SKI Asy-Syifa

Lifestyle

Adab Makan dan Minum Rasulullah ﷺ

Islam merupakan agama yang mengatur seluruh segi kehidupan kita. Mulai dari beribadah, bersosialisaisi, hingga adab-adab dalam melakukan sesuatu, seperti makan pun diatur dalam Islam. Makan dan minum adalah hal yang setiap orang lakukan setiap hari, sehingga kebanyakan orang menyepelekan hal ini. Dengan melakukan makan dan minum sesuai dengan adab atau tata cara yang diatur dalam Islam, maka itu juga mencerminkan seseorang memiliki akhlaq yang baik dan akan dihitung oleh Allah sebagai bentuk ibadah jika disertai dengan niat yang baik. Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sesungguhnya setiap perbuatan dilandaskan pada niat, dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang diniatkan..” (1)

Lantas, sebenarnya bagaimana sih tata cara makan dan minum yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ dalam Islam? Simak penjelasan di bawah ini!

Islam mengajarkan kepada kita untuk menikmati makanan yang halalan, yaitu bahwa makanan itu halal zat dan cara memperolehnya, serta toyyiban yang artinya baik atau tidak mudarat terhadap yang mengkonsumsinya. Setelah memilih makanan yang halal dan tidak membahayakan diri, maka selanjutnya kita juga harus memperhatikan tata cara makan yang benar menurut agama Islam.

Berikut adalah tata cara makan dan minum yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad ﷺ.

  1. Dilarang makan dan minum pada bejana emas dan perak. Rasulullahﷺ  bersabda:

“Janganlah kalian memakai kain sutra dan yang bergaris sutra (dibaj adalah jenis kain persia. Pen.) dan jangan pula kalian minum pada bejana emas dan perak serta makan pada piring yang terbuat dari emas dan perak sebab dia (semua disebutkan di atas) adalah bagi mereka di dunia dan bagi kalian di akhirat.(2)

  1. Membagi perutmu menjadi tiga bagian, yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Tidaklah seorang anak Adam mengisi sesuatu yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tulang punggungnya, dan jika dia harus mengerjakannya maka hendaklah dia membagi sepertiga untuk mkanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga untuk nafasnya.(3)

  1. Tidak dianjurkan makan yang banyak. (4)
  1. Tidak berlebihan dalam variasi makanan, sebagian ulama Abu Hanifah berkata: Termasuk berlebihan jika terdapat di atas meja makan roti dengan jumlah yang melebihi kebutuhan orang yang makan, dan termasuk berlebihan menyediakan bagi diri makanan yang beragam. (5)
  1. Menggunakan tangan kanan dan memakan makanan yang dekat. (6)
  1. Dilarang makan sambil ittika’ (berbaring), Rasulullah bersabda: Sesungguhnya aku tidak makan secara berbaring. (7) Di antara bentuk berbaring tersebut adalah:
    1. Berbaring ke sebelah kiri.
    2. Duduk Bersila.
    3. Bertopang pada salah satu tangan dan makan dengan tangan yang lain.
    4. Bersandar pada sesuatu, seperti bantal atau hamparan di bawah tempat duduk seperti yang dilakukan para pembesar.
  1. Mendahulukan makan dari shalat pada saat makanan sudah dihidangkan, berdasarkan sabda Nabi:

“Apabila makan malam sudah dihidangkan maka mulailah dengan makan malam dan janganlah tergesa-gesa sampai dia selesai makan malam. (8)

  1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, berdasarkan sabda Nabi:

“Barangsiapa yang tidur sementara tangannya dipenuhi bau daging dan dia belum mencucinya lalu ditimpa oleh sesuatu maka janganlah dia mencela kecuali dirinya sendiri. (9)

  1. Membaca Basmalah pada permulaan makan. Jika lupa di awal, maka membaca:

  1. Setelah selesai makan maka dia mengucapkan salah satu do’a yang telah diajarkan oleh Rasulullah, yaitu:

“Segala puji bagi Allah, pujian yang berlimpah lagi baik dan berkah yang senantiasa dibutuhkan, diperlukan dan tidak bisa ditingalkan wahai rabb kami.(10)

