SKI Asy-Syifa

Islamic Study

Apakah Maryam saudari Harun dan Musa?

Apakah Maryam saudari Harun dan Musa?

Orang-orang saat itu begitu kaget melihat Maryam yang sedang membawa bayinya, Isa alaihissalam. Mereka berkata:

يَا أُخْتَ هَارُونَ مَا كَانَ أَبُوكِ امْرَأَ سَوْءٍ وَمَا كَانَتْ أُمُّكِ بَغِيًّا

“Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina.” (QS Maryam: 28)
Siapakah Harun yang namanya termaktub dan merupakan saudara kandung Maryam itu?
Apakah Harun tersebut adalah Harun yang merupakan saudara Musa?

Di antara hal yang diketahui dalam sejarah bahwa Musa dan saudaranya Harun wafat beribu-ribu tahun sebelum Maryam, sehingga tidak bisa tergambarkan bahwa Harun yang termaktub dalam ayat di atas adalah Harun saudara Musa.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah menyinggung masalah ini dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, sahabat Mughirah ibn Syu’bah berkisah:

لَمَّا قَدِمْتُ نَجْرَانَ سَأَلُونِي فَقَالُوا إِنَّكُمْ تَقْرَءُونَ يَا أُخْتَ هَارُونَ وَمُوسَى قَبْلَ عِيسَى بِكَذَا وَكَذَا فَلَمَّا قَدِمْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ

“Ketika aku mendatangi kota Najran, para penduduknya bertanya kepadaku; ‘Sesungguhnya kalian membaca (ayat) “wahai saudara Harun”, padahal Musa hidup sebelum Isa berjarak beberapa tahun.’ Maka ketika aku datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, aku menanyakan hal itu kepada beliau, dan beliaupun menjawab: ‘Dulu mereka memberi nama dengan nama-nama para Nabi mereka dan orang-orang shaleh sebelum mereka.’

(Shahih Muslim, no. 3982)

Masyarakat di masa Maryam saat itu menamai anak mereka dengan nama para nabi dan orang shaleh, dan Harun adalah salah satu nama yang mereka pilih sebagaimana saat ini kaum muslimin menamakan anak mereka dengan nama Muhammad.

Karena itu, Harun yang tertera dalam ayat di surat Maryam di atas dan merupakan saudara Maryam adalah orang shaleh namun bukanlah Harun saudara Musa -alaihimussalam-. Demikianlah penjelasan ulama yang kami dapati dalam tema ini.

___

Kesimpulan:

-1. Harun saudara Maryam adalah orang shaleh dan bukanlah Harun saudara Musa.

-2. Keutamaan nama Harun sebab Allah menjadikan dan memilih nama tersebut sebagai nama nabi dan mencantumkannnya dalam Al-Qur’an.

-3. Orang-orang Nasraniy menggunakan ayat tersebut sebagai senjata untuk menyerang al-Qur’an. Mereka mengklaim bahwa kitab suci umat Islam mengandung kesalahan historis. Mereka mempermasalahkan sebutan Maryam sebagai saudara perempuan Harun sedang Harun sendiri adalah saudara Musa telah meninggal ribuan tahun sebelum Maryam.
-4. Semenjak dulu hingga kini tak henti-hentinya kaum Nashraniy menyebarkan kerancuan dalam beragama.

-5. Bukanlah aib jika sebagian kaum muslimin tidak bisa menjawab pertanyaan orang Kristen, sebab Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak mencela Mughirah ibnu Syu’bah yang tidak tahu siapa Harun yang dimaksud. Walaupun begitu tetap disyariatkan untuk bertanya kepada ahli ilmu tentang kerancuan-kerancuan yang disematkan oleh kaum Nashrani.
-6. Pentingnya memahami al-Qur’an bersumber dari pijakan yang otentik. Dibutuhkan hadits-hadits nabi shallallahu alaihi wasallam dalam menafsirkan al-Qur’an. Dalam hal ini, sahabat Mughirah bertanya dan menerima tafsir langsung dari nabi shallallahu alaihi wasallam.. . .

___

Yani Fahrianyah (172)

Asrama, Januari 2017

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Penyaluran Bantuan Gempa Lombok melalui FK Unram

Duka menyelimuti pulau Lombok. Pada akhir juli dan awal agustus, pulau seribu masjid ini diguncang gempa dengan kekuatan besar yaitu 6.4 SR dan 7.0 SR. Gempa susulan pun terjadi berulangkali setelah gempa utama tersebut. Beberapa rumah warga dan infrastruktur rusak, korban berjatuhan akibat tertimpa bangunan, keadaan memprihatinkan warga yang tinggal di pengungsian, dan keadaan lain […]

Webinar Bedah Buku “Islam, Sains, dan Kesehatan” karya dr. M. Saifudin Hakim dkk di FK Unram

Pernahkah kita membaca atau mendengar suatu hal yang dikaitkan dengan ajaran Islam dan sains? Banyak yang berdecak kagum ketika hal yang berlabel “islami” dapat dihubungkan dengan sains walaupun itu hanya opini. Doktor dokter Saifudin Hakim dkk menulis sebuah buku yang sangat informatif dan edukatif baik untuk kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Buku ini khususnya membahas […]

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Air zamzam  mendatangkan khasiat dengan niat untuk apa air itu diminum”. (HR. Ibnu Majah) Ibnu Abbas radhiallahu anhu menambahkan dalam riwayatnya, “Air zamzam memenuhi tujuan untuk apa ia diminum; jika engkau meminumnya dengan niatan untuk menyembuhkan penyakitmu, Allah akan menyembuhkan penyakitmu dan jika […]

Event SKI Asy-Syifa

no event