SKI Asy-Syifa

Islamic Study

Amalan yang Langgeng : Ilmu yang Bermanfaat

Amalan yang Langgeng : Ilmu yang Bermanfaat

Kita butuh amal jariyah, karena amal inilah yang akan menemani kita di alam kubur.

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullahﷺ  bersabda, “Yang mengikuti mayit sampai ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya.” (HR. Bukhari no.6514; Muslim no.2960)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631)

Salah satu amalan yang langgeng tersebut adalah Ilmu (yang bermanfaat) yang diambil manfaatnya. Ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang bermanfaat, yakni ilmu berupa penerangan tentang agama, mengenal Allah sebagai Rabb dan sesembahan, juga pengajaran yang akan menuntun pada shirathal mustaqim (jalan yg lurus). Ilmu yang disebar ini merupakan ilmu yang memberikan kemampuan untuk mengenali manakah yang petunjuk atau kesesatan, manakah yang benar dan yang batil, manakah yang halal dan yang haram.

Hal itulah yang menunjukkan besarnya keutamaan para ulama yang terus memberi nasihat dan da’i yang ikhlas. Mereka terus memberikan penerangan pada hamba, negeri dan kaum. Mereka menjelaskannya dengan penuh hikmah. Hidup mereka sangat berharga, kematian mereka menjadi musibah.

Para ulama dan da’i terus mengajarkan orang-orang yang jahil (bodoh), mereka mengingatkan orang-orang yang lalai, dan mereka memberi petunjuk pada orang-orang yang sesat. Mereka tetap terus eksis dan tidak khawatir mengenai bahaya yang menimpa mereka sama sekali.

Ketika salah satu ulama tiada, ilmunya tetap berada di tengah manusia. Tulisan dan ucapannya terus tersebar. Ilmunya terus dimanfaatkan dan diambil. Padahal ia sudah berada di dalam kubur dalam keadaan terus menerus menerima pahala.

Dengan adanya media online, social media, dan lainnya akan sangat mudah menyebar ilmu-ilmu tersebut. Orang yang belum pernah menemuinya atau tidak hidup sezamannya masih bisa mendapatkaan manfaat. Begitu pula orang yang menyebarkan tulisan yang penuh faedah, maka ia akan mendapatkan bagian dari pahala.

Allahua’lam

Dikutip oleh : Azhar Rafiq

Daftar Pustaka :

Tuasikal, M. Abduh. 2017. Amalan yang Langgeng (12 Amal Jariyah). Penerbit Rumaysho

Tuasikal, M. Abduh. 2016. 7 Amal Jariyah. Available at : https://rumaysho.com/14488-7-amal-jariyah.html

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Yuk Intip, Apa Saja Makna Dan Tujuan Berpuasa!

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, get yourself ready! Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan tentu saja sudah dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Bukan hanya sekedar banyaknya diskon-diskon pakaian, makanan yang beraneka ragam atau moment berkumpul dengan keluarga saja. Lebih dari itu semua, banyak banget hal yang bisa kita dapatkan di bulan […]

Event SKI Asy-Syifa

no event