Atau membaca do’a:

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan aku makan dengan makanan ini, dan menjadikannya sebagai rizki bagiku tanpa daya dan upaya dariku.(11)

  1. Tidak bertanya tentang asal makanan, dijelaskan dalam sebuah hadits:

“Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi saudaranya semuslim lalu dia menyuguhkan kepadanya makanan maka hendaklah dia memakannya tanpa bertanya tentang (asal) makanan tersebut dan jika dia memberinya minum maka hendaklah meminumnya tanpa bertanya tentang asal minuman tersebut. (12)

  1. Dianjurkan menyeragamkan makanan antara semua yang hadir.
  1. Dibolehkan mendahulukan sebagian makanan kepada teman duduknya sebagai bentuk sifat lebih mengutamakan orang lain atas dirinya.
  1. Dibolehkan memberikan makan kepada orang yang meminta-minta dan kucing dengan syarat orang yang memberikan makanan tidak terganggu dengan tindakan tersebut. (13)
  1. Dianjurkan makan dari apa-apa yang ada di pinggir piring bukan dari atasnya (bagian tengah makanan). (14)
  1. Dianjurkan makan dengan menggunakan tiga jari(15) dan menjilat tangan(16), berdasarkan hadits Ka’ab bin Malik radhiallahu anhu bahwa Rasulullah makan dengan tiga jari dan mejilati tangannya sebelum membersihkannya” (17) dan hikmah menjilat jari-jari adalah karena perintah Nabi Muhammad yang memerintahkan menjilati jari-jari dan piring tempat makan dan bersabda: “Kalian tidak mengetahui di bagian makanan manakah keberkahan tersebut.” (18)
  1. Dianjurkan mengambil suapan yang terjatuh dan membersihkan apa-apa yang menempel lalu memakannya. (19)
  1. Tidak disyari’atkan mencium makanan, sebagaimana yang ditegaskan oleh Syekhul Islam Ibnu Taimiyah rahimhullah Ta’ala.
  1. Dianjurkan memakan makanan setelah hilang panasnya. (20)
  1. Dilarang mencela dan menghina makanan, sebagimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah tidak pernah mencela makanan sedikitpun, apabila beliau menyukainya maka beliau memakannya dan jika tidak menginginkannya maka beliau meninggalkannya.(21) Imam Nawawi rahimahullah berkata: Dan di antara adab makan yang harus adalah makanan tersebut tidak dicela, seperti mengatakan: makanan ini asin atau kecut. (22)
  1. Mengutamakan minum dengan cara duduk, dan Nabi Muhammad menghardik seorang yang minum dengan cara berdiri(23), namun dibolehkan minum secara berdiri berdasarkan hadits riwayat Ibnu Abbas RA menceritakan bahwa dia memberi minum kepada Rasulullah dari air zamzam, lalu beliau meminumnya, sementara beliau tetap berdiri. (24)
  1. Dimakruhkan bernafas dan meniup di dalam bejana (tempat minum). (25)
  1. Dianjurkan bernafas (di luar bejana) tiga kali ketika seseorang sedang minum. Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Nabi bernafas (di luar bejana) tiga kali saat minum, dan beliau menegaskan bahwa hal itu lebih mengenyangkan, memuaskan dan lezat.”(26) Dan dibolehkan minum dengan satu kali nafas, sebab Nabi Muhammad tidak mengingkari seseorang yang sedang minum (dengan satu kali nafas), dan beliau berkata: Sesungguhnya aku tidak kenyang (minum) dengan satu kali nafas”.
  1. Diharamkan duduk di hadapan hidangan minuman keras. (27)
  1. Disunnahkan menghabiskan sisa makanan yang ada pada piring atau nampan tempat makan. (28)
  1. Termasuk etika makan adalah tidak makan di jalanan.
  1. Termasuk etika makan adalah tidak melihat kepada wajah orang-orang yang sedang makan.
  1. Termasuk etika makan adalah tidak berbicara dengan sesuatu yang menjijikkan atau mengundang ketawa orang yang sedang makan.
  1. Termasuk etika makan tidak memuntahkan sesuatu yang telah ditelan ke dalam nampan tempat makanan, dan tidak pula mencium bau makanan

