SKI Asy-Syifa

Islamic History

Asal Usul Nama Bulan Ramadhan

Asal Usul Nama Bulan Ramadhan

Sebenarnya, sejak zaman dulu, bangsa Arab telah menggunakan kalender Qamariyah. Akan tetapi, tidak semua masyarakat di jazirah Arab sepakat dalam menentukan kalender tertentu. Hal ini menyebabkan mereka memiliki penanggalan yang berbeda. Walaupun begitu, mereka mengenal kalender Qamariyah dan menggunakan konsepnya untuk membuat kalender bagi suku masing – masing.

Kalender Qamariyah yang mereka kenal dulu sama seperti kalender Qamariyah yang kita ketahui sekarang. Dalam 1 tahun terdapat 12 bulan dan awal tahun ditentukan dengan terbitnya hilal (bulan sabit pertama). Mereka menetapkan bulan Muharram sebagai awal tahun dan 4 bulan haram (bulan suci). Pada bulan haram, mereka dilarang melakukan perang antarsuku atau golongan.

Terdapat 5 bulan yang namanya ditetapkan berdasarkan musim pada bulan tersebut. Adapun 5 bulan tersebut, yaitu :

  1. Rabi’ul awal dan akhir, diambil dari kata rabi’ (ربيع) yang berarti semi karena bertepatan dengan musim semi.
  2. Jumadil Ula dan Akhiral, berasal dari kata jamad (جماد ) artinya beku. Kedua bulan bertepatan dengan musim dingin di mana air pada bulan itu membeku.
  3. Ramadhan, berasal dari kata ramadha’ (رمضاء) artinya sangat panas karena bulan tersebut bertepatan dengan musim panas.

Dalam kitab Tahdzib al-Asma wa al-Lughat yang ditulis oleh An-Nawawi, beberapa ahli bahasa yang berpendapat mengenai penamaan bulan Ramadhan.

  1. Pendapat pertama disampaikan oleh al-Ashma’i, seorang ulama ahli bahasa dan syair Arab dari Abu Amr. Ramadhan diambil dari kata ar-Ramd artinya panasnya batu karena teriknya panas matahari. Bulan ini bertepatan dengan musim panas yang sangat terik hingga batu menjadi panas.
  2. Al-Khalil bin Ahmad al-Farahidi, seorang ulama tabi’in ahli bahasa dan peletak ilmu arudh, mengatakan Ramadhan diambil dari kata ar-Ramidh yang berarti awan atau hujan yang turun di akhir musim panas dan memasuki musim gugur. Hujan disebut ar-Ramidh karena menghilangkan teriknya panas matahari. Oleh karena itu, dinamakan bulan Ramadhan karena dapat membersihkan badan dari berbagai dosa.
  3. Diriwayatkan oleh al-Azhari, seorang ulama ahli bahasa dan penulis kitab Tahdzib al-Lughah, kata Ramadhan diambil dari pernyataan orang Arab, (رمضت النصل) artinya mengasah tombak dengan dua batu sehingga menjadi tajam. Dianamakn Ramadhan karena pada zaman dulu masyarakat Arab mengaasah senjata pada bulan ini untuk persiapan perang di awal bulan Syawal, sebelum memasuki bulan haram.

Berdasarkan keterangan al-Azhari, Al wahidi mengatakan bahwa nama Ramadhan sudah ada sejak zaman jahiliyah. Sementara berdasarkan 2 pendapat pertama, nama Ramadhan adalah nama Islami.

 

 

Sumber :

Mengapa Dinamakan Bulan Ramadhan?

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Kegiatan Kesmas Al-Wafi 2018

Transfusi darah adalah kegiatan dalam membantu penyembuhan manusia ketika kadar darah dalam tubuh dibawah yang seharusnya. Menyumbangkan darah kepada orang lain yang amat membutuhkannya menurut kesepakatan para ahli fikih termasuk dalam kerangka tujuan syariat Islam, yaitu menghindarkan salah satu bentuk kemudaratan yang akan menimpa diri seseorang. Meskipun pada hakikatnya darah yang dikeluarkan dari tubuh manusia […]

7 Cara Menenangkan Hati

Selama manusia hidup, kesenangan dan kesedihan selalu bergantian mengisi hari-hari. Permasalahan yang terus-menerus datang, baik itu ringan maupun berat, akan memberikan dampak pada hati seseorang. Ketika dihadapkan dengan masalah, manusia sering menghindarinya. Namun, dengan menghindari masalah yang dimiliki, hati akan merasa tidak tenang. Dalam Islam, kita diajarkan cara untuk membuat hati menjadi tenang dan selalu […]

Tutur Kata yang Baik

Saudaraku.. Mungkin dari kita sering atau suka menggunakan kata-kata yang tidak baik. Kata dusta. Kata hinaan. Serta ujaran kebencian. Kata-kata tersebut diucapkan baik saat bercanda, atau sedang serius, marah, dan sebagainya. Ada pula yang mengatakannya demi memuaskan diri saja. Atau ingin menjatuhkan suatu tokoh yang terkenal. Wahai saudaraku, apakah baik sikap muslim seperti itu ? […]

Event SKI Asy-Syifa

no event