SKI Asy-Syifa

Figure

Dekan FK Unram : Hidup itu Jangan Monoton

Dekan FK Unram : Hidup itu Jangan Monoton

Berbisnis di tengah kesibukan sebagai seorang dokter bukanlah suatu perkara yang mudah, terlebih dalam membagi waktu. Namun, sesuatu yang tidak mudah bukan berarti tidak bisa, bukan? Yuk kita simak kisah singkat dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram mengenai kisah berbisnis di tengah kesibukan menjadi seorang dokter dan tenaga pengajar.

dr. Hamsu merupakan seorang tenaga medis yang saat ini bekerja di tiga rumah sakit, yaitu di Provinsi NTB, RS Risa Sentra Medika, dan Klinik Medismart. Rata-rata jumlah pasien yang beliau tangani adalah 25 pasien dan operasi 1-2 pasien sehari. dr. hamsu juga bekerja sebagai Dekan dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Di samping itu, beliau juga memilih untuk berbisnis. Beliau mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan penghasilan yang lebih sebagai upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka bisa ditempuh melalui jalur lain, salah satu contohnya adalah berbisnis. Pada prinsipnya, dr. hamsu memegang prinsip bahwa sebagai seorang dokter hidup itu jangan monoton.

Menurut dr. Hamsu, melayani berbagai keluhan pasien setiap hari merupakan sesuatu yang monoton. Namun dengan mengajar, misalnya sebagai dosen, hal tersebut memberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang fresh, contohnya mahasiswa. Mahasiswa ingin mengetahui sesuatu yang baru dan tentunya masih muda. Hal yang demikian juga dapat  memberikan motivasi untuk terus menambah ilmu. Menurut beliau, mahasiswa itu kritis, jadi jangan sampai kalah dengan mahasiswa. Giat belajar juga akan bermanfaat bagi pekerjaan yang sedang dijalani yaitu sebagai seorang dokter, karena pasien pun juga akan banyak bertanya nantinya.

Bisnis yang beliau jalankan saat ini masih berkaitan dengan dunia kesehatan, baik secara langsung dan tidak langsung, yaitu membangun dan mengembangkan Rumah Sakit dalam bentuk saham, yaitu di RS Risa di Mataram, RS Risa Selong, dan Klinik Medismart. Untuk RS Risa Selong dan Klinik Medismart di Mataram, dr. Hamsu turut serta membangunnya dari awal hingga saat ini.

Beliau menekankan bahwa bisnis tidak bisa langsung menjadi besar, segala sesuatu harus dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu dan berinovasi sebanyak mungkin sesuai bidang yang dijalani. Saat mulai merintis bisnisnya, beliau berinovasi dengan membeli alat-alat THT yang belum digunakan dokter-dokter THT di Lombok. Menurut beliau, ini bisa menjadi modal utama sebagai daya tarik untuk pasien dengan menawarkan jasa dari alat tersebut. Ketika memberikan jasa dengan pelayanan yang lebih, pasien yang datang akan merasa senang dan tentunya akan menarik pasien-pasien lainnya.

Bisnis dalam bidang kesehatan yang juga secara tidak langsung beliau geluti adalah Nirwana Waterpark. Nirwana waterpark ini sudah berjalan selama 3 tahun. Nirwana Waterpark memiliki fasilitas kolam renang, restoran, dan lapangan futsal.  Tujuan dr. Hamsu membangun bisnis ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Selain itu, sebagai seorang dokter yang setiap hari bertemu pasien dengan berbagai macam keluhan, berada di tempat hiburan seperti Nirwana Waterpark yang ia bangun merupakan salah satu bentuk refreshing dan berolah raga. Menurut beliau, di tempat itu, ia bisa melihat banyak orang yang sedang merasa senang.

Dengan banyaknya aktivitas yang digeluti, lalu bagaimana dr. Hamsu mengatur waktunya?

dr. Hamsu menerangkan bahwa manajemen waktu sangat penting. Seorang dokter juga butuh istirahat dan berusaha untuk tetap fit ketika akan berhadapan dengan pasien. Kewajiban sebagai seorang PNS tetap harus dipenuhi, namun di luar jam kerja juga perlu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dalam mengatur bisnis, beliau tidak harus sering mengunjungi tempat usahanya secara langsung, misalnya hadir hanya saat rapat pemegang saham yang sekali setahun dilaksanakan. Untuk bisnis Nirwana Waterpark, beliau tetap harus memantau meskipun tidak harus dipantau setiap hari.

dr. Hamsu memiliki inisiatif untuk memanfaatkan teknologi modern berupa program untuk memantau kondisi di Nirwana Waterpark. Teknologi tersebut dapat berfungsi untuk melihat kondisi di lapangan melalui ponsel secara online. Beliau juga menekankan bahwa setiap orang , dalam hal ini mahasiswa, butuh refreshing. Kehidupan di kampus tidak selamanya baik-baik saja, tetapi juga ada masalah yang harus dihadapi, jika tidak dapat dikontrol akan menyebabkan stress dan mengganggu kesehatan.

Terdapat sebuah pesan dari Rasulullah SAW yang dr. Hamsu tekankan, yaitu kejarlah dunia seakan-akan kau akan hidup selamanya, dan kejarlah ibadah seakan-akan kau akan mati besok pagi. Sebagai seorang dokter dan seorang muslim, beliau berpesan jangan sampai menolak untuk mencoba bidang ekonomi. Karena peluang usaha itu banyak sekali.

Penulis : Shofi Suryalathifani

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Penyaluran Bantuan Gempa Lombok melalui FK Unram

Duka menyelimuti pulau Lombok. Pada akhir juli dan awal agustus, pulau seribu masjid ini diguncang gempa dengan kekuatan besar yaitu 6.4 SR dan 7.0 SR. Gempa susulan pun terjadi berulangkali setelah gempa utama tersebut. Beberapa rumah warga dan infrastruktur rusak, korban berjatuhan akibat tertimpa bangunan, keadaan memprihatinkan warga yang tinggal di pengungsian, dan keadaan lain […]

Webinar Bedah Buku “Islam, Sains, dan Kesehatan” karya dr. M. Saifudin Hakim dkk di FK Unram

Pernahkah kita membaca atau mendengar suatu hal yang dikaitkan dengan ajaran Islam dan sains? Banyak yang berdecak kagum ketika hal yang berlabel “islami” dapat dihubungkan dengan sains walaupun itu hanya opini. Doktor dokter Saifudin Hakim dkk menulis sebuah buku yang sangat informatif dan edukatif baik untuk kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Buku ini khususnya membahas […]

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Air zamzam  mendatangkan khasiat dengan niat untuk apa air itu diminum”. (HR. Ibnu Majah) Ibnu Abbas radhiallahu anhu menambahkan dalam riwayatnya, “Air zamzam memenuhi tujuan untuk apa ia diminum; jika engkau meminumnya dengan niatan untuk menyembuhkan penyakitmu, Allah akan menyembuhkan penyakitmu dan jika […]

Event SKI Asy-Syifa

no event