Referensi

  1. Bukhari
  2. Bukhari no: 5426, Muslim no: 206
  3. Dishahihkan oleh Albani dalam kitab silsilatus shahihah no: 2265.
  4. Bukhari no: 5393, Muslim 2060, 182.
  5. Al-Adabus Syar’iyah no: 3/193.
  6. Bukhari no: 5376, Muslim no: 2022.
  7. Abu Dawud no: 3774 dan dishahihkan oleh Albani
  8. Bukhari no: 674, Muslim no: 559.
  9. Ahmad no: 7515, Abu Dawud no: 3852 dan dishahihkan oleh Albani
  10. Bukhari 5459
  11. Turmudzi no: 3458 dan dihasankan oleh Albani no : 3348.
  12. Imam Ahmad dalam Musnadnya 2/399, hadits ini dishahihkan oleh yang alim Albani rahimhullah dalam kitab Silsilatus Shahihah no: 627.
  13. Al-Adabus Syar’iyah 3/182.
  14. Abu Dawud no:3772. Dan bagian tengah dikhususkan bagi turunnya berkah sebab bagian tersebut adalah bagian yang paling adil.
  15. Dan jari yang dipergunakan menyantap makanan adalah Jari telunjuk, ibu jari dan jari tengah, kecuali makanan tersebut sejenis tsarid (makanan roti yang direndam dalam kuah) atau yang sejenisnya maka diperbolehkan makan dengan lima jari-jarinya. Ibnul Qoyyim rahimhullah mengatakan: Cara makan yang paling mulia yaitu makan dengan menggunkan tiga jari-jari, sebab orang yang sombong makan dengan satu jari sementara orang yang kuat makan dengan lima jari sekligus dan mendorong makanan tersebut dengan tenang.
  16. Dan cara menjilat jari-jari adalah memulai menjilat yang dengan jari tengah, kemudian jari telunjuk dan ibu jari, dan hadits tentang masalah ini diriwayatkan oleh Al-Thabrani dalam kitab Al-Mu’ajmul Ausath. Saat itu mereka belum mempunyai tissu untuk membersihkan tangan mereka.
  17. Muslim no: 20222.
  18. Muslim no: 2033.
  19. Sisilatus Shahihah no: 1404
  20. Albani berkata di dalam kitabnya: Irwa’ul Galil no: 1978: Shahih dan diriwayatkan oleh Al-Baihaqi 7/2580.
  21. Bukahri no: 5409
  22. Fathul Bari, Ibnu Hajar no: 9/548
  23. Dari Anas radhiallahu bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam melarang minum secara berdiri. HR. Muslim no: 2024.
  24. Bukhari no: 1637
  25. Bukhari no: 5630, Al-Hafiz berkata di dalam kitabnya: Fathul Bari 10/80: Larangan tentang meniup di dalam bejana didasarkan pada beberapa hadits, begitu juga dengan larangan bernafas padanya, sebab bisa saja saat bernafasnya terjadi perubahan pada mulutnya karena pengaruh makanan atau karena jarang bersiwak dan berkumur, atau karena nafas tersebut naik bersama dengan gas yang terdapat di dalam lambung, dalam masalah ini meniup lebih keras dari sekedar bernafas.
  26. Bukhari no: 45631.
  27. Ahmad no: 14241.
  28. Al-Adabus Syar’iyah no: 3/161.

