SKI Asy-Syifa

Health

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Air zamzam  mendatangkan khasiat dengan niat untuk apa air itu diminum”. (HR. Ibnu Majah)

Ibnu Abbas radhiallahu anhu menambahkan dalam riwayatnya, “Air zamzam memenuhi tujuan untuk apa ia diminum; jika engkau meminumnya dengan niatan untuk menyembuhkan penyakitmu, Allah akan menyembuhkan penyakitmu dan jika engkau meminumnya untuk menghilangkan dahagamu. Zamzam adalah pukulan yang amat kuat dari Jibril dari Allah untuk Ismail.”  (HR. Ibnu Majah)

Ada banyak hadits yang berbicara mengenai kebaikan dan manfaat yang terkandung dalam air zamzam, termasuk gambaran tentang sumur zamzam itu sendiri. Jibril mengalirkan air zamzam atas perintah Allah subhannahu wa ta’ala sebagai suatu kehormatan untuk Ismail alaihissalam dan ibunya setelah Nabi Ibrahim alaihissalam meninggalkan mereka berdua di tengah lembah padang pasir nan sepi. Kini lokasinya dekat dengan Ka’bah yang mulia.

Waktu itu, ibunda Ismail panik karena terisolir di tempat tersebut dan bertanya kepada suaminya, Ibrahim alaihissalam,

“Kepada siapa engkau hendak menyerahkan kami?”

Ibrahim berkata “Kepada Allah Yang Mahakuasa”

Lalu sang ibunda menjawab, “Saya percaya kepada-Nya. Apakah Dia memerintahkannya kepadamu?”

Ibrahim menjawab, “Iya.”

Saat Ibrahim pergi, Ibrahim berdoa kepada Allah Yang Mahakuasa agar menemani dan memberi sarana penghidupan kepada mereka.

Ibunda Ismail (Siti Hajar) kemudia berkata, “Allah tidak pernah melalaikan kami.”

Sebagai balasan atas imannya yang mendalam, Allah Yang Mahakuasa mengalirkan air zamzam untuknya. Air zamzam ini telah ada lebih dari 3000 tahun. Meskipun banyak galian dan timbunan terjadi di dalam dan di sekitar sumur, aliran ini masih tetap ada. Debit aliran air per hari sebesar 18,5 liter per detik.

Air zamzam ini secara sains telah diteliti memiliki banyak manfaat. Berikut perbedaan antara air zamzam dengan air mineral biasa:

Air zamzam memiliki komposisi dan kandungan trace element yang lebih tinggi daripada air mineral biasa sehingga meminumnya dapat menjadikan tubuh menjadi lebih sehat. Air zamzam juga memiliki rasio kandungan kalsium dan magnesium yang ideal untuk tubuh kita sehingga meminumnya dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, karies dentalis, dan mengurangi risiko bayi berat lahir rendah serta mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan flourida didalamnya juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sabda Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam tentang banyaknya manfaat yang terkandung dalam air zamzam telah terbukti secara ilmiah. Semoga dengan mengetahui kebenaran dibalik manfaat air zamzam, dapat menambah keimanan kita kepada Allah subhannahu wa ta’ala dan Nabi Muhammad shallahu ‘alahi wassalam. Aamiin.

 

Penulis : M. Sultan Ardhi Pratama Firdausy

Editor : Larasita Prameswari

Sumber :

Dr. Zakir Naik., Miracles of Al Quran and As Sunnah

Munir,N , et.al., 2015. Physio-Chemical Differences Between Aab-E-ZamZam and Mineral Water Effect of Water Intake on Blood Pressure

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

Air Zamzam dengan Segudang Manfaat Didalamnya

Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Air zamzam  mendatangkan khasiat dengan niat untuk apa air itu diminum”. (HR. Ibnu Majah) Ibnu Abbas radhiallahu anhu menambahkan dalam riwayatnya, “Air zamzam memenuhi tujuan untuk apa ia diminum; jika engkau meminumnya dengan niatan untuk menyembuhkan penyakitmu, Allah akan menyembuhkan penyakitmu dan jika […]

Dibalik Kebaikan Donor Darah

  donor/do·nor/ n  1 penderma; pemberi sumbangan; 2 penderma darah (yang menyumbangkan darahnya untuk menolong orang lain yang memerlukan): — darah. Donor darah merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Darah yang telah didonorkan ini kemudian akan ditransfusikan kepada orang yang membutuhkan. Transfusi darah bertujuan untuk mengembalikan darah yang hilang misalnya saat operasi atau pada cedera parah. […]

Api yang Berbeda

Ya dia adalah Bilal, seseorang yang sontak membuat geger penyelenggaraan Ospek waktu itu. bagaimana tidak, dia satu-satunya maba yang berani menentang senior, karena sikap senior yang tidak bisa diterima. Di saat kami dimarah-marah oleh senior, kami hanya bisa diam dan menundukkan kepala, tetapi tidak dengan dia, dia berani mengatakan salah jika salah dan menunjukkan benar […]

Event SKI Asy-Syifa

no event