhan

Fisiologi Taqwa Ramadhan
  1. Tujuan berpuasa

(al baqarah:183)  Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

  1. Definisi taqwa

Taqwa berasal dari  waqa-yaqi-wiqayah yang berarti memelihara. “memelihara diri dalam menjalani hidup sesuai tuntunan/petunjuk Alloh” Sedangkan dari asal bahasa arab  taqwa lebih dekat dengan kata waqa. Waqa bermakna melindungi sesuatu, memelihara dan melindunginya dari berbagai hal yang membahayakan dan merugikan. Kata Waqa dipakai ketika seekor kuda melakukan langkahnya dengan sangat hati-hati, baik karena tidak memakai tapal kuda, atau karena adanya luka-luka atau adanya rasa sakit atau tanahnya yang sangat kasar.

Dalam suatu riwayat  disebutkan bahwa Umar bin Khattab r.a. bertanya kepada sahabat Ubay bin Ka’ab r.a. tentang taqwa. Ubay bertanya kembali,
“Bukankah anda pernah melewati jalan yang penuh duri?”
“Ya”, jawab Umar
“Apa yang anda lakukan saat itu?”
“Saya bersiap-siap dan berjalan dengan hati-hati.”
“Itulah taqwa.” kata Ubay bin Ka’ab r.a.

( https://id.wikipedia.org/wiki/Taqwa)

Dari kata waqa ini taqwa bisa di terjemahkan  yaitu  berusaha memelihara dari ketentuan Alloh dan melindungi diri dari dosa/larangan Alloh dan juga  berhati hati dalam menjalani hidup sesuai dengan petunjuk dari Alloh.

  1. Mekanisme psikofisiologis puasa sehingga dapat menimbulkan ketaqwaan

Puasa diibaratkan sebuah training atau pelatihan

Selama satu bulan kita dikondisikan (setan-setan dibelenggu) , untuk berlatih guna menghadapi 11 bulan yang sesungguhnya akan kita hadapi. Pelatihan-pelatihan yang di berikan tentu saja seharusnya lebih dari cukup untuk menghadapi hal-hal yang terjadi di luar ramadhon . Bukankah di bulan ramadhon di siang hari kita di latih menahan rasa lapar dan haus yang biasanya kita bebas melakukannya di luar bulan ramadhon ditambah lagi dengan amalan-amalan sunnah yang berpahala amalan wajib pada bulan ramadhon . Sehingga dengan demikian di luar bulan ramadhon godaan-godaan yang  kita hadapi / amalan yang harus  dilakukan seharusnya juga  dapat kita lalui dengan lebih mudah karena dalam latihan yang kita lakukan di bulan ramadhon hal tersebut sudah biasa kita lakukan. Jadi kualitas latihan ramadhon ini juga berpengaruh terhadap amalan-amalan yang mampu kita lakukan di luar bulan ramadhon.

Secara psikologis hati kita akan terbiasa untuk mematuhi perintah Alloh di banding dengan keinginan untuk makan minum dan hawa nafsu lainnya selama 30 hari lamanya. Terjadi peperangan antara fisik dan hati selama 30 hari tersebut sehingga kita menjadi terbiasa memenangkan hati kita di banding keinginan-keinginan fisik (hawa nafsu).

 

  1. Ada apa dengan bulan ramadhon

 

  1. Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat pertengahan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu……….. (al baqarah) (umat nabi Muhammad saw , rasul yang diutus untuk semua bangsa/ manusia)

Coba kita lihat Puasa umat terdahulu , umat nabi nuh  dan bani Israel puasa pada 10 muharrom . Ada apa dengan 10 muharrom?

Umat nabi nuh berpuasa karena pada hari itu diselamatkan oleh Alloh bahteranya berlabuh di gunung judi sehingga mereka bersyukur dan merayakannya dengan cara berpuasa. (www.almanhaj.or.id Hari Asyura 10 Muharam antara sunah dan bidah)

Umat Nabi Musa atau bani Israel pada hari tersebut diselamatkan oleh Alloh dari firaun dan tentaranya sehingga mereka bersyukur dengan cara berpuasa ( puasa asyura) ( tafsir ibnu katsir albaqarah 183 )

  1. Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Fir’aun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan (al baqarah)

Kapan umat nabi Muhammad saw diberikan petunjuk (dipilih sebagai umat pilihan) ? jawabannya ada di ayat ini

  1. Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Alloh menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Alloh atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (Al Baqarah)

 

Mari kita mensyukuri bulan ramadhon ini dengan memperbanyak interaksi kita dengan alquran karena di bulan ramadhon inilah takdir kita menjadi umat muslim yang mendapat petunjuk berupa al quran. Sesungguhnya inilah bulan perayaan  kita sebagai umat islam.

Sumber: Alquran dan terjemah dan tafsir ibnu katsir

Semua gambar di ambil dari video  youtube dengan judul Why Muslims Fast in Ramadan  Subtitled

https://id.wikipedia.org/wiki/Taqwa dan www.almanhaj.or.id

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Foto Kajian dan Buka Bersama Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, MA

KAWAT 3 -> Menyambut Bulan Ramadhan

Sepertiga dari isi Al-Quran adalah kisah orang – orang terdahulu, peristiwa yang akan datang, dan kisah yang berlaku hingga saat ini. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barokah karena semua pahala akan dilipatgandakan 100 kali lipat, sedangkan puasanya tidak terhingga balasannya. Allah menjanjikan malam kemuliaan pada bulan Ramadhan, yaitu lailatul qadr yang malamnya lebih baik […]

Fisiologi Taqwa Ramadhan

Tujuan berpuasa (al baqarah:183)  Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Definisi taqwa Taqwa berasal dari  waqa-yaqi-wiqayah yang berarti memelihara. “memelihara diri dalam menjalani hidup sesuai tuntunan/petunjuk Alloh” Sedangkan dari asal bahasa arab  taqwa lebih dekat dengan kata waqa. Waqa bermakna melindungi sesuatu, memelihara dan melindunginya dari […]

Event SKI Asy-Syifa

no event