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

RAJIN SHOLAT TAPI SERING NONTON FILM PORNO?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh Hallo sahabat semua, sejatinya penulis juga sedang belajar agar sama-sama dijauhkan dari hal-hal yang bisa menjauhkan diri ini dengan Allah, maka teruslah berusaha sesungguhnya ampunan Allah itu amat luas. Tulisan kali ini tentang “Rajin Sholat Tapi Sering Nonton Film Porno?, hmm itu bagaimana ya?? Seakan-akan ia taubat namun lagi-lagi melakukan […]

DULUAN MANA, BERHIJAB DULU ATAU UBAH SIKAP DULU?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh Di zaman yang pernah lika-liku ini, banyak orang untuk berpikir berhijab dulu atau ubah sikap dulu? Padahal keduanya sudah sangat jelas, hijab adalah hal yang wajib dan mengubah sikap pun tak kalah wajibnya, sudah semsestinya dua hal tersebut beriringan bukan malah menjadi bahan pertanyaan mana yang lebih dulu dikerjakan. Dari […]

DI BALIK SUNNAH MAKAN DENGAN TIGA JARI

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh Ketika kita mencintai seseorang maka salah satu bentuk bahwa kita benar mencintai ialah segala yang dilakukan akan kita usahakan dituruti, lalu sudahkah kita benar-benar mencintai baginda nabi Muhammad shallalalahu ‘alaihi wa sallam?, maka tulisan ini pun semoga menjadi bukti bahwa benarlah diri ini mencintai sang Murabbi tercinta. Mari sedikit demi […]

MENGENAL LEBIH JAUH IBNU RUSYD, DOKTER JENIUS DARI ANDALUSIA

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahhi Wa barokatuh…       Ibnu Rusyd (Abu Al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd, 1126-11 Desember 1198), adalah seorang filsuf dan pemikir dari Al-Andalus yang menulis di berbagai bidang antara lain : Filsafat, Akidah atau teotologi Islam, Kedokteran, Astronomi, Fisika, Fikih atau hukum Islam, dan, Linguistik Ibnu Rusyd lahir pada tahun 1126M/520H di Kordoba, […]

KHITANAN PADA WANITA, WAJIB ATAU SUNNAH?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, nah loh kali ini tulisan ini berisikan Khitanan pada wanita, wajib atau sunnah?, kira-kira apa ya? Bismillah, dibaca aja langsung ya, semoga bermanfaat. Berkhitan atau sunat itu sendiri adalah memotong kulit yang menutupi kepala/ujung kemaluan bagi laki-laki dan memotong kulit bagian atas kemaluan bagi perempuan. (Lihat Shohih Fiqh Sunnah,I/98). Berkhitan […]

JANGAN BUNUH DIRIMU, ALLAH MASIH SAYANG

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, Semakin hari zaman semakin mengerikan, emosi orang semakin memuncak, salah sedikit lansung naik darah, hingga melewati yang namanya evaluasi diri atau mungkin menanyakan di mana letak kesalahannya. Tak hanya itu, pada zaman milineal, zamannya tekhnologi yang begitu dahsyat, bisa membuat orang menjadi gila bahkan rela menyiksa dirinya hingga hilang nyawa. […]

HIKMAH PROSES PERSALINAN MARYAM BINTI IMRAN

Assallamu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, sudah tahu belum kisah wanita suci yang sangat sabar??? Tahu gak? Yup, bunda Maryam binti Imran, kira-kira ada yang tahu gak niih proses persalinannya bagaimana? Lalu, hikmahnya apa saja??? Hayo-hayo, daripada nebak-nebak gak jelas, mending yuk sama-sama simak tulisan kali ini, terus dibaca yaa sampai selesai, semoga bermanfaat. Hikmah Proses […]

DOKTER MELIHAT AURAT LAWAN JENIS KETIKA MEMERIKSA, BOLEHKAH?

Assallammu’alaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh, kali ini kita akan membahasa perihal dokter, kira-kira niih apakah dokter boleh melihat aurat lawan jenis ketika memeriksa pasiennya?? Hmmm bolehkah?, jika boleh apa saja aturannya, yuuk terus simak tulisan ini sampai selesai ya, semoga bermanfaat. Dokter melihat aurat lawan jenis ketika memeriksa, bolehkah???, mari kita batasi dulu pembahasan kita […]

MASUK NERAKA LEWAT JALUR SNMPTN

Assallammu’alaikum  Warohmatullahi Wabarokatuh, hari ini kita akan membahas tentang “Masuk Neraka Lewat Jalur SNMPTN” … Nah loh kira-kira ada yang berminat??? Saya harap tidak ada yang berminat yaaa,tapi sebelumnya tahu gak niih masuk Neraka lewat jalur SNMPTN ini bagaimana?, biar nggak penasaran yuuk simak terus ya tulisan ini , Dalam Islam  neraka adalah seburuk-buruknya tempat […]

AUTO MASUK SURGA, EMANG PUNYA ORANG DALAM?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Alhamdulillah hari ini masih selalu diberikan kesehatan sehingga hari ini dapat menulis kembali, semoga apa yang ditulis hasilnya dapat bermanfaat baik bagi penulis dan pembaca. Mari kita sama-sama luruskan niat-niat kita agar tetap hanya mengaharap ridho dan berkah Allah SWT. aamiin. Auto masuk Surga, emang situ punya orang dalam? Hayoo punya gak […]

INVESTASI DOSA ATAU PAHALA?

Investasi dosa?Atau pahala? … Hmmm dari kedua pilihan tersebut, sudah tentu yang dipilih adalah Investasi PAHALA,  bagi orang-orang yang berpikir, dan tentu bagi mereka yang sangat takut dengan dahsyatnya ancaman siksa neraka. Nah dirimu, pilih apa? pilih DIA?  Ya, DIA…Siapa?  Yaitu ALLAH. Masya Allah, semoga kita semua tergolong orang-orang yang selalu berharap dan berupaya meraih […]

“PENYESALAN SEORANG AHLI SYURGA”

Assallammu’alaikumWarohmatullahiWabarokatuh, Penyesalan seorang ahli Syurga, apakah benar seorang ahli Syurga menyesal?, kalau menyesal, apa yang disesalinya,?, padahalkan di Syurga nikmat Allah sungguh melimpah, hal ini jelas diterangakan dalam hadist Riwayat Muslim, bahwa Rasulullah Shallallahua’laihiwasallam bersbda “Barang siapa yang masuk surga, ia akan diberikan kenikmatan tanpa ada kesusahan, tidak menjadi usang atau lusuh baju ( yang dipakainya), […]

Wajib gak sih taat kepada pemimpin?

Pemimpin memiliki tanggung jawab besar dalam mengatur kemaslahatan umat, menjaga eksistensi agama, dan juga menjalankan pemerintahan sesuai dengan syariat agama. Besarnya tanggung jawab yang dipikul oleh pemimpin inilah yg mewajibkan seluruh umat muslim untuk menaati para pemimpin, seperti isi dalam hadist berikut:مَنْ بَايَعَ إِمَامًا فَأَعْطَاهُ صَفْقَةَ يَدِهِ وَثَمَرَةَ قَلْبِهِ فَلْيُطِعْهُ مَا اسْتَطَاعَ ، فَإِنْ جَاءَ […]

SATU DETIK yang BERHARGA

Assallammu’alaikumwarohmatullahiwabarokatuh, Alhamdulillah selalu kita panjatkan puja dan puji syukur kita terhadap Allah SWT. yang selalu dan senantiasa memberikan nikmat sehat dan sempat, kedua kalinya tak lupa kita haturkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar kita yakni nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihiwasallam yang telah bersusah payah dan tak kenal hentimengabdikandiriyakepada Allah SWT. sehingga agama Allah bisa […]

JANGAN PERNAH PUTUS ASA DALAM BERDOA

Allâh Azza wa Jalla berfirman: وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].gi Imam Sufyan ats-Tsauri rahimahullah mengatakan bawha makna ayat […]

Setiap amalan tergantung pada niat

Dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليه .ِ“Sesungguhnya setiap amalan […]

Kebiasaan sebelum dan setelah bangun tidur Rasulullah

dari Hudzaifah bin Al Yaman berikut ini. Beliau radhiallahu ‘anhu mengatakan: كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ إذا أخذ مضجعه من الليلِ قال : ( اللهم باسمك أموت وأحيا ) . فإذا استيقظ قال : ( الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ ) “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berbaring di tempat berbaringnya […]

“Semangat Menuntut Ilmu”

ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة “Barangsiapa yang berjalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim). Ilmu adalah perkara yang sangat penting dalam kehidupan. Ketika manusia hidup di dunia dia membutuhkan ilmu pengetahuan. Maka dari itulah, kemuliaan seseorang terletak pada ilmu yang dia […]

Keutamaan Bersedekah

Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntungan, keutamaan, kemuliaan orang-orang yang bersedekah. Diantara keutamaan bersedekah antara lain: Sedekah dapat menghapus dosa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614) Diampuninya dosa di […]

TANTANGAN DAKWAH DI ERA MILENIAL

Assallammu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh… Marilah kita bersyukur kepada Allah ‘Azza wa Jalla atas nikmat dan kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita semua, sehingga Alhamdulillah anda bisa membaca artikel ini dan saya pun Alhamdulillah masih bisa diberikan  kesempatan  untuk menulis artikel ini, kedua kalinya tak lupa kita haturkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi […]

BIOGRAFI SINGKAT ILMUWAN DOKTER MUSLIM YANG MEMILIKI PENGARUH BESAR TERHADAP ILMU PENGETAHUAN

Assallammu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh, halo sahabat iman, terkhusus untuk sahabat kedokteran, kali ini kita akan membahas tentang biografi singkat dari ilmuwan kedoteran yang memiliki pengaruh besar terhadap ilmu pengetahuan, kira-kira sudah pada tahu belum niih??? Langung aja yuk simak tulisan berikut ini. Islam pernah mengalami kejayaan pada era 780M- 1258 M. Pada masa ini para ilmuwan memberikan banyak […]

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

KADAR SEMANGAT IBADAH MASIH NAIK TURUN? APA YANG SEBAIKNYA YANG PERLU DIKOREKSI?

Assallammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh… Saudaraku… Dalam beribadah seringkali kita mengalami gundah gulana, kadang kala kita semangat, kadang kalapun lemas melemas menjadi malas. Wajarkah? Hmmmm wajar-wajar saja karena kita manusia, yang memilliki kadar keimanan yang naik turun, hal ini dijelaskan dalam dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 22 yang artinya “Dan itulah yang menambah iman mereka dan ketundukan”(Qs. […]

Menilik Biografi Ibnu Sina “The Father of Doctor”

            Ibnu Sina memiliki nama lengkap Al-Husain bin Abdullah bin Al-Hasan bin Ali bin Sina. Beliau lahir di Kampung Afshana-Bukhara, Turkistan tepatnya pada tahun 370 Hijriah atau tahun 980 Masehi. Ayahnya bernama Abdullah dan Ibunya bernama Sitareh (Sari, 2017). Ibnu Sina dilahirkan dalam  masa kekacauan, dimana pada saat itu Khalifah Abbasiyah mengalami kemunduran dan daerah-daerah […]

Manajemen Stress berdasarkan Sudut Pandang Kesehatan dan Islam

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Hal ini mungkin didapatkan saat kita merasa lelah, sibuk dengan pekerjaan, pengelolaan keuangan, dan lain sebagainya. Bicara tentang stres, apa sebenarnya arti dari stress itu? Stres merupakan reaksi psikologis dan fisik yang normal terhadap kehidupan seseorang. Beberapa stres dapat bernilai positif sehingga dapat memotivasi diri untuk melakukan hal-hal yang […]

Menilik Lebih Jauh tentang Jabir Bin Ḥayyan Sang Bapak Kimia

Islam memiliki masa kejayaan, dimana kejayaan itu dipengaruhi oleh munculnya tokoh-tokoh Islam yang berhasil menoreh prestasi diberbagai bidang, salah satu tokoh Islam yang berhasil adalah Jabir Bin Hayyan yang dikenal dengan nama “ Bapak Kimia ” serta merupakan tokoh Islam yang merintis di dunia farmasi dan mencapai kejayaan dengan berbagai penemuan yang luar biasa dan […]

Event SKI Asy-Syifa

no event