SKI Asy-Syifa

Opinions

7 Cara Menenangkan Hati

7 Cara Menenangkan Hati


Selama manusia hidup, kesenangan dan kesedihan selalu bergantian mengisi hari-hari. Permasalahan yang terus-menerus datang, baik itu ringan maupun berat, akan memberikan dampak pada hati seseorang. Ketika dihadapkan dengan masalah, manusia sering menghindarinya. Namun, dengan menghindari masalah yang dimiliki, hati akan merasa tidak tenang. Dalam Islam, kita diajarkan cara untuk membuat hati menjadi tenang dan selalu dalam perlindungan Allah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan:

  1. Berdzikir

Mengapa kita harus berdzikir saat gundah? Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Ar Ra’d ayat 28 yang artinya:

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Hanya dengan mengingat Allah, hati bisa menjadi tenteram. Yuk, bisa diterapkan dengan berdzikir setiap saat, ya!

  • Shalat

Shalat 5 waktu disertai dengan shalat sunnah akan membantu kita dalam menenangkan hati. Mengapa demikian? Karena melalui shalat, kita bisa berkomunikasi dengan Allah dan mencurahkan semua permasalahan yang ada. Ketika seseorang bercerita kepada sahabatnya mengenai permasalahan yang dialaminya saja bisa membuat hati orang tersebut tenang, apalagi ketika kita bercerita kepada Allah yang memiliki semua jawaban tentang permasalahan kita.

  • Bersabar

Bersabar merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan ketika menghadapi masalah. Namun, ketika kita menyadari bahwa Allah memberikan ujian untuk melatih keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah, maka kita akan semakin mudah untuk bersabar. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 153 yang artinya:

“Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar.”

Hal ini membuktikan bahwa Allah selalu bersama dengan orang yang sabar.

  • Selalu berprasangka baik kepada Allah

Berprasangka baik itu tidak hanya dilakukan kepada sesama manusia saja, melainkan juga kepada Allah. Semua yang kita alami sudah diatur oleh Allah. Apabila mengalami kesulitan, yakinlah bahwa Allah tidak akan memberikan ujian yang melebihi kemampuan hamba-Nya dan selalu percaya bahwa setiap permasalahan selalu ada jalan keluarnya. Seperti yang telah dijelaskan oleh Allah dalam surat Al-Insyirah bahwa bersama kesulitan selalu ada kemudahan.

  • Membiasakan diri dalam keadaan suci

Dengan menjaga diri dalam keadaan suci, kondisi fisik dan jiwa kita akan lebih santai dan tenang dalam menghadapi berbagai masalah.

  • Selalu percaya akan pertolongan Allah

Menerapkan hal ini akan terasa sulit apabila permasalahan terus-menerus berdatangan. Namun yakinlah bahwa setiap langkah yang kita ambil selalu mendapatkan perhatian dari Allah. Setiap kita berhasil menyelesaikan masalah sedikit demi sedikit, ingatlah bahwa Allah turut membantu dan menguatkan hati kita sehingga kita berhasil melewati masalah tersebut dengan sabar. Dengan mengerti hal ini, seseorang akan merasa lebih tenang dalam menyelesaikan masalahnya.

  • Selalu bersyukur

Bersyukur tidak hanya kita lakukan ketika mendapatkan suatu hadiah atau ketika hati senang, namun kita juga harus bersyukur saat berada dalam keadaan yang sulit. Dengan kita bersyukur setiap saat, kita mengetahui bahwa semua yang kita miliki dan alami sekarang asalnya dari Allah. Allah berfirman dalam surat An Nahl ayat 112 yang artinya:

“Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezeki datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah, karena itu Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang mereka perbuat.”

Dari firman Allah tersebut dapat kita simpulkan bahwa bersyukur merupakan cara kita untuk berterima kasih kepada Allah dan bisa membuat hati kita menjadi lebih tenang.

Penulis: Lalu Shalya Kusuma Putra

Editor: Agi Tri Fatonah

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Recent Posts

DIET UNTUK PENDERITA DM

Hiperglikemi merupakan suatu kondisi peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Hiperglikemia adalah salah satu tanda khas pada orang diabetes mellitus (DM). Hal yang menjadi perhatian pada penderita DM adalah makanan atau nutrisi harian, yang akan mempengaruhi kadar glukosa darahnya. Prinsip pengaturan makan pada  penyandang DM hamper sama dengan anjuran makan untuk masyarakat umum, […]

Kekurangan cairan saat berpuasa? Ini solusinya!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan puasa, apa saja sih yang sudah teman-teman persiapkan untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ? Kita perlu tau nih ternyata ada banyak hal yang perlu kita siapkan agar ibadah puasa kita berjalan lancar dan optimal, yaitu salah satunya adalah sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum rutin kita pada saat […]

Yuk Intip, Apa Saja Makna Dan Tujuan Berpuasa!

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, get yourself ready! Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan tentu saja sudah dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Bukan hanya sekedar banyaknya diskon-diskon pakaian, makanan yang beraneka ragam atau moment berkumpul dengan keluarga saja. Lebih dari itu semua, banyak banget hal yang bisa kita dapatkan di bulan […]

Event SKI Asy-Syifa